Keluarga

5 Bagian Tubuh yang Tak Boleh Disentuh Tangan Sembarangan Berdasarkan Penelitian

5 Bagian Tubuh yang Tak Boleh Disentuh Tangan Sembarangan Berdasarkan Penelitian

MOMSMONEY.ID - Ada beberapa bagian tubuh yang tak boleh disentuh tangan secara sembarangan, loh!

Banyak penelitian menunjukkan bahwa tangan memainkan peran utama dalam penularan kuman. Inilah yang menyebabkan tangan tak boleh menyentuh bagian-bagian tubuh yang sensitif.

Selain bisa sebabkan penularan bakteri, menyentuh sembarangan dengan tangan juga bisa sebabkan infeksi dan penyakit lainnya.

Inilah bagian-bagian tubuh yang tak boleh disentuh tangan sembarangan, berdasarkan penelitian para ahli.

Baca Juga: Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Hanya Makan Buah Selama 72 Jam?

Wajah

Para ahli menyarankan Anda untuk tak menyentuh wajah dengan tangan, kecuali saat sedang mencuci muka ataupun menggunakan skincare.

Menurut Matthew Lee, seorang ahli mikrobiologi yang dikutip dari The Healthy mengatakan, “Tangan mengandung minyak yang dapat menyumbat pori-pori & memperburuk jerawat,” ucapnya.

“Kuman di jari juga dapat memperburuk jerawat pada wajah,” tambahnya.

Baca Juga: 7 Mitos Makanan yang Dibantah Ahli Diet, Banyak Dipercayai Orang Awam

Pantat

menyentuh pantat

Menyentuh daerah pantat atau anus merupakan cara terbaik untuk menyebarkan kuman, terutama bakteri E.coli yang bisa sebabkan diare jika tertelan. Maka dari itu, bagian tubuh ini tak boleh disentuh tangan, kecuali saat cebok.

 “Kontak dengan daerah anus dapat memfasilitasi perpindahan organisme normal yang tinggal di saluran pencernaan melalui tangan yang menyentuh ke mulut atau mata, yang kemudian menjadi agen infeksi,” ujarnya Glenner Richardson, MD, direktur laboratorium mikrobiologi dan kimia analitik.

Baca Juga: 7 Minuman Pembakar Lemak yang Bisa Diminum Setiap Pagi, Bikin Metabolisme Meningkat

Mata

Mata adalah salah satu bagian tubuh yang tak boleh disentuh tangan karena rentan terhadap risiko terkena virus atau bakteri.

Saat mata sedang lelah, kerap kali kita sering menggosok mata, namun hal itu tak boleh terjadi. Mata yang digosok/disentuh akan memerah yang merupakan indikasi dari masuknya bakteri & virus.

Hidung

menyentuh hidung

Baca Juga: 5 Vitamin yang Harus Dikonsumsi Pria setelah Memasuki Usia 40 Tahun

Hidung juga tak boleh disentuh tangan sembarangan agar terhindar dari penyakit.

Dr. Brittany Kunza, MD dari Parade.com mengatakan bahwa hidung memiliki selaput lendir yang dapat menjaga kelembapan & melindungi area tersebut. Sayangnya, selaput lendir sangat rentan terhadap penularan virus & bakteri. Maka dari itu berhati-hatilah.

Saluran telinga

Mengutip Prevention, memasukkan jari atau apapun itu ke dalam saluran telinga dapat merobek kulit tipis yang melapisi telinga. Tentu ini bisa timbulkan bahaya seperti kotoran yang semakin masuk ke dalam, atau bahkan mengalami tuli.

Baca Juga: Ini yang Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Makan Pisang Setiap Hari, Bolehkah?

Apabila Anda merasa kuping gatal secara terus menerus, ada baiknya Anda segera menemui dokter spesialis THT untuk membersihkan telinga, daripada harus mengoreknya tanpa mengetahui letak kotoran telinga.

“Dokter THT lebih ahli menilai penyebab telinga gatal, apakah karena kotoran menumpuk, eksim pada kulit, atau infeksi yang banyak dirasakkan oleh perenang,” ucap John K Niparko, professor di Keck School of Medicine of USC.

Itu dia beberapa bagian tubuh yang tak boleh disentuh tangan sembarangan demi meminimalisir terjadinya perpindahan bakteri, virus, maupun terjadinya infeksi yang tak diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News