Santai

5 Efek Terlalu Banyak Konsumsi Takjil Manis, Malah Bisa Bikin Stres lo

5 Efek Terlalu Banyak Konsumsi Takjil Manis, Malah Bisa Bikin Stres lo

MOMSMONEY.ID - Terlalu banyak konsumsi takjil manis ternyata bisa bawa efek buruk pada tubuh. Apa saja, ya?

Makanan manis dipercaya dapat membantu meningkatkan mood dan perasaan senang. Makanya, makanan manis dengan banyak gula akan lebih banyak dikonsumsi untuk meredakan stres dan juga menu takjil berbuka puasa.

Gula tak hanya terkandung pada makanan manis seperti takjil saja. Gula juga kerap digunakan pada makanan instan, roti, maupun saus sebagai pengawet.

Sehingga, jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, gula juga memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa efek buruk yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi makanan manis berlebih:

Baca Juga: Mood Tidak Stabil Saat Puasa? Coba Makan 4 Makanan Peningkat Mood Ini

Merusak gigi

Tentu saja, terlalu banyak konsumsi makanan manis seperti takjil bisa mengancam kesehatan gigi. Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang sangat menyukai gula.

Maka dari itu, ketika mengonsumsi gula dalam jumlah banyak, bakteri tersebut akan semakin berkembang, merusak kesehatan gigi, dan membuatnya menjadi berlubang.

Mempercepat penuaan

Gula dapat merusak komponen sel pada kulit yang menyebabkan penuaan. Setelah gula masuk ke dalam aliran darah, maka gula akan mengikat protein dalam tubuh.

Ikatan antara gula dan protein ini akan mengakibatkan kulit kehilangan elastisitasnya, menciptakan kerutan serta membuat timbulnya keriput pada kulit yang terjadi dengan cepat.

Baca Juga: Sering Terjadi Saat Puasa, Ini 4 Tanda Tubuh Sedang Alami Dehidrasi

Menyebabkan jerawat

Konsumsi gula yang tiba-tiba dan dalam porsi yang banyak bisa menyebabkan melonjaknya gula darah dan meningkatnya insulin.

Melansir dari laman Medical News Today, insulin bisa memicu produksi androgen yang bisa meningkatkan produksi sebum. Sebum adalah salah satu penyebab munculnya jerawat pada kulit.

Meningkatkan resiko penyakit diabetes, jantung, dan obesitas

Laman Health Line menjelaskan, makanan dan minuman yang mengandung gula bisa mempengaruhi tingkat gula darah yang ada pada tubuh.

Jika gula darah pada tubuh menjadi tinggi maka risiko terserang penyakit seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung akan semakin mengancam kesehatan.

Meningkatkan stres

Jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak, gula juga bisa meningkatkan stres. Ketika stres maka tubuh akan cenderung akan mengkonsumsi makanan manis untuk meningkatkan mood.

Selanjutnya, tubuh akan memproduksi makanan manis tersebut dengan meningkatkan gula darah. Akhirnya, hal tersebut kemudian menyebabkan seseorang menjadi lebih sensitif, mudah marah, dan cemas yang berujung stres.

Wah, ternyata makan terlalu banyak takjil manis bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Mulai kurangi, yuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News