Keluarga

Obati Jerawat dengan Lembut, Ini 6 Manfaat Sulfur untuk Kulit dan Jerawat

Obati Jerawat dengan Lembut, Ini 6 Manfaat Sulfur untuk Kulit dan Jerawat

MOMSMONEY.ID - Ada 6 manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat. Cari tahu di sini.

Sulfur atau belerang merupakan unsur alami sekaligus komponen penting bagi semua sel hidup. Umumnya, sulfur terdapat pada batuan dan mineral serta penting untuk pertumbuhan tanaman. Sulfur juga ditemukan di seluruh tubuh dalam asam amino, vitamin, serta kulit dan rambut kita.

Terkenal dengan warnanya yang kuning dan baunya yang menyengat, sulfur banyak ditemukan dalam produk atau obat totol jerawat. Produk berbahan dasar sulfur cenderung bekerja paling baik untuk jerawat ringan hingga sedang, terutama komedo putih, komedo hitam, dan papula. Di sisi lain, sulfur cenderung tidak efektif untuk jerawat sedang hingga parah.

Meskipun memiliki efek serupa dengan benzoil peroksida dan salicylic acid, namun sulfur biasanya lebih bisa ditoleransi oleh kulit dibandingkan kedua bahan tersebut. 

Selain efektif untuk membantu mengatasi jerawat, sulfur juga menyimpan beragam manfaat lain yang tak kalah bagus untuk kulit.

Melansir The Healthy, berikut 6 manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat menurut Dendy Engelman, MD, selaku dokter kulit di Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery, New York City.

Baca Juga: Tanaman Hias Tidak Berbunga? Simak 10 Hal yang Harus Dilakukan

1. Membersihkan pori-pori

Manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat yang pertama yaitu membersihkan pori-pori.

Sulfur adalah mineral alami yang ditemukan di sumber air panas, tanah liat, abu vulkanik, dan juga sebagai mineral dalam tubuh manusia. Sulfur diketahui memiliki sifat pembasmi bakteri, menurut penelitian tahun 2017 yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Ini menjadikan sulfur ideal untuk kulit yang rentan berjerawat.

Sulfur mampu melakukan tugas ganda ketika menyangkut pori-pori. “Sulfur bisa membunuh bakteri dan mengeluarkan minyak, yang pada gilirannya mengurangi penumpukan di pori-pori,” jelas Dr. Engelman. Untuk membersihkan pori-pori dan membuatnya tampak lebih kecil, cobalah masker berbahan dasar sulfur dan aplikasikan di area T-Zone Anda setiap minggunya.

2. Mengangkat sel-sel kulit mati

Manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat yang kedua yaitu mengangkat sel-sel kulit mati.

Sama seperti salicylic acid, sulfur juga bersifat keratolitik. Artinya, sulfur mampu menyebabkan pengelupasan (eksfoliasi) ringan pada lapisan atas kulit.

Sehingga, membantu membersihkan sel-sel kulit mati yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, jerawat, tekstur tidak merata, serta kulit kusam.

3. Mengobati jerawat secara lembut

Manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat yang ketiga yaitu mengobati jerawat secara lembut.

Produk jerawat topikal yang mengandung benzoil peroksida bisa jadi terlalu keras untuk kulit sensitif, sehingga mudah menyebabkan iritasi dan pengelupasan serta reaksi alergi pada beberapa orang.

Sebagai alternatif, sulfur bisa menjadi pilihan untuk mengatasi jerawat dengan lebih lembut. “Sulfur mampu mengurangi jerawat dengan mencegah bakteri baru tumbuh dan menyebar,” jelas Dr. Engelman.

Baca Juga: Berikut Tips Aman Dalam Berinvestasi OJK

4. Menenangkan rosacea

Manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat yang keempat yaitu menenangkan rosacea.

Sulfur dapat membantu menenangkan rosacea, suatu kondisi kronis yang menyebabkan kemerahan pada wajah, menurut American Academy of Dermatology.

Sulfur bekerja dengan mengurangi peradangan dan membunuh bakteri, sehingga dapat membantu mengendalikan gejala rosacea.

5. Meringankan eksim

Manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat yang kelima yaitu meringankan eksim.

Beberapa orang menggunakan sulfur sebagai pengobatan alami untuk eksim. Sulfur memiliki khasiat obat dan terapeutik yang dapat membantu meringankan gejala eksim, seperti peradangan serta bercak kering dan gatal.

Jika Anda sedang berjuang melawan eksim, cobalah produk pembersih yang mengandung sulfur.

6. Sebagai anti-aging

Manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat yang keenam yaitu sebagai anti-aging.

Sulfur adalah bagian penting dari produksi kolagen alami. Namun, seiring bertambahnya usia, sulfur akan berkurang sehingga membuat kulit rentan terhadap kerusakan akibat radikal bebas serta kerusakan kolagen lebih lanjut yang menyebabkan keriput dan kendur.

Untuk membantu menjaga kulit tetap awet muda, Anda bisa menggunakan perawatan topikal berbahan sulfur, seperti masker.

Demikian 6 manfaat sulfur untuk kulit dan jerawat. Sulfur menyimpan manfaat perawatan kulit yang tak terhitung jumlahnya. Sifat anti-inflamasi dan antibakteri dalam sulfur bahkan dapat bersaing dengan bahan-bahan anti-jerawat seperti benzoil peroksida dan salicylic acid, namun jauh lebih lembut untuk ekosistem kulit.

Kendati demikian, sulfur masih dapat menyebabkan kekeringan pada jenis kulit yang lebih sensitif. Jadi, pastikan untuk memasukkan skincare berbahan sulfur secara perlahan ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda dan terus pantau pengaruhnya terhadap kulit Anda secara spesifik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News