Bugar

Biar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Terapkan Cara Jitu Cegah Jerawat Berikut

Biar Jerawat Tidak Tumbuh Lagi, Terapkan Cara Jitu Cegah Jerawat Berikut

MOMSMONEY.ID - Munculnya jerawat sering membuat kesal. Supaya tidak tumbuh lagi, inilah cara mencegah jerawat yang efektif.

Meskipun tidak berbahaya secara medis, jerawat dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan bahkan menurunkan rasa percaya diri seseorang.

Namun, dengan perawatan yang tepat dan langkah pencegahan yang sesuai, jerawat dapat dikendalikan dan bahkan dicegah agar tidak tumbuh lagi.

Mengutip Very Well Health, di bawah ini adalah beberapa cara mencegah jerawat tumbuh kembali:

1. Rutin mencuci muka

Untuk mencegah dan mengatasi jerawat, rutin mencuci muka setiap hari sangat penting. Usahakan untuk melakukannya dua kali sehari – pagi dan malam.

Juga, sebaiknya cuci wajah setelah berolahraga. Gunakan pembersih yang lembut dan aplikasikan dengan jari, bukan dengan spons atau kain, untuk menghindari iritasi kulit.

Perlu diingat bahwa berlebihan dalam mencuci wajah bisa kontraproduktif, menyebabkan iritasi dan memperparah jerawat.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Jerawat Berdasarkan Letaknya Berikut Ini

2. Hindari menyentuh wajah berlebihan

Meskipun tangan Anda efektif untuk mencuci, hindari menyentuh wajah di waktu lain. Tangan Anda dapat membawa bakteri yang berpotensi memperburuk jerawat jika sering menyentuh wajah.

3. Jangan memecahkan jerawat

Menghindari kebiasaan memencet atau memecahkan jerawat sangat krusial. Hal ini bukan hanya menyakitkan, tetapi juga bisa meninggalkan bekas dan hiperpigmentasi pasca-inflamasi yang tahan lama.

Baca Juga: Sedang Berjerawat? Konsumsi Makanan Penghilang Jerawat Ini, yuk!

4. Gunakan produk lembut

Alih-alih menggunakan produk keras, pilihlah produk perawatan kulit yang lembut dan bebas alkohol. Produk seperti astringen, toner, dan eksfolian bisa mengeringkan kulit dan memperburuk jerawat.

5. Baca label produk dengan teliti

Memilih produk yang tepat dimulai dengan memahami labelnya. Cari pencuci wajah yang khusus untuk jerawat dan bebas minyak, yang biasanya dilabeli non-comedogenic atau tidak menyumbat pori-pori. Hindari produk yang mengandung minyak.

Baca Juga: Jaga Kulit Tetap Sehat, Ikuti Cara Mencegah Kerusakan Skin Barrier Berikut!

6. Konsistensi dalam perawatan kulit

Jika produk baru tidak langsung berhasil, jangan terburu-buru mengubah rutinitas perawatan kulit Anda. Beri waktu beberapa minggu sebelum beralih ke produk lain.

Sering mengganti produk dapat mengiritasi kulit dan memperburuk jerawat. Diskusikan dulu dengan dokter kulit sebelum mengubah rutinitas yang direkomendasikan.

7. Bersihkan makeup

Makeup bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat. Pastikan untuk selalu membersihkan makeup sebelum tidur dengan pembersih bebas minyak.

Baca Juga: Tanda-tanda Skin Barrier Rusak yang Sering Tidak Disadari, Kulit Jadi Sensitif!

8. Lindungi kulit dari matahari

Paparan sinar Matahari bisa memperparah jerawat. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 dan pakai topi saat berada di luar ruangan, terutama jika Anda menggunakan obat jerawat yang membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar Matahari.

9. Evaluasi pola makan

Makanan tertentu dapat memicu jerawat. Beberapa orang menemukan jerawat mereka memburuk dengan konsumsi susu atau makanan yang meningkatkan gula darah. Evaluasi hubungan antara diet dan jerawat untuk menghindari pemicu.

Nah, itulah beberapa cara mencegah jerawat agar tidak tumbuh lagi. Anda bisa menerapkan cara-cara di atas untuk menjaga kulit Anda bebas jerawat. Penting untuk diingat konsistensi adalah kuncinya. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Berencana Menikah Tahun Ini? Simak Tanggal Keberuntungan Berdasarkan Zodiak Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News