Keluarga

5 Fakta Marigold yang Punya Banyak Manfaat, Bunga Bisa Dimakan

5 Fakta Marigold yang Punya Banyak Manfaat, Bunga Bisa Dimakan

MOMSMONEY.ID - Marigold adalah bunga yang populer untuk ditanam karena kelopaknya yang berwarna-warni dan sifatnya yang mudah dirawat. 

Tahukah Anda beberapa fakta mengenai marigold? Ternyata ada beberapa manfaat dan fakta unik tentang marigold. 

Selain keindahannya, marigold dapat membantu menarik penyerbuk ke taman Anda, mengusir hama, dan bahkan dapat dimakan. 

Baca Juga: Punya Banyak Manfaat untuk Kulit & Wajah, Ini Cara Menggunakan Kemiri untuk Perawatan

Lalu, apa lagi fakta marigold yang tak banyak diketahui? Mengutip BHG.com, berikut ini terdapat fakta marigold yang punya banyak manfaat. 

1. Penduduk asli dunia baru

Bertentangan dengan nama umum mereka yang membingungkan, marigold sebenarnya berasal dari Amerika dengan sekitar 50 spesies berasal dari Amerika Utara, Tengah, dan Selatan. 

Misalnya saja bunga marigold afrika ( Tagetes erecta ), misalnya, mulai dikenal orang Eropa dari bijinya yang didatangkan dari Afrika sebelum kemudian dibawa kembali ke Amerika Utara untuk dibudidayakan.

Demikian pula, marigold Perancis sebenarnya bukan berasal dari Perancis. Mereka banyak dibudidayakan di Perancis dengan banyak varietas yang diproduksi dan didistribusikan ke seluruh dunia berbahasa Inggris, itulah nama umumnya.

2. Bunga Dapat Dimakan

Pot Marigold

Yang mengejutkan kebanyakan orang, bunga marigold bisa dimakan. Baik digunakan segar, dikeringkan, atau dimasukkan ke dalam berbagai minuman, marigold memiliki banyak kegunaan di dapur. 

Tingginya kandungan karotenoid seperti lutein, kelopak bunga juga digunakan untuk membuat pewarna makanan alami dengan warna kuning keemasan hangat yang digunakan untuk segala jenis makanan, minuman, dan pakan ternak.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba memanen dan memakan bunga marigold Anda sendiri, penting untuk memulainya dari biji daripada membeli tanaman dari pembibitan.

3. Tanaman Pendamping 

Marigold telah lama digunakan sebagai tanaman pendamping berbagai tanaman pangan. 

Tanaman marigold sangat berguna untuk tumbuh di sekitar tomat dan kentang untuk membantu menjauhkan makhluk kecil seperti cacing di bawah tanah yang disebut nematoda.

Marigold diketahui menghasilkan berbagai racun dari akarnya yang dapat menghalangi nematoda dan secara alami dapat melindungi tanaman yang rentan jika ditanam bersama.

Baca Juga: Jus Mentimun Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4. Favorit Penyerbuk

Marigold adalah tanaman favorit yang berbunga lebat dan tahan lama bagi berbagai jenis penyerbuk, termasuk lebah, kupu-kupu, ngengat, dan bahkan burung kolibri.

Meskipun banyak varietas marigold menyediakan setidaknya beberapa nektar dan serbuk sari, memilih jenis bunga tunggal adalah pilihan yang lebih baik karena kelopaknya lebih sedikit yang menghalangi.

Dan meskipun mereka mekar sepanjang musim tanam tanpa banyak usaha, marigold yang mematikan akan membantu tanaman Anda menyalurkan lebih banyak energi ke bunga baru daripada biji.

5. Bunga orang mati

Marigold memiliki arti khusus bagi masyarakat Amerika. Warna emas kelopak bunga dan keharumannya dikatakan membantu jiwa orang yang meninggal menemukan jalan pulang dari kuburnya selama Hari Orang Mati tahunan yang secara tradisional dirayakan pada tanggal 1 dan 2 November. 

Baca Juga: 6 Bunga Pengusir Serangga yang Mudah Dirawat

Kelopak bunga marigold ditaburkan di sepanjang jalan setapak dan digunakan untuk menghiasi altar keluarga yang dikenal sebagai “ofrendas” yang dikelilingi oleh lilin, hadiah berupa makanan favorit almarhum, barang-barang pribadi, dan gambar.

Nah itulah beberapa fakta marigold bunga yang dapat dimakan dan memiliki banyak manfaat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News