Keluarga

10 Tanaman Hias Meningkatkan Kesehatan Mental, Bantu Kurangi Stres

10 Tanaman Hias Meningkatkan Kesehatan Mental, Bantu Kurangi Stres

MOMSMONEY.ID - Tanaman hias disebut dapat meningkatkan mood atau perasaan seseorang. Artikel ini menampilkan 10 tanaman hias yang bisa meningkatkan kesehatan mental.

Ya, ada beberapa tanaman hias meningkatkan kesehatan mental Anda. Tanaman hias ini dapat diletakkan di dalam ruangan. 

Tak hanya membantu meningkatkan kesehatan mental, tanaman hias juga memainkan peran positif dalam meningkatkan hasil kesehatan pasien yang baru pulih dari operasi.

Baca Juga: Ingin Berkebun di Ruang Sempit? Begini Tips dan Cara Mudah untuk Pemula

Nah, Anda bisa memberikan tanaman hias ini untuk membantu meningkatkan kesehatan mental. 

Mengutip Balcony Garden Web, berikut tanaman hias bantu meningkatkan kesehatan mental:

1. Peace Lily

Peace Lily bertindak sebagai pembersih udara alami, dan menurut penelitian, ia cukup ampuh menghilangkan toluena dan xilena dari udara dalam ruangan, yang paparannya dapat menyebabkan stres.

Berada di sekitar tanaman berdaun besar seperti bunga lili perdamaian juga membantu meningkatkan suasana hati, membantu seseorang untuk tetap positif.

2. Kayu Putih

Dalam penelitian yang dilakukan di Department of Basic Nursing Science, Korea University, minyak kayu putih dan wanginya mampu menurunkan tingkat kecemasan pada sekelompok orang.

Menanamnya di dalam ruangan adalah cara terbaik untuk mendapatkan aromanya di dalam ruangan, yang dapat ditingkatkan dengan menghancurkan daunnya.

3. Lavender

Lavender

Sebuah studi yang dilakukan oleh Shefa Neuroscience Research Center, Teheran, menyatakan bahwa aroma lavender dapat mengobati beberapa gangguan saraf karena memiliki sifat anxiolytic, mood stabilizer, sedatif, analgesik, antikonvulsif, dan neuroprotektif.

Siapa pun yang menjalani kehidupan yang sibuk, sibuk, dan penuh tekanan harus menghabiskan beberapa menit di dekat tanaman lavender, menghirup aroma penyembuhannya. 

Sebuah artikel oleh PMC Eropa juga mengklaim bahwa aroma lavender meningkatkan kualitas tidur, sehingga menurunkan tingkat kecemasan dan stres.

Baca Juga: Pupuk Tanaman Hias dari Kulit Pisang, Begini Cara Mengolahnya

4. Lidah mertua

Tanaman ular adalah pilihan bagus untuk ditanam di dalam ruangan karena tidak hanya memurnikan udara tetapi juga tumbuh dengan baik dalam cahaya redup. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Harvard University Extension menyatakan, ini adalah salah satu tanaman hias yang paling banyak menghasilkan oksigen, yang dapat membantu Anda bernapas lebih baik, membantu tidur lebih nyenyak.

Semua ini berdampak langsung pada gaya hidup bebas stres.

Lidah mertua juga merupakan bagian dari  eksperimen NASA yang terkenal pada tahun 1989, di mana ia meraih salah satu tempat teratas di pabrik pembersih udara terbaik.

5. Aloe vera

Sebuah studi yang dilakukan oleh School of Traditional Medicine, Teheran, Iran, menyatakan bahwa efek sedatif dan hipnotis dari ekstrak lidah buaya dapat membantu tidur nyenyak, sehingga dapat sangat mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Menanamnya di dalam ruangan akan memberi Anda akses ke gel segarnya, yang dapat Anda gunakan untuk membuat minuman sebelum tidur.

Baca Juga: 9 Tanaman Hias Daun Besar Terbaik untuk Tumbuh di Dalam Ruangan

6. Rosemary

Penelitian menunjukkan bahwa menghirup aroma penyembuhan rosemary dapat membantu mengurangi hormon stres kortisol dalam darah dan juga meningkatkan daya ingat.

Studi lain yang dilakukan oleh Department of Clinical and Translational Research Methodology, Jepang, menyatakan asupan ekstrak rosemary membantu dalam meningkatkan energi mental dan kualitas tidur individu.

Menanamnya di ambang jendela yang cerah akan memberi Anda persediaan daun segar dan tiada habisnya sepanjang tahun!

7. Melati

Keharuman melati yang kuat memiliki manfaat terapeutik. Sebuah artikel dari Solara Mental Health, AS, menyatakan bahwa menghirup wangi melati meredakan agresi, meningkatkan semangat/vitalitas, dapat menurunkan tekanan darah, dan menghilangkan rasa lelah.

Dalam sebuah studi tahun 2013, para ilmuwan menyelidiki efek menghirup minyak melati terhadap fungsi respons suasana hati dan sistem saraf pusat. Ditemukan bahwa ini memiliki efek menenangkan pada manusia dan dapat membantu mengatasi perubahan suasana hati.

8. Bunga krisan

Penelitian ini mengklaim bahwa menghirup aroma bunga krisan dapat membantu meningkatkan perasaan gembira dan meningkatkan suasana hati. Hal ini karena senyawa aroma yang terdapat pada daun kayu putih juga efektif meningkatkan daya ingat jangka pendek.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Farmakologi Sekolah Farmasi Korea menyatakan, efek seperti anxiolytic dari Krisan menurunkan kecemasan dan menyembuhkan insomnia. Untuk mendapatkan manfaat terbaiknya, minumlah teh yang mengandung bunganya setiap hari.

Baca Juga: Mitos Tanaman Hias yang Salah, Jangan Lakukan Ini saat Berkebun

9. Mint

Anda dapat menanam berbagai jenis mint, termasuk spearmint dan peppermint di rumah, untuk mendapatkan manfaat dari aroma penyembuhan dari ramuan ini.

Sebuah  penelitian menyebutkan bahwa menghirup dan memakan daun mint menghasilkan peningkatan daya ingat yang signifikan. Siapa pun yang mengalami kelupaan, kelelahan, dan penurunan kewaspadaan bisa mendapatkan manfaat dari menanam tanaman mint di rumah, khususnya peppermint.

Untuk meningkatkan efeknya, Anda bisa menghancurkan daunnya 2-4 kali sehari dan menghirup wanginya. 

10. Pothos

Seperti yang dinyatakan dalam penelitian ini , sirih gading adalah salah satu tanaman paling ampuh untuk menghilangkan 74% VOC dan 68% bau di lingkungan dalam ruangan. Hal ini menghasilkan udara yang lebih bersih di dalam ruangan, yang membantu tidur dan suasana hati lebih baik.

Penelitian di Jepang ini menyatakan bahwa menyentuh daun sirih gading meningkatkan perasaan baik, damai, menyenangkan, dan rasa ketenangan fisiologis.

Memiliki tanaman sirih gading di dalam ruangan pasti akan membantu Anda merasakan reaksi menenangkan yang tidak disadari saat menyentuh dedaunannya.

Nah, itulah 10 tanaman hias meningkatkan kesehatan mental yang bisa membantu mengurangi stres dan rasa cemas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News