Keluarga

Mitos Tanaman Hias yang Salah, Jangan Lakukan Ini saat Berkebun

Mitos Tanaman Hias yang Salah, Jangan Lakukan Ini saat Berkebun

MOMSMONEY.ID - Ada banyak tips dan trik dalam dunia berkebun, terutama dalam hal tanaman hias. Namun, di tengah tips yang beredar ada beberapa mitos tanaman hias yang salah. 

Mitos tanaman hias yang salah ini membuat para pemula menjadi bingung. Bahkan sebelum era internet, komunitas berkebun penuh dengan mitos dan cerita lama yang diyakini benar oleh banyak pecinta tanaman.

Kini, setelah kita memiliki banyak informasi, mitos-mitos tersebut semakin tersebar luas. Apa saja mitos tanaman hias yang salah?

Baca Juga: 7 Tanaman Hias yang Harus Dihindari Menurut Feng Shui, Dipercaya Bawa Nasib Buruk

Mengutip Epic Gardening, berikut mitos tanaman hias yang salah. 

1. Misting Meningkat Kelembapan

Mengaburkan udara di sekitar tanaman hias diyakini akan meningkatkan kelembapan di ruangan tersebut, yang pada akhirnya meningkatkan pertumbuhan. 

Sayangnya, meskipun menambahkan kelembapan ke udara akan meningkatkan kelembapan untuk sementara waktu, praktik gerimis tidak seefektif kelihatannya 

Saat Anda menyemprot udara di sekitar tanaman, kelembapan tidak hanya terkandung di satu area – melainkan menyebar melalui udara di dalam ruangan dan ke seluruh rumah Anda.

Anda dapat meningkatkan kelembapan sebentar, namun efek ini tidak bertahan lebih dari beberapa menit, sehingga berdampak kecil atau tidak sama sekali pada pertumbuhan.

Gerimis tidak hanya tidak efektif, tetapi juga dapat menyebabkan masalah pertumbuhan lainnya seperti penyakit jamur yang sulit dihilangkan. 

Perubahan kondisi yang terus-menerus juga dapat menyebabkan stres yang menghambat pertumbuhan, bukannya membantu pertumbuhan.

2. Tanaman Hias Cahaya Rendah Dapat Bertahan di Mana Saja

Koleksi tanaman hias di rumah

Beberapa tanaman hias lebih toleran terhadap kondisi pencahayaan rendah dibandingkan tanaman lain namun tetap membutuhkan sinar matahari untuk fotosintesis. Tanpa sinar matahari, mereka tidak dapat bertahan hidup.

Jangan salah paham, beberapa tanaman akan bertahan lebih lama dibandingkan tanaman lain di area gelap.

Tanaman ZZ Plant akan tetap hidup selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan di tempat yang salah. Namun mereka tidak bisa hidup seperti ini dalam jangka panjang dan pada akhirnya akan menunjukkan tanda-tanda perjuangan.

3. Tanaman Pelu Direpoting Setiap Tahun

Repotting adalah proses yang membuat stres bagi tanaman. Mereka menyukai konsistensi dan tidak menghargai perubahan kondisi.

Baca Juga: Tips Mudah Merawat Tanaman Hias Favorit di Rumah, Perhatikan 6 Hal Ini

Banyaknya penanganan dan akar yang terkena udara tentu bukan hal yang biasa mereka lakukan. 

Oleh karena itu, lebih baik menunggu sampai direpoting benar-benar diperlukan daripada merepoting setiap tanaman setiap tahun atau merepoting segera setelah Anda membawa pulang tanaman.

4. Pot Besar Menghasilkan Pertumbuhan yang Lebih Besar

Anda mungkin berasumsi bahwa pot yang lebih besar akan membantu tanaman Anda tumbuh lebih cepat. Namun yang terjadi justru sebaliknya.

Ruang ekstra ini dapat memperlambat pertumbuhan di atas tanah sementara tanaman memfokuskan energinya pada perkembangan akar. Tanah yang berlebih juga dapat menahan terlalu banyak kelembapan sehingga tidak terserap oleh akar, sehingga berpotensi menyebabkan pembusukan.

5. Tanaman Hias Memurnikan Udara

Penelitian ini dilakukan dalam lingkungan terkendali dalam ruangan kecil, cukup besar untuk menampung tanaman itu sendiri. Kondisi ini tidak sesuai dengan lingkungan di rumah kita, dimana udaranya tersebar, dan jendela serta pintu sering terbuka.

Berdasarkan volume, terdapat terlalu banyak udara untuk dibersihkan oleh satu tanaman hias. 

6. Tanaman Indoor Tidak Bisa Tumbuh di Luar 

Beberapa spesies berasal dari daerah tropis dan menyukai kondisi yang sama seperti yang dilakukan manusia di dalam ruangan, atau mungkin tidak tahan terhadap cuaca dingin dengan baik dan memerlukan perlindungan dari embun beku di bulan-bulan yang lebih dingin. 

Baca Juga: Tanaman Hias Berduri yang Berbunga Indah, Cocok Ditanam di Taman

Yang lain mungkin lebih tangguh secara keseluruhan, toleran terhadap kondisi yang lebih luas, termasuk yang ditemukan di dalam ruangan.

Semua tanaman ini memiliki habitat asli di luar ruangan dan kemungkinan besar akan tumbuh lebih baik di luar ruangan dengan iklim serupa. Namun mereka tumbuh dengan baik di rumah, sehingga diberi label 'tanaman dalam ruangan.

Jadi itulah beberapa mitos tanaman hias yang salah. Lakukan perawatan terbaik untuk membuat tanaman hias tumbuh subur dan sehat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News