Bugar

Baik untuk Kesehatan, Ini lo Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

Baik untuk Kesehatan, Ini lo Manfaat Minum Kopi Tanpa Gula

MOMSMONEY.ID - Tersimpan sejumlah manfaat minum kopi tanpa gula bagi kesehatan tubuh, lo. Simak ulasannya di sini.

Kebiasaan menikmati kopi sering kali disertai dengan tambahan gula, susu, atau krimer. Padahal, minum kopi tanpa gula sebenarnya menawarkan sejumlah manfaat kesehatan yang tak terduga.

Apa saja sih manfaat minum kopi tanpa gula bagi kesehatan tubuh? Melansir dari laman Health Shots, inilah beberapa manfaat tersebut:

1. Mengurangi risiko diabetes

Minum kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, terutama pada wanita. Berdasarkan data dari Harvard TH Chan School of Public Health, kopi mampu menurunkan risiko ini hingga 8%.

Namun, jika Anda menambahkan gula atau pemanis, hal itu bisa meningkatkan kadar gula darah. Meski begitu, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa kafein dapat memengaruhi sensitivitas insulin.

Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk minum kopi tanpa gula dalam jumlah yang wajar, dan selalu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Baca Juga: Gejala Penyakit Asam Urat yang Paling Umum, Anda Wajib Tahu

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah salah satu penyebab kematian paling umum di seluruh dunia menurut WHO. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Studi yang diterbitkan dalam Ochsner Journal mengungkapkan, konsumsi kopi baik untuk kesehatan jantung, namun manfaat ini hanya akan terasa jika kopi dikonsumsi tanpa tambahan gula.

3. Meningkatkan daya ingat

Jika Anda sering kesulitan mengingat sesuatu, kopi mungkin bisa membantu. Penelitian dari Johns Hopkins University menemukan, mengonsumsi kopi tanpa gula dapat meningkatkan daya ingat jangka pendek. Jadi, segelas kopi hitam dapat membantu otak bekerja lebih baik.

Baca Juga: Apakah Bayam Bisa Menyebabkan Asam Urat Tinggi? Ini Jawabannya

4. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan, kopi tanpa gula atau susu bisa menjadi bagian dari diet Anda.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical Reviews in Food Science and Nutrition menunjukkan, kafein dapat membantu mengurangi indeks massa tubuh (BMI) dan berat badan.

Kafein meningkatkan proses termogenesis yang membuat tubuh membakar lebih banyak kalori, sehingga mendukung proses penurunan berat badan.

5. Mengurangi risiko penyakit hati berlemak

Penyakit hati berlemak nonalkohol (NAFLD) merupakan kondisi di mana lemak menumpuk di hati tanpa konsumsi alkohol.

Mengonsumsi kopi tanpa gula dapat membantu mengurangi risiko penyakit ini, serta penyakit hati lainnya seperti sirosis dan kanker hati.

juga menghasilkan paraxanthine, senyawa yang menghambat terbentuknya jaringan parut pada hati, yang berkontribusi dalam mengurangi risiko penyakit hati.

Baca Juga: Inilah Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Diet, Bisa Bikin Diet Gagal Lho

6. Mencegah kerusakan gigi

Minum kopi tanpa gula atau krimer dapat membantu mengurangi jumlah bakteri di mulut Anda, yang berperan dalam pembentukan gigi berlubang.

Sebuah studi dalam Journal of Conservative Dentistry menemukan bahwa kopi tanpa tambahan apa pun mengurangi risiko terjadinya kerusakan gigi.

7. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga penting untuk mengendalikannya.

Menurut penelitian dalam jurnal Nutrients, minum kopi dalam jumlah sedang bisa membantu menurunkan tekanan darah.

Namun, penting untuk tidak mengonsumsi kopi secara berlebihan karena asupan kafein yang berlebihan justru bisa meningkatkan tekanan darah.

Itulah beberapa manfaat minum kopi tanpa gula bagi kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News