Keluarga

4 Manfaat Minum Susu Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

4 Manfaat Minum Susu Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja?

MOMSMONEY.ID - Inilah 4 manfaat minum susu setiap hari untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh Anda lewatkan.

Susu (dan produk olahan susu secara umum) sering disalahkan atas banyak dampak kesehatan yang tidak diinginkan. Mungkin Anda pernah mendengar bahwa susu maupun olahannya dapat menyebabkan jerawat, meningkatkan peradangan, dan bahkan meningkatkan berat badan.

Faktanya, bagi orang-orang yang tidak intoleran terhadap laktosa atau alergi terhadap produk susu, penelitian tidak mendukung klaim tersebut. Justru, ada beberapa manfaat mengesankan yang bisa Anda dapatkan dengan meminum segelas susu setiap hari.

Simak dan catat, berikut 4 manfaat minum susu setiap hari untuk kesehatan tubuh yang tidak boleh Anda lewatkan sebagaimana dilansir dari EatingWell.

Baca Juga: Ini Cara Memilih Furnitur yang Tepat untuk Area Outdoor

1. Meningkatkan kesehatan tulang

Manfaat minum susu setiap hari untuk kesehatan tubuh yang pertama yaitu meningkatkan kesehatan tulang.

Selain sebagai sumber protein nabati yang baik, susu juga kaya akan kalsium dan vitamin D yang mana kedua nutrisi ini penting untuk kesehatan tulang. Kalsium adalah mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membangun dan menjaga kekuatan tulang. Sementara itu, vitamin D mampu membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan yang kita makan.

Karena susu merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik, maka Anda patut minum susu setiap hari guna menjaga kesehatan tulang sepanjang hidup.

2. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat minum susu setiap hari untuk kesehatan tubuh yang kedua yaitu menurunkan risiko diabetes.

Minum susu setiap hari dapat membantu menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2. Satu analisis dari 22 penelitian (yang melibatkan hampir 600.000 orang) menemukan bahwa total konsumsi susu berbanding terbalik dengan risiko diabetes. Ini artinya semakin sering orang mengonsumsi susu, maka semakin kecil kemungkinan mereka terkena penyakit diabetes.

Penelitian lain menemukan bahwa mengganti konsumsi minuman manis dengan susu juga dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Baca Juga: Ini 5 Warna Cat Dinding yang Cocok untuk Ruangan Apapun

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat minum susu setiap hari untuk kesehatan tubuh yang ketiga yaitu menjaga kesehatan jantung.

Beberapa penelitian menemukan bahwa produk susu mampu menurunkan risiko stroke, penyakit kardiovaskular, dan hipertensi. Kemungkinan, manfaat ini disebabkan oleh kandungan kalium dalam susu. Sementara itu, penelitian lain menemukan bahwa produk susu dikaitkan dengan risiko stroke lebih tinggi yang sebagian besar disebabkan oleh kandungan lemak jenuhnya.

Di sisi lain, banyak penelitian menemukan bahwa konsumsi susu dan penyakit jantung sama sekali tidak berhubungan. Dan, sebagian besar penelitian terbaru menemukan bahwa susu memiliki sedikit manfaat atau efek netral pada kesehatan jantung. Jadi, seperti halnya makanan lain, jika Anda menyukai susu maka nikmatilah dalam jumlah sedang.

4. Mengurangi risiko penurunan kognitif

Manfaat minum susu setiap hari untuk kesehatan tubuh yang keempat yaitu mengurangi risiko penurunan kognitif.

Profil nutrisi susu yang mengesankan bisa jadi merupakan alasan mengapa susu dapat membantu Anda tetap lebih tajam secara mental seiring bertambahnya usia. Tinjauan studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Nutrition & Metabolism menemukan bahwa asupan susu dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit Alzheimer.

Studi lain yang diterbitkan pada tahun 2020 dalam jurnal Nutrients menemukan bahwa susu skim, susu fermentasi, dan buttermilk dikaitkan dengan fungsi eksekutif yang lebih baik. Jadi, menambahkan sedikit susu ke dalam sarapan pagi Anda atau sebagai camilan dapat membantu meningkatkan kesehatan otak.

Para peneliti berhipotesis bahwa salah satu alasan susu dapat mendukung proses penuaan yang sehat adalah nutrisi yang diberikannya. Susu merupakan sumber kalsium, protein, dan vitamin B12 yang baik. Adapun semuanya merupakan nutrisi penting bagi orang dewasa yang lebih tua.

Demikian 4 manfaat minum susu setiap hari untuk kesehatan tubuh. Jika Anda tidak intoleran laktosa atau alergi terhadap susu, maka tidak apa-apa untuk menikmati segelas susu setiap hari guna memperoleh keempat manfaat di atas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News