Keluarga

4 Cara Pakai Retinol untuk Kulit Sensitif yang Tepat biar Enggak Iritasi

4 Cara Pakai Retinol untuk Kulit Sensitif yang Tepat biar Enggak Iritasi

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 cara pakai retinol untuk kulit sensitif yang tepat agar terhindar dari iritasi di sini.

Retinol dapat ditemukan di berbagai produk perawatan kulit. Produk ini memiliki banyak manfaat, seperti menyamarkan garis halus dan kerutan, menyembuhkan jerawat, serta menjadikan kulit tampak bercahaya.

Tak hanya itu, retinol juga dapat membantu pengelupasan alami lapisan kulit bagian atas yang mati dan mendorong sel-sel sehat baru lebih dekat ke permukaan kulit. Oleh karena itu, penggunaan retinol di kulit sensitif perlu diperhatikan dengan baik agar kulit terhindar dari iritasi dan peradangan.

Melansir NewBeauty, berikut 4 cara pakai retinol untuk kulit sensitif yang tepat. Simak pembahasannya hingga selesai, Moms!

Baca Juga: Biar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Terapkan Cara Jitu Cegah Jerawat Berikut

1. Pakai Dosis Rendah Secara Perlahan

Dokter kulit New York, Jody Levine, MD merekomendasikan penggunaan retinol dengan dosis atau konsentrasi rendah, misalnya 0,25%. Gunakan setidaknya setiap dua malam atau beberapa kali dalam seminggu.

Saat kulit sudah terbiasa, maka Anda dapat secara bertahap meningkatkan frekuensi dan dosisnya. Dengan cara ini, Anda dapat mengurangi risiko terjadinya kekeringan dan iritasi yang berlebihan pada kulit.

2. Pasangkan dengan Pelembab Bertekstur Kental

Mengaplikasikan pelembab dengan tekstur kental setelah pemakaian retinol sangat dianjurkan, apabila dibandingkan dengan pelembab dengan tekstur gel. Dengan penggunaan pelembab ini, maka mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif dapat terhindar dari iritasi.

Dokter kulit New York, Elaine Kung, MD juga memperingatkan agar tidak memadukan retinol dengan exfoliant dalam bentuk pembersih, toner, maupun produk tanpa bilas lainnya.

Menurutnya, memasangkan retinol dengan produk yang mungkin mengandung AHA, BHA, dan benzoil peroksida terutama saat musim dingin dapat mendorong pergantian dan pengelupasan kulit. Apabila kulit tidak dapat mengatasinya, maka Anda mungkin saja mengalami ruam akibat retinoid.

Baca Juga: Buat Percintaan Anda & Pasangan Bergairah, Coba Ikuti Tips Feng Shui Ini

3. Gunakan Metode Sandwich

Metode ini mengacu pada pemakaian retinol di antara pelembab layaknya sandwich. Dengan metode ini, kulit dapat terhidrasi dan terjaga kelembabannya.

Penggunaan sebelum dan sesudah pemakaian retinol seperti ini juga efektif untuk mengurangi potensi terjadinya iritasi pada kulit kering atau sensitif.

4. Gunakan Produk Pengganti Retinol

Apabila Anda terlalu takut untuk menggunakan retinol, maka Anda dapat menggantinya dengan bakuchiol. Dokter Kung menjelaskan bahwa berdasarkan studi klinis, orang yang menggunakan bakuchiol sekitar 12 minggu mengalami perbaikan elastisitas kulit dan pigmentasi akibat sinar matahari, dan kerutan tersamarkan.

Melihat hasil dari studi tersebut, bakuchiol yang berasal dari tanaman babchi terbukti memiliki sifat anti-aging yang hampir mirip dengan retinol tanpa menyebabkan iritasi dan kekeringan pada kulit.

Demikian 4 cara pakai retinol untuk kulit sensitif yang tepat. Ingat, cukup gunakan retinol saat malam hari, ya. Selain itu, pastikan Anda menjaga kelembaban kulit dengan baik agar kulit tidak kering sehingga terhindar dari iritasi dan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News