Bugar

Ketahui 11 Cara Terbaik Mencegah Diabetes, Terapkan Sejak Sekarang!

Ketahui 11 Cara Terbaik Mencegah Diabetes, Terapkan Sejak Sekarang!

MOMSMONEY.ID - Diabetes merupakan salah satu penyakit kronis yang paling umum di seluruh dunia, namun banyak kasus diabetes tipe 2 dapat dicegah dengan langkah-langkah yang tepat. Bagaimana cara terbaik mencegah diabetes?

Melansir dari laman Healthline, berikut adalah beberapa cara terbaik mencegah diabetes dan bisa Anda terapkan dari sekarang:

1. Kurangi Asupan Karbohidrat

Mengurangi jumlah karbohidrat, terutama yang olahan, dapat membantu mencegah kenaikan kadar gula darah dan respons insulin yang berlebihan. Fokus pada makanan yang tinggi serat karena membantu mengurangi lonjakan gula darah.

Baca Juga: Ternyata Ini Penyebab Kaki Bengkak pada Penderita Diabetes

2. Berolahraga secara Teratur

Olahraga membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang memungkinkan sel Anda menggunakan gula darah dengan lebih efisien. Cobalah untuk mengintegrasikan kombinasi dari latihan aerobik dan kekuatan dalam rutinitas mingguan Anda.

3. Minum Banyak Air

Jadikan air sebagai minuman utama Anda untuk membantu mengelola kadar gula darah dan insulin serta mengurangi risiko diabetes.

4. Menurunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, menurunkan berat badan, bahkan sedikit saja, dapat mengurangi risiko diabetes. Fokus pada diet sehat dan olahraga teratur.

Baca Juga: Khasiat Air Kelapa untuk Diet, Intip Cara Konsumsinya!

5. Berhenti Merokok

Merokok terbukti meningkatkan risiko diabetes, sehingga berhenti merokok bisa memperbaiki kesehatan keseluruhan dan mengurangi risiko Anda.

6. Batasi Ukuran Porsi Anda

Mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil dapat mencegah lonjakan kadar gula darah dan insulin, serta membantu mengontrol berat badan.

7. Kurangi Waktu Duduk

Mengurangi perilaku malas gerak dan menghabiskan lebih sedikit waktu duduk dapat menurunkan risiko diabetes. Cobalah untuk berdiri atau berjalan sebentar setiap beberapa jam.

Baca Juga: Apakah Kuning Telur Bagus untuk Diet? Ini Faktanya

8. Makan Tinggi Serat

Diet tinggi serat, terutama serat larut, dapat membantu mengendalikan gula darah dan menurunkan risiko diabetes.

9. Optimalkan Asupan Vitamin D Anda

Mencukupi kebutuhan vitamin D dapat mendukung manajemen gula darah. Pertimbangkan untuk mengukur kadar vitamin D Anda dan berdiskusi dengan dokter tentang suplemen jika perlu.

10. Kurangi Asupan Makanan Olahan

Makanan olahan sering kali tinggi gula, lemak tidak sehat, dan kalori yang dapat meningkatkan risiko diabetes. Fokuslah pada makanan utuh yang lebih sehat.

Baca Juga: Seperti Apa Ciri-Ciri Depresi pada Pria? Yuk, Cek Selengkapnya di Sini

11. Minum Kopi atau Teh

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dan teh hijau secara teratur dapat membantu menurunkan risiko diabetes, berkat kandungan antioksidan dan polifenolnya.

Itulah beberapa cara terbaik mencegah diabetes dan dapat Anda coba terapkan mulai sekarang. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News