Santai

5 Cara Mudah Mengurangi Kopi bila Anda Kecanduan Kafein

5 Cara Mudah Mengurangi Kopi bila Anda Kecanduan Kafein

MOMSMONEY.ID - Beginilah cara mudah untuk mengurangi asupan kopi bagi yang kecanduan kafein.

Sudah bukan rahasia bahwa kopi yang mengandung kafein bisa menyebabkan kecanduan bagi siapa pun pengomsumsinya.

Jika sudah kecanduan kopi, tentu bukan perkara mudah untuk bisa lepas dari pengaruhnya. Waktu dan kesabaran yang tinggi tentu dibutuhkan.

Untuk bisa lepas dari pengaruh kecanduan kopi, berikut ada cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi asupan kafein:

Baca Juga: Perempuan Haid Boleh Donor Darah kok, Asal Dalam Kondisi Ini

Lakukan perlahan

Agar bisa sepenuhnya keluar dari kecanduan kopi, cara yang perlu diterapkan adalah dengan melakukannya perlahan. Orang-orang yang kecanduan kopi akan mengalami beberapa kondisi seperti sakit kepala, cemas, hingga perubahan mood.

Jika asupan kopi tiba-tiba diputus, maka kondisi tersebut bisa lebih parah. Ada baiknya lakukan secara perlahan dan penuh kesabaran namun disiplin.

Kurangi porsi

Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi kopi secara rutin, cobalah mengurangi porsinya terlebih dahulu. Laman Health Line menyarankan, untuk mengurangi dosis kafein harian dengan mengonsumsi kopi decaf atau mengurangi setengah dari porsi regular.

Selain itu, coba hindari juga beragam produk makanan dan minuman yang mengandung kafein. Sebab, nanti tubuh akan kembali berada di fase kecanduan.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Pengganti Kopi Ini, Bisa Tambah Energi Juga lo

Pilih minuman pengganti

Minuman yang mengandung kafein bukan hanya kopi saja, ya. Ada beragam pilihan alternatif minuman lain yang lebih sehat dari kopi. Sebut saja green tea, matcha, dan black tea.

Beberapa jenis minuman tersebut memang masih mengandung kafein, namun jumlahnya jelas lebih kecil dan sedikit dibandingkan kopi.

Istirahat cukup

Saat melepaskan diri dari kopi, perasaan pertama yang dominan terasa adalah ngantuk. Sebab, menurut laman Food Smart, kafein dalam kopi bisa mengurangi rasa kantuk dan menambah energi.

Yang kemudian rasa lelah dan kantuk bisa muncul saat konsumsi kopi diputus. Untuk itu, sebaiknya gunakan kesempatan itu guna memperbaiki jam tidur saja. Setelah terbiasa dengan jam tidur yang kurang, perbaiki jam tidur lebih baik lagi saat mengurangi asupan kopi.

Perbanyak minum

Minum yang dimaksud adalah minum air mineral, ya. Saat seseorang mulai mengurangi dosis kopi sehari-hari, rasa pusing yang menjadi tanda kecanduan kafein bisa muncul. Ternyata hal tersebut juga bisa menjadi tanda tubuh yang dehidrasi.

Untuk memperbaiki kondisi tersebut, sebaiknya konsumsi banyak air putih sebagai pengganti kopi. Konsumsi air putih setidaknya 6-8 gelas per hari untuk meningkatkan energi daripada mengonsumsi kopi.

Nah, itulah tadi beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi konsumsi kopi yang bikin kecanduan. Tertarik coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News