Bugar

10 Makanan Tidak Sehat untuk Tubuh Anda, Batasi atau Hindari Konsumsinya

10 Makanan Tidak Sehat untuk Tubuh Anda, Batasi atau Hindari Konsumsinya

MOMSMONEY.ID - Dalam upaya menjaga kesehatan, penting untuk memperhatikan apa yang kita masukkan ke dalam tubuh kita. Ternyata, beberapa makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari justru dapat berdampak negatif terhadap kesehatan. Apa saja sih daftar makanan tidak sehat untuk tubuh?

Bersumber dari Eat This dan Hello Sehat, di bawah ini adalah daftar makanan yang tidak sehat untuk tubuh dan sebaiknya Anda batasi atau hindari konsumsinya:

1. Keripik Kentang

Keripik kentang mengandung banyak natrium, sekitar 500 miligram per porsi, atau sepertiga dari asupan natrium harian yang disarankan oleh American Heart Association.

Sebuah studi dari New England Journal of Medicine menemukan bahwa keripik kentang berkontribusi lebih banyak pada penambahan berat badan dibandingkan dengan minuman manis dan beberapa jenis daging.

Baca Juga: Seberapa Efektif Konsumsi Granola untuk Diet? Yuk, Simak Ulasannya

2. Ayam Goreng

Meskipun ayam adalah sumber protein yang lebih sehat dibandingkan daging merah, menggorengnya dalam minyak panas dapat mengubahnya menjadi salah satu makanan yang paling tidak sehat.

Proses penggorengan menambah kandungan lemak, terutama lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Donat

Donat dibuat dari tepung putih, gula, dan sayuran yang kemudian digoreng. Ini berarti donat mengandung lemak trans yang meningkatkan kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Jika dikonsumsi jangka panjang, tentu donat dapat memberikan dampak negatif untuk tubuh Anda.

3. Fondant pada Kue

Fondant adalah campuran gula, gelatin, dan lemak nabati yang memberikan tekstur seperti playdough yang dapat dimakan. Akan tetapi, makanan ini mengandung bahan-bahan yang tidak baik kesehatan ginjal Anda. Jadi, batasi konsumsinya, ya.

4. Sup Kalengan

Meskipun terdengar sehat, sup kalengan sering kali mengandung tingkat natrium yang sangat tinggi. Konsumsi makanan ini berlebihan akan berdampak buruk pada tekanan darah dan kesehatan jantung.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Penyebab Gula Darah Tinggi, Tak Hanya yang Manis lho

5. Krimer Kopi Non-Susu

Krimer kopi non-susu biasanya terbuat dari minyak terhidrogenasi sebagian, atau lemak trans, yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke dengan meningkatkan kolesterol LDL.

6. Margarin

Konsumsi margarin dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner karena kandungan lemak trans yang tinggi. Lemak trans dalam margarin lebih tinggi tergantung pada kepadatannya.

7. Daging Olahan

Daging seperti sosis, bacon, kornet, dan nugget mengandung kadar garam dan lemak yang tinggi serta zat pengawet. Konsumsi berlebihan daging olahan dapat meningkatkan risiko hipertensi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Lebih baik menggantinya dengan daging segar seperti ayam atau sapi yang lebih sehat dan kaya akan protein serta nutrisi lainnya.

8. Jeroan

Meskipun bergizi jika dikonsumsi dalam jumlah terukur, jeroan mengandung tinggi kolesterol jahat dan purin yang berbahaya bila dikonsumsi berlebihan, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol tinggi, asam urat, atau penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Patut Waspada, Begini Gejala Gagal Ginjal yang Perlu Anda Ketahui

9. Kue Manis dan Biskuit

Kue dan biskuit sering kali dibuat dengan tepung olahan dan mengandung gula serta lemak jenuh yang tinggi. Sebagai alternatif, pilihlah camilan yang lebih sehat seperti kacang almond, edamame, buah-buahan, atau yoghurt rendah lemak.

10. Roti Tawar Putih

Roti tawar putih rendah vitamin dan mineral serta sering kali tinggi lemak dan gula, terutama bila dikonsumsi dengan selai atau topping lain yang tidak sehat. Pilihlah roti gandum utuh atau roti yang terbuat dari biji-bijian sebagai pengganti yang lebih bergizi.

Nah, itulah beberapa makanan tidak sehat untuk tubuh yang sebaiknya Anda batasi atau hindari konsumsinya secara berlebih. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News