Keluarga

5 Negara di Dunia yang Tak Punya Bandara Karena Wilayahnya Tidak Muat

5 Negara di Dunia yang Tak Punya Bandara Karena Wilayahnya Tidak Muat

MOMSMONEY.ID - Siapa sangka, ada loh negara-negara yang tak punya bandara. Alasannya beragam, mulai dari keamanan yang tak terjamin hingga wilayahnya yang tak cukup.

Lantas, mana sajakah negara yang tak punya bandara? Simak ulasan berikut!

Vatikan

Negara yang tak memiliki bandara di dunia: Vatikan

Vatikan adalah negara yang tak memiliki bandara. Hal ini justru tak mengherankan, sebab Vatikan sendiri merupakan negara terkecil di dunia.

Saking kecilnya negara ini, tidak ada banyak ruang untuk pesawat mendarat. Tak ada pula sungai, laut, serta transportasi alternatif alinnya.

Melansir Geoghrapy Realm, Vatikan adalah negara dengan luas geografis hanya 44 hektar dan memiliki penduduk 800 orang.

Meski begitu, Anda tetap bisa melakukan perjalanan ke negara ini dengan berjalan kaki, sebab Vatikan sangat dekat dengan ibu kota Italia, yakni Roma.

Baca Juga: Urutan 8 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Sering Digunakan dan Dipelajari

Monako

Monako adalah negara yang tak memiliki bandara karena alasan yang sama seperti Vatikan, yakni karena negara ini kecil. Monako menempati urutan kedua negara terkecil di dunia selain Vatikan.

Wilayah geografisnya hanya seluas 2,02 kilometer dengan populasi sebanyak 36.371 orang.

Semua turis yang ingin menjelajahi Monako dapat memesan taksi untuk jalur darat, atau bisa juga menaiki perahi setelah mendarat di Bandara Nice Côte d'Azur, Prancis.

San Marino

Terletak tak begitu jauh dari Vatikan, San Marino juga diakui sebagai negara yang tak memiliki bandara.

Seluruh tanah San Marino di apit oleh tanah Italia, bahkan hingga ke akses lautnya yang menyebabkan negara ini tak punya laut.

Baca Juga: Indonesia Wajib Bangga, Inilah 7 Warisan Budaya Tak Benda yang Diakui UNESCO

Mirisnya, San Marino memiliki jarak hanya 9 mil dari Bandara Internasional Federico Fellini milik Italia yang terkenal.

San Marino sendiri merupakan negara bagian yang masuk ke dalam kategori negara terkecil di urutan kelima di dunia.

Tapi jangan merasa sedih, melansir dari Reader’s Digest. San Marino merupakan salah satu negara terkaya di dunia yang memiliki PDB per kapita tertinggi.

Liechtenstein

Liechtenstein termasuk negara terkecil di dunia yang berbatasan langsung dengan Austria dan Jerman. Karena bentuknya yang kecil, tak heran jika negara ini tak memiliki bandara.

Liechtenstein berukuran 8x lebih kecil dari kota Los Angeles. Sebab keterbatasan ruang inilah yang membuat Liechtenstein tak bisa memiliki bandaranya sendiri.

Para turis yang ingin berkunjung ke negara ini perlu masuk dengan menggunakan mobil, kapal, ataupun kereta api dari stasiun kereta di Swiss ataupun Austria.

Meski begitu, Liechtenstein adalah negara kecil yang kuat. Negara ini memiliki PDB per kapita tertinggi & salah satu negara dengan utang nasional terendah di dunia! Luar biasa!

Baca Juga: 6 Buah Unik dari Korea Selatan, Punya Bentuk dan Warna yang Khas

Andorra

Negara berbentuk Kerajaan, Andorra, merupakan negara yang tak memiliki akses bandaranya sendiri.

Masalahnya bukan karena wilayahnya yang kecil. Andorra mayoritasnya merupakan wilayah pegunungan sehingga sulit dibangun bandara.

Rata-rata pegunungan di sini memiliki puncak mendekati 3.000 meter sehingga akan sangat berbahaya jika menerbangkan pesawat di sana.

Nah, itulah sederet negara yang tak memiliki bandara. Rata-rata alasannya adalah karena negara tersebut memiliki wilayah super kecil, bahkan tergolong ke dalam kategori negara terkecil di dunia. Ada pula yang alasannya karena keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News