Keluarga

Urutan 8 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Sering Digunakan dan Dipelajari

Urutan 8 Bahasa Tertua di Dunia yang Masih Sering Digunakan dan Dipelajari

MOMSMONEY.ID - Pernahkah Anda bertanya-tanya, apa sih bahasa tertua di dunia? Untuk mengetahuinya, simak yang berikut ini.

Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang digunakan oleh manusia sepanjang hidupnya. Di antara banyak bahasa di seluruh dunia, ada beberapa bahasa kuno yang memiliki sejarah panjang & telah beradaptasi selama berabad-abad.

Meski masih sering diperdebatkan, namun beberapa ahli punya pendapat sama mengenai bahasa tertua di dunia. Penasaran apa sajakah itu? Simak urutan bahasa tertua di dunia dari peringkat 1 hingga 8, selengkapnya.

Baca Juga: Bukan Stonehenge, Ternyata Ini 5 Kuil Tertua di Dunia yang Punya Peradaban Panjang

Bahasa Mesir – 2.690 SM (4.700 tahun yang lalu)

Melansir dari Busuu.com, Mesir dikenal sebagai bahasa tertua di dunia, yakni sekitar 4.700 tahun atau telah muncul sejak 2690 Sebelum Masehi.

Sayangnya, bahasa Mesir tidak umum digunakan oleh orang biasa sejak abad ke-19. Adapun bahasa keturunan dari Mesir Kuno yang bertahan hingga sekarang, namanya adalah bahasa Koptik yang digunakan sebagai bahasa liturgy Gereja Ortodoks Koptik Alexandria & Gereja Katolik Koptik.

Bahasa Yunani – 1450-1350 SM (sekitar 3.470 tahun yang lalu)

Melansir dari Lingual Consultancy, Bahasa Yunani merupakan peringkat kedua bahasa tertua di dunia yang telah muncul sejak 1.450 tahun Sebelum Masehi atau sekitar 3.470 tahun yang lalu.

Alfabet dalam bahasa Yunani menjadi tonggak awal beberapa bahasa lain seperti Arab, Ibrani, hingga Turki. Simbol-simbol Yunani pun menjadi salah satu hal krusial karena digunakan dalam beberapa bidang ilmial seperti Matematika hingga Fisika.

Bukti terulis yang ditemukan pertama kali menggunakan bahasa Yunani berasal dari tahun 1.450 SM. Disinyalir bahasa ini sudah muncul lebih awal daripada itu.

Baca Juga: Ada Candi Borobudur, Intip Rekomendasi 7 Destinasi Wisata Spiritual di Dunia

Bahasa Sanskerta – 1.500 SM (3.500 tahun yang lalu)

Bahasa Sanskerta juga merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, yakni sekitar 1.500 Sebelum Masehi atau sekitar 3.500 tahun yang lalu. Sayangnya, bahasa ini tak sepopuler bahasa Tamil. Sanskerta berhenti digunakan secara umum sejak tahun 600 Sebelum Masehi.

Adapun tulisan pertama bahasa Sanskerta berupa kumpulan himne Weda Sanskerta pada sekitar Milenium ke-2 Sebelum Masehi.

Bahasa kuno ini telah menjadi bahasa suci pada kitab Hindu, Buddha, dan Jainisme.

Baca Juga: Daftar 5 Negara Produsen Keju Terbesar di Dunia Tahun 2023

Bahasa China – 1250 SM (sekitar 3.300 tahun yang lalu)

Menjadi salah satu bahasa dengan penutur terbesar di dunia, bahasa China atau Mandarin rupanya merupakan peringkat keempat bahasa tertua di dunia. Bahasa ini telah muncul sekitar 3.300 tahun yang lalu dan masih terus digunakan secara meluas oleh 16% dari populasi dunia hingga saat ini.

Berdasarkan sejarah, catatan tertulis dengan bahasa China ditemukan pada 1200 SM di era dinasti Shang. Namun para peneliti percaya bahwa akar kebudayaan bahasa ini berasal dari Yangshao.

