Keluarga

10 Negara Paling Miskin di Dunia Edisi Terupdate Bulan September 2023

10 Negara Paling Miskin di Dunia Edisi Terupdate Bulan September 2023

MOMSMONEY.ID - Masing-masing negara memiliki kekayaan & sumber daya yang mampu mencukupi standar hidup masyarakat. Namun beberapa negara berikut ini hidup dalam kondisi kemiskinan yang parah, sehingga dianggap sebagai negara paling miskin di dunia.

Yang tergolong ke dalam negara paling miskin di dunia rata-rata disebabkan karena banyaknya konflik internal dalam negeri, mulai dari korupsi hingga peperangan yang tiada henti.

Berdasarkan data IMF melalui Global Finance Magazine, berikut ini daftar negara paling miskin di dunia versi teranyar, update di bulan September 2023, di antaranya:

  1. Sudan Selatan: 568$ PDB per kapita
  2. Burundi: 891$
  3. Republik Afrika Tengah: 1.127$
  4. Somalia: 1.374$
  5. Kongo: 1.474$
  6. Mozambik: 1.556$
  7. Nigeria: 1.600$
  8. Malawi: 1.682$
  9. Chad: 1.787$
  10. Liberia: 1.788$

Simak 5 besar negara paling miskin di dunia beserta kondisi penyebabnya, berikut ini.

Baca Juga: 5 Negara di Dunia yang Tak Punya Bandara Karena Wilayahnya Tidak Muat

1. Sudan Selatan

Sudan Selatan menjadi negara termiskin di dunia versi terbaru pada bulan September 2023.

Sudan Selatan dikatakan sebagai negara yang “dikutuk”, sebab punya banyak cadangan minyak, namun banyak terjadi perpecahan sosial, kesenjangan, korupsi, hingga peperangan.

Inflasi pada negara ini termasuk yang tertinggi di dunia, yakni mencapai 27%. UNICEF juga memperkirakan separuh dari populasi negara ini mengalami musim paceklik di bulan April-Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Green Tea vs Matcha, Sama atau Berbeda?

2. Burundi

Burundi menjadi negara termiskin kedua di dunia. Melansir dari World Population Review, Burundi termasuk negara dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Sayangnya, Burundi akan menghadapi ancaman kelebihan populasi.

Negara ini berfokus pada sektor pertanian yang menyumbang sebanyak 32,9% PDB per kapita & mempekerjakan lebh dari 70% populasi.

Sayangnya, sebanyak 40% penduduknya tak memiliki akses terhadap pangan yang memadai. Adapun kesulitan-kesulitan lain yang dihadapi seperti kesulitan pendidikan, korupsi, hingga peperangan.

Baca Juga: Daftar 23 Negara dengan Zona Waktu Terbanyak di Dunia, Ada Indonesia Juga!

3. Republic Afrika Tengah

Negara paling miskin di dunia pada peringkat ketiga diisi oleh Republik Afrika Tengah (CAR) dengan populasi mencapai 5,7 juta penduduk & 2,2$ miliar PDB.

Melansir Forbes India, negara ini tengah menghadapi ketidakstabilan ekonomi yang besar akibat banyaknya konflik bersenjata, huru-hara politik, serta infrastruktur yang tidak memadai.

Meski begitu, sebenarnya CAR memiliki banyak kekayaan alam seperti emas, uranium, minyak, hingga berlian. Sayangnya, kemiskinan negara ini diperparah dengan adanya perang di Ukraina yang membuat harga barang-barang menjadi naik.

Baca Juga: Ada The Great Blue Hole, Inilah 7 Tempat Terindah di Dunia yang Bisa Dikunjungi

4. Somalia

Somalia, negara berpenduduk sebnayk 17 juta jiwa ini disebut sebagai salah satu negara paling miskin di dunia.

Ada banyak hal yang membuat negara ini jatuh miskin. Selain adanya pemberontakan yang ingin menggulingkan pemerintah pusat, ada juga kekeringan parah yang terjadi dalam kurun waktu 4 dekade.

5. Kongo

Sejak memperoleh kemerdekaan dari Belgia di tahun 1960, Kongo mengalami masa kediktatoran yang memicu banyak hal dalam isu sosial dan politik, termasuk kekerasan yang terjadi selama beberapa dekade.

Baca Juga: Urutan 8 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Sering Digunakan dan Dipelajari

Banyaknya fase kekacauan membuat Kongo menjadi negara paling miskin di dunia yang menempati urutan 5 teratas versi IMF, terupdate di bulan September 2023.

Sebanyak 3/4 dari 97 juta penduduk negara ini hanya memiliki penghasilan kurang dari 2$ per hari.

Meski begitu, Kongo menjadi produsen kobalt terbesar di dunia & merupakan sumber tembaga utama di Afrika.

Itulah berbagai daftar negara paling miskin di dunia. Rata-rata negara tersebut memiliki konflik internal dalam negeri yang membuat masyarakatnya jadi serba kesulitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News