M O M S M O N E Y I D
BisnisYuk

Zoho Perkenalkan Zoho CRM for Everyone, Bantu Kerja Tim Penjualan Perusahaan

Zoho Perkenalkan Zoho CRM for Everyone, Bantu Kerja Tim Penjualan Perusahaan
Reporter: Danielisa Putriadita  |  Editor: Danielisa Putriadita


MOMSMONEY.ID - Zoho Corporation, perusahaan teknologi global memperkenalkan Zoho CRM for Everyone untuk pertama kalinya di Asia Tenggara pada konferensi pengguna Zoho, Zoholics, di Manila. 

Ini merupakan pembaruan fitur dari software CRM Zoho yang meliputi serangkaian kemampuan baru yang bertujuan untuk mendemokratisasi CRM bagi semua tim yang terlibat dalam aktivitas operasi pelanggan.

Zoho CRM for Everyone memungkinkan tim penjualan, yang merupakan tim yang berhubungan langsung dengan pelanggan, untuk berkomunikasi dan berkoordinasi dari satu tempat mengenai progres suatu pelanggan, seperti produk/layanan yang dibutuhkan, manajemen kontrak, pemberdayaan penjualan, orientasi pelanggan, dan advokasi.

Berbagai kemampuan ini akan meningkatkan visibilitas bagi setiap pemangku kepentingan dalam perjalanan pelanggan, mengurangi kesenjangan dalam koordinasi, menghemat waktu penyelesaian, serta meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan.

“Secara tradisional, sistem CRM dibangun oleh ahli TI dan dibangun untuk alur kerja penjualan,” ujar Gibu Mathew, VP dan GM Zoho Asia-Pasifik dalam keterangan tertulis. 

Gibu juga mengamati selama bertahun-tahun, software CRM telah mengumpulkan konteks pelanggan dalam jumlah besar, tetapi akses ke CRM dibatasi secara ketat sehingga menimbulkan banyak sekat. Tim pun dipaksa untuk beroperasi di wilayah mereka sendiri dengan informasi terbatas. Hal ini pada dasarnya bertolak belakang dengan konsep customer experience masa kini. 

"Zoho CRM for Everyone hadir mendobrak sekat-sekat informasi tersebut, menyatukan semua tim operasi pelanggan ke dalam CRM guna menghadirkan customer experience yang lebih baik,” kata Gibu. 
 
Strategi software CRM modern membutuhkan kolaborasi dan visibilitas di seluruh perusahaan untuk meningkatkan pendapatan. Visi Zoho untuk CRM for Everyone memungkinkan bisnis untuk menyelaraskan dengan strategi penjualan dan keterlibatan kontemporer dengan memperluas konsep CRM yang sudah ketinggalan zaman, yang berupa catatan atau basis data. 

Zoho CRM kini diposisikan sebagai inti dari proyek yang berfokus pada pendapatan, mendorong kolaborasi yang terhubung dan pendekatan manajemen proyek untuk operasi. Pendekatan ini memungkinkan tindakan lintas fungsi yang membangun hubungan