Sebab, pernah ditemukan sisa tembikar dari era Yangshao sebagai bahasa tertulis paling awal, ditemukan pada 5.000-4.000 Sebelum Masehi (sekitar 7.000 tahun yang lalu).

Baca Juga: Meriah dan Penuh Makna, Intip 8 Tradisi Perayaan Imlek di Seluruh Dunia

Bahasa Ibrani – 1000 SM sampai 200 M (3.000 tahun yang lalu)

Bahasa Ibrani asal Israel menjadi salah satu bahasa tertua di dunia, yakni telah digunakan sejak abad ke-10 Sebelum Masehi. ada lebih dari 9 juta orang di seluruh dunia yang menggunakan bahasa kuno ini.

Tulisan peninggalan bahasa Ibrani ditemukan berasal dari 3.000 tahun yang lalu. Sayangnya, bahasa Ibrani sempat tidak digunakan dan hampir punah sekitar 200-400 Masehi.

Dengan bangkitnya Zionisme pada abad ke-19 dan 20 Masehi, menandakan pula kebangkitan bahasa Ibrani yang kini merupakan bahasa resmi Israel. Meski begitu, bahasa Ibrani Modern berbeda dari versi kuno (versi Alkitab)

Bahasa Tertua di Dunia

Baca Juga: Ada The Great Blue Hole, Inilah 7 Tempat Terindah di Dunia yang Bisa Dikunjungi

Bahasa Latin – 750 SM (2770 tahun yang lalu)

Latin, terkenal sebagai salah satu bahasa tertua di dunia, lahir di tanah Italia.

Melansir dari Lingopie, bentuk pertama bahasa ini ialah bahasa Latin Kuno yang digunakan sejak Kerajaan Romawi pada 750 Sebelum Masehi hingga periode Republik Romawi yang berakhir pada 27 Sebelum Masehi.

Bahasa Latin memiliki beberapa tingkatan, seperti bahasa Latin Klasik (digunakan kaum terpelajar), hingga bahasa Latin Vulgar (digunakan kaum rakyat biasa).

Bahasa Latin Klasik biasanya digunakan oleh para penyair, sejarawan, dan orator. Sementara bahasa Latin Vulgar inilah yang menjadi tonggak awal berkembangnya bahasa Romawi modern.

Meski bahasa Latin telah dianggap mati, namun banyak siswa di seluruh dunia yang masih mempelajari bahasa tersebut.

Baca Juga: 5 Hidangan Klasik ala Italia yang Cerminkan Sejarah dan Budaya Negaranya

Bahasa Farsi – 522 SM (sekitar 2.500 tahun yang lalu)

Bahasa Farsi adalah bahasa keturunan langsung dari bahasa Persia Kuno yang merupakan bahasa tertua di dunia. Bahasa ini pertama kali ditemukan pada 522 Sebelum Masehi atau sekitar 2.500 tahun yang lalu.

Terdapat sekitar 70 juta penutur asli bahasa Farsi yang tersebar di Iran, Afghanistan, Azerbaijan, Irak Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, hingga Uzbekistan.

Bahasa Tamil – 300 SM (2.300 tahun yang lalu)

Menempati urutan kedelapan, Bahasa Tamil menjadi bahasa tertua di dunia yang hingga saat ini masih sering digunakan oleh lebih dari 78 juta orang di Srilanka, Singapura, serta jadi salah satu bahasa resmi India.

Baca Juga: Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Terfavorit di Ubud Bali yang Wajib Anda Kunjungi

Bahasa Tamil telah ada sejak tahun 300 Sebelum Masehi atau sekitar 2.300 tahun yang lalu. Bahasa ini adalah bagian dari keluarga Dravida yang terdiri dari beberapa bahasa asli dari India bagian Selatan & Timur.

Melansir dari Holidify, salah satu bukti peninggalan bahasa Tamil adalah adanya prasasti dari abad ke-3 Sebelum Masehi yang berbahasa Tamil.

Itulah deretan bahasa tertua di dunia yang masih sering dipakai di kehidupan sehari-hari, maupun diteliti oleh para ahli.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News