Keluarga

4 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Sensitif agar Terhindar dari Iritasi

4 Cara Mengatasi Jerawat pada Kulit Sensitif agar Terhindar dari Iritasi

MOMSMONEY.ID - Cari tahu 4 cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif di sini.

Perawatan jerawat sering kali melibatkan pemaparan kulit terhadap bahan-bahan kuat yang menembus jauh dan cenderung mengelupas lapisan atas kulit. Hal ini tentu menjadi tantangan bagi orang-orang dengan kulit sensitif.

Adapun perawatan jerawat terbaik untuk kulit sensitif adalah pendekatan yang tidak terlalu mengiritasi serta mampu mengatasi akar penyebab jerawat secara efektif.

Faktanya, menemukan perawatan yang tepat untuk mengatasi jerawat pada kulit sensitif bukanlah sesuatu yang mudah, karena kulit sensitif bisa menjadi sangat reaktif terhadap perawatan jerawat baru atau yang sudah ada.

Kendati demikian, bukan berarti mengatasi jerawat pada kulit sensitif merupakan hal yang mustahil. Sebagai referensi, berikut MomsMoney bagikan 4 cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif sebagaimana dilansir dari BeBeautiful.

Baca Juga: Obati Jerawat dengan Lembut, Ini 6 Manfaat Sulfur untuk Kulit dan Jerawat

1. Jangan biarkan kulit terlalu kering

Cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif yang pertama yaitu tidak membiarkan kulit terlalu kering.

Kebanyakan produk jerawat cenderung mengeringkan dan meningkatkan sensitivitas kulit. Jadi, sangat penting untuk memilih produk anti-jerawat dengan hati-hati dan jangan biarkan kulit Anda menjadi terlalu kering.

Selalu ingat untuk menjaga lapisan alami kulit Anda agar tidak memicu sensitivitas. Anda bisa menggunakan spring water untuk membantu meredakan iritasi akibat jerawat.

Selain itu, gunakan juga produk pembersih yang melembabkan agar kulit senantiasa terhidrasi ya, Moms.

2. Pilih pengobatan yang efektif namun tetap lembut

Cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif yang kedua yaitu memilih pengobatan yang efektif namun tetap lembut.

Salah satu perawatan jerawat terbaik untuk kulit sensitif yaitu menggunakan retinoid topikal. Di sisi lain, hindari bahan-bahan yang terlalu mengiritasi seperti benzoil peroksida, salicylic acid, dan tea tree oil.

Penggunaan retinoid topikal harus dipadukan dengan produk pembersih yang lembut, pelembab yang bergizi, dan sunscreen non-comedogenic untuk mengurangi sensitivitas atau sensasi terbakar pada kulit sensitif. Alih-alih tretinoin, Anda bisa memilih retinoid topikal berupa adapalene.

Sebaiknya, gunakan metode sandwich saat menggunakan retinoid topikal untuk meminimalkan kemungkinan iritasi atau purging. Mulailah dengan menggunakan pelembab, retinoid topikal, dan lapisi dengan pelembab lagi.

Baca Juga: Apakah Bawang Putih Bisa Menurunkan Kolesterol? Ini Kata Peneliti

3. Mulai pengobatan secara perlahan

Cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif yang ketiga yaitu memulai pengobatan secara perlahan.

Setelah memilih pengobatan jerawat yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, mulailah memperkenalkan pengobatan tersebut ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda secara perlahan. Perhatikan reaksi kulit Anda serta berhati-hatilah dengan jumlah dan frekuensi penggunaan produk.

Pastikan untuk mengujinya pada lengan Anda sebelum mengaplikasikan produk ke seluruh wajah Anda. Jika Anda menggunakannya secara terburu-buru, kondisi jerawat Anda bisa bertambah buruk.

Mulailah menerapkan pengobatan jerawat pada malam hari atau 1-2 kali saja dalam seminggu. Setelah Anda yakin kulit Anda mampu menoleransinya, barulah Anda dapat menggunakannya lebih sering.

Jangan membombardir kulit Anda dengan terlalu banyak produk. Sebagai solusi, pilihlah satu produk yang menunjukkan sensitivitas paling sedikit dan terus lanjutkan perawatan dengan produk tersebut.

4. Hindari hal-hal yang bisa memperburuk kondisi jerawat pada kulit sensitif

Cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif yang keempat yaitu menghindari hal-hal yang bisa memperburuk kondisi jerawat pada kulit sensitif.

Saat kulit sensitif Anda berjerawat, hindarilah melakukan hal-hal yang bisa memperburuk kondisi jerawat pada kulit sensitif alih-alih memperbaikinya.

Selengkapnya, berikut hal-hal yang harus Anda hindari karena bisa memperburuk kondisi jerawat pada kulit sensitif:

  1. Hindari sabun, scrub, dan produk eksfoliasi kulit yang bersifat abrasif.
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan produk yang mengandung tea tree oil, salicylic acid, atau glycolic acid. Sebagai gantinya, gunakan produk dengan kandungan yang lebih lembut seperti mandelic acid atau bakuchiol untuk mengeksfoliasi kulit.
  3. Jangan mengoleskan obat jerawat di area bawah mata dan terus lembabkan kulit (termasuk area sekitar mulut) beberapa kali sehari.
  4. Gunakan sunscreen dengan formulasi berbahan dasar gel atau aqua-fluid.
  5. Hindari prosedur agresif seperti chemical peeling. Jika terpaksa digunakan, pilihlah peeling agent yang berkekuatan lebih rendah.
  6. Jangan terlalu sering menyentuh wajah meskipun dengan pakaian atau alat pembersih wajah, karena kebiasaan ini dapat menyebabkan sensitivitas.
  7. Hindari mencuci muka terlalu sering demi menjaga tingkat hidrasi dan mencegah timbulnya sensitivitas.

Itulah 4 cara mengatasi jerawat pada kulit sensitif. Semoga bermanfaat ya, Moms. Jangan lupa dicatat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News