Bugar

13 Tips Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Ampuh

13 Tips Menurunkan Berat Badan yang Terbukti Ampuh

MOMSMONEY.ID - Dapatkan berat badan ideal Anda sekarang. Terapkan tips menurunkan berat badan yang terbukti ampuh ini, yuk!

Siapa yang tidak ingin punya berat badan yang ideal? Bukan hanya untuk memperbaiki tampilan semata, berat badan ideal juga baik untuk kesehatan tubuh.

Nah, ada tips menurunkan berat badan yang terbukti ampuh? Melansir dari Eating Well, berikut adalah tipsnya:

1. Tidur yang Cukup

Menurut Jennifer McDaniel, MS, RDN, seorang ahli gizi, tidur yang cukup adalah kunci penting untuk menurunkan berat badan.

Orang yang tidur sekitar 8 jam per malam terbukti lebih banyak menurunkan berat badan, terutama di area perut, dibandingkan dengan mereka yang tidur kurang dari 6,5 jam. Studi juga menunjukkan bahwa jadwal tidur yang konsisten membantu mengurangi lemak tubuh.

Baca Juga: 14 Tips Diet Sehat untuk Dapatkan Berat Badan Ideal, yuk Intip di Sini!

2. Jangan Lewatkan Sarapan

Ahli gizi Jodi Greebel, MS, RDN, menyarankan untuk tidak melewatkan sarapan. Jika Anda melewatkan sarapan, tubuh akan berpikir sedang dalam kondisi kelaparan dan cenderung mempertahankan kalori lebih banyak.

Sarapan membantu memulai metabolisme dan membuat tubuh lebih efisien dalam membakar kalori.

3. Manfaatkan Probiotik

Probiotik tertentu dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan suasana hati. Beberapa strain bakteri seperti Lactobacillus rhamnosus dan L. plantarum terbukti membantu menurunkan berat badan, terutama dengan mengurangi lemak perut dan memperbaiki metabolisme tubuh.

4. Makan Lebih Sering

Makan setiap 3 hingga 4 jam membantu menjaga metabolisme tetap aktif. Camilan sehat seperti buah dengan protein atau lemak sehat, seperti apel dengan yogurt atau kacang, dapat membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga: Susah Tidur? Ini 21 Tips agar Cepat Tidur yang Bisa Anda Coba

5. Jangan Tunggu Sampai Lapar

Jika Anda menunggu terlalu lama di antara waktu makan, rasa lapar berlebihan bisa membuat Anda makan terlalu cepat dan memilih makanan yang tidak sehat. Siapkan camilan sehat sebelum merasa sangat lapar.

6. Kelola Rasa Lapar

Perhatikan sinyal tubuh saat makan. Makanlah hingga Anda merasa cukup, bukan hingga kekenyangan. Pelan-pelan saat makan dan rasakan saat tubuh mulai merasa kenyang.

7. Sarapan Lebih Berat, Makan Malam Lebih Ringan

Secara metabolik, tubuh lebih efisien di pagi hari. Disarankan untuk makan sarapan yang lebih besar dan makan malam yang lebih ringan, serta memberikan jarak waktu 2-3 jam antara makan malam dan waktu tidur.

8. Minum Air

Minum air selama makan dapat membantu mengisi perut dan memperlambat makan. Ini juga membantu menghindari kebingungan antara rasa haus dan lapar.

Baca Juga: Ketahui 8 Manfaat Seks Setiap Hari bagi Kesehatan, Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

9. Coba Puasa Intermiten

Beberapa studi menunjukkan bahwa puasa intermiten dapat membantu tubuh membakar lebih banyak lemak. Puasa setidaknya 12 jam membantu tubuh beralih dari menggunakan gula ke lemak sebagai sumber energi.

10. Bergerak Sepanjang Hari

Tidak perlu melakukan olahraga berat sepanjang waktu. Cobalah untuk tetap aktif sepanjang hari, seperti berjalan saat menelepon atau memilih tangga daripada lift.

11. Makan Telur Utuh

Telur utuh mengandung protein dan lemak sehat yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Kuning telur memiliki banyak nutrisi penting yang baik untuk kesehatan.

12. Gunakan Piring Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil bisa membantu mengontrol porsi makan. Ini adalah cara sederhana untuk mengelola asupan kalori tanpa merasa harus mengukur makanan secara ketat.

Baca Juga: Baik untuk Kesehatan, Ini lo Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

13. Waspadai Makanan Olahan

Beberapa bahan tambahan dalam makanan olahan, seperti propionat, dapat meningkatkan rasa lapar dan menyebabkan resistensi insulin. Cobalah untuk menghindari makanan olahan dan pilih makanan alami yang lebih sehat.

Itulah tips menurunkan berat badan yang terbukti ampuh dan dapat Anda coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

Selanjutnya: Gelaran BCA Wealth Summit 2024 Menarik Lebih 2.000 Nasabah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News