Keluarga

Ini Penyebab Moms Sulit Tidur saat Hamil

Ini Penyebab Moms Sulit Tidur saat Hamil

MOMSMONEY.ID - Yuk, cari tahu alasan kenapa ibu hamil mengalami kesulitan tidur.

Melansir Sleep Foundation, ternyata, banyak perempuan mengalami kesulitan tidur selama masa kehamilan.

Mulai dari rasa tidak nyaman pada fisik, perubahan hormon dan kegembiraan, hingga kecemasan menjadi beberapa alasan yang menyebabkan masalah tidur. 

Padahal, tidur adalah baguan yang penting selama masa kehamilan. Jika Anda juga kesulitan tidur di masa ini, Anda tidak sendirian. 

Baca Juga: Awas Bahaya, Ini 3 Efek Samping Berhubungan Seks Saat Pasangan Sedang Haid

Banyak faktor yang menyebabkan Anda kesulitan tidur bahkan insomnia selama hamil.

Sejak awal trimester pertama kehamilan, perubahan kadar hormon bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan masalah lain yang membuat sulit untuk tidur nyenyak. 

Perubahan kadar hormon ini biasanya menyebabkan mual, muntah, payudara sakit, detak jantung meningkat, sesak napas, sering buang air kecil di malam hari, dan keram kaki. 

Seiring berjalannya waktu, ibu hamil juga akan mengalami sakit punggung sehingga kesulitan menemukan posisi tidur yang nyaman untuk mengakomodasi perut yang membesar karena perkembangan janin.

Apalagi, saat buah hati Anda sudah mulai bisa menendang di malam hari di dalam perut Anda. 

Baca Juga: 7 Makanan Peningkat Libido dan Gairah Sex Pada Wanita, Bisa Cegah Depresi Juga

Kecemasan akan menjadi ibu, persiapan persalinan, masih ada pekerjaan dan tanggungjawab rumah, dan banyak kekhawatiran lain juga bisa menjadi penyebab Anda kesulitan tidur di malam hari.

Adapun pada masa kehamilan trimester tiga, banyak perempuan hamil mengalami mimpi buruk yang bisa mengganggu kualitas tidur Anda. 

Meski sudah menjadi masalah umum bagi para ibu hamil tidak bisa tidur nyenyak karena mengalami gejala di atas, Moms tetap perlu mengkonsultasikan hal ini kepada dokter yang menangani Anda. 

Selanjutnya: HSBC Summit 2023: Indonesia Jadi Tujuan Utama Investasi Asing di Kawasan Asean

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News