Keluarga

5 Cara Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif, Kulit Lembab Tanpa Takut Iritasi!

5 Cara Memilih Pelembab untuk Kulit Sensitif, Kulit Lembab Tanpa Takut Iritasi!

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 5 cara memilih pelembab untuk kulit sensitif di sini.

Sebagai basic skincare, penggunaan pelembab tidak boleh dilewatkan termasuk pada kulit sensitif.

Kendati penting, namun para pemilik kulit sensitif harus benar-benar cermat dalam memilih produk pelembab. Hal ini dilakukan guna menghindari risiko iritasi serta mencegah kondisi kulit semakin parah.

Melansir laman Labore, merek skincare lokal yang berfokus untuk mengatasi permasalahan kulit sensitif, ada 5 cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yang harus Anda tahu. Lebih jelas, berikut penjelasannya.

Baca Juga: Simak 8 Cara Mengatasi Badan Lemas dan Kurang Fit, Catat Tips Ini

1. Hindari pelembab yang mengandung parfum

Cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yang pertama yaitu menghindari pelembab yang mengandung parfum.

Parfum merupakan kandungan skincare yang dapat memberikan efek relaksasi. Namun, tidak semua skincare yang mengandung parfum cocok untuk setiap jenis kulit.

Pada kulit sensitif, skincare dengan kandungan parfum bisa menyebabkan iritasi, kemerahan, dan alergi. Maka dari itu, penting bagi pemilik kulit sensitif untuk memilih skincare termasuk pelembab yang bebas kandungan parfum.

2. Perhatikan tekstur pelembab

Cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yang kedua yaitu memerhatikan tekstur pelembab.

Kandungan dalam pelembab akan menentukan bagaimana teksturnya. Pelembab dengan tekstur yang ringan dan mudah menyerap seperti gel atau water-based cenderung cocok untuk kulit sensitif maupun berminyak.

Sementara itu, kulit kering lebih cocok dengan pelembab yang memiliki tekstur lebih berat seperti minyak dan cream. Pasalnya, tekstur pelembab semacam ini dapat membuat kulit menjadi lebih cepat lembab.

3. Pastikan pelembab memiliki kandungan menenangkan

Cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yang ketiga yaitu memastikan pelembab memiliki kandungan menenangkan.

Pelembab dengan kandungan yang menenangkan seperti panthenol, centella asiatica, dan aloe vera dapat membantu memperkuat kulit sensitif sekaligus mempercepat proses penyembuhan kulit yang sedang berjerawat.

Dengan menggunakan pelembab yang menenangkan, itu akan membantu memperbaiki kulit yang sedang iritasi serta menenangkan redness yang kerap menyerang kulit sensitif. Pelembab dengan kandungan menenangkan juga cenderung ramah dan lembut sehingga tidak akan memberikan efek negatif pada kulit.

Baca Juga: 4 Cara Mencegah Gigi Tidak Rapi pada Anak atau Maloklusi, Cek Penyebabnya

4. Pastikan kandungan pelembab sesuai dengan kebutuhan kulit

Cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yang keempat yaitu memastikan kandungan pelembab sesuai dengan kebutuhan kulit.

Setiap jenis kulit memiliki kebutuhannya sendiri, tidak terkecuali kulit sensitif. Untuk melembabkan kulit sensitif, carilah pelembab dengan kandungan yang sederhana alias tidak mengandung banyak active ingredients yang bisa memicu iritasi pada kulit.

Ingat, kandungan yang kompleks tidak menjamin suatu produk akan cocok dengan kebutuhan kulit sensitif Anda. Sebaiknya, berfokuslah untuk memilih pelembab dengan kandungan yang dapat memperkuat skin barrier serta mampu mengunci kelembaban pada kulit.

5. Lakukan patch test sebelum mengaplikasikan pelembab ke seluruh wajah

Cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yang kelima yaitu melakukan patch test sebelum mengaplikasikan pelembab ke seluruh wajah.

Sebelum menggunakan produk skincare baru termasuk pelembab, jangan lupa untuk melakukan patch test atau uji tempel terlebih dahulu guna meminimalkan iritasi atau alergi pada wajah. Melalui patch test, Anda akan mengetahui apakah pelembab tersebut cocok atau tidak untuk kulit sensitif Anda.

Lakukan patch test pada kulit area belakang telinga lalu diamkan selama 24 jam. Apabila tidak terjadi reaksi apapun, maka dapat dipastikan bahwa pelembab tersebut cocok untuk kulit Anda. Namun, jika terjadi reaksi dengan jangka waktu yang cukup lama, sebaiknya Anda tidak mengaplikasikannya ke seluruh wajah.

Moms, itulah 5 cara memilih pelembab untuk kulit sensitif yang harus Anda tahu. Selain menerapkan kelima cara di atas, pastikan juga pelembab yang Anda pilih memiliki label Hypoallergenic ya. Mengutip SehatQ, Hypoallergenic merupakan label yang menyatakan bahwa kandungan dalam suatu produk tidak rentan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News