Keluarga

Urutan Skincare Pagi untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru!

Urutan Skincare Pagi untuk Kulit Berminyak, Jangan Keliru!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu urutan skincare pagi untuk kulit berminyak di sini.

Menerapkan skincare dalam urutan yang benar merupakan suatu keharusan. Ini dilakukan untuk memaksimalkan hasil dari masing-masing produk skincare yang digunakan.

Selain urutan, Anda juga harus memperhatikan betul formula skincare yang cocok dan memang dibutuhkan oleh kulit, khususnya jika kulit Anda berminyak.

Pada pagi hari, pastikan Anda mengawali rutinitas skincare untuk kulit berminyak Anda dengan mencuci muka dan mengakhirinya dengan memakai sunscreen.

Lebih jelas, berikut urutan skincare pagi untuk kulit berminyak sebagaimana dirangkum dari Beauty Bay.

Baca Juga: 6 Tips Makeup Kondangan yang Simple tapi Tetap Cetar, Coba yuk Moms

1. Cuci muka dengan face wash yang lembut

Urutan skincare pagi untuk kulit berminyak yang pertama yaitu mencuci muka dengan face wash yang lembut.

Untuk membersihkan residu minyak pada wajah setelah bangun tidur, gunakanlah face wash berbusa lembut. Pastikan juga face wash yang Anda gunakan memiliki formula sederhana dan menyegarkan.

Anda bisa memilih face wash yang mengandung salicylic acid dan tea tree oil untuk membersihkan pori-pori secara mendalam tanpa membuat kulit terasa kencang. Pijat lembut face wash ke seluruh wajah dan leher lalu bilas dengan air.

2. Pakai toner

Urutan skincare pagi untuk kulit berminyak yang kedua yaitu memakai toner. Tidak sedikit orang yang melewatkan penggunaan toner. Padahal, toner bagus untuk membantu penetrasi produk skincare selanjutnya.

Selain itu, toner juga bisa membantu menambahkan hidrasi. Sama seperti kulit kering, kulit berminyak pun membutuhkan hidrasi. Dengan menjaga kulit berminyak tetap terhidrasi, itu akan membantu menyeimbangkan tingkat kelembaban kulit untuk mencegah produksi minyak berlebih.

Sesaat setelah mencuci muka ketika wajah masih terasa lembab, aplikasikan toner dengan cara ditepuk-tepuk lembut. Atau, pindahkan toner ke botol spray dan semprotkan pada wajah agar lebih praktis.

3. Aplikasikan serum

Urutan skincare pagi untuk kulit berminyak yang ketiga yaitu mengaplikasikan serum. Kulit berminyak lebih rentan terhadap komedo. Pasalnya, sebum yang berlebihan bisa menumpuk di pori-pori dan menarik kotoran serta menyebabkan sumbatan.

Biasanya, komedo lebih banyak tumbuh di sekitar hidung karena kelenjar sebaceous lebih aktif di area ini dibandingkan bagian wajah lainnya.

Untuk mengurangi produksi sebum dan memecah penumpukan di pori-pori, penggunaan serum yang mengandung salicylic acid dan niacinamide akan sangat membantu. Setelah toner meresap, tepuk-tepuk serum dan fokuskan ke area T-Zone di mana komedo, jerawat, dan minyak mudah muncul di area ini.

Baca Juga: 4 Hal yang Lebih Penting dari Seks dalam Sebuah Hubungan Percintaan, Apa Saja?

4. Oleskan moisturizer

Urutan skincare pagi untuk kulit berminyak yang keempat yaitu mengoleskan moisturizer. Punya kulit berminyak tidak berarti Anda boleh melewatkan penggunaan moisturizer.

Sama halnya dengan kulit kering, kulit berminyak pun butuh moisturizer untuk menjaga kulit tetap lembab.

Kuncinya, pilihlah moisturizer berbahan dasar air dan bebas minyak agar pori-pori tidak tersumbat dan tidak meninggalkan residu berminyak. Pastikan juga moisturizer pilihan Anda memiliki tekstur yang ringan dan formula menenangkan.

5. Akhiri dengan sunscreen

Urutan skincare pagi untuk kulit berminyak yang kelima yaitu akhiri dengan sunscreen. Sekali pun Anda tidak ke mana-mana, usahakan untuk tetap memakai sunscreen ya Moms.

Untuk jenis kulit berminyak, gunakanlah sunscreen yang memiliki tekstur ringan serta tidak meninggalkan sensasi lengket maupun berminyak.

Sebaiknya, pilihlah sunscreen dengan formula matte guna membantu mengontrol minyak berlebih dan tentunya tidak menyumbat pori-pori atau memicu timbulnya jerawat.

Itulah urutan skincare pagi untuk kulit berminyak yang tidak boleh Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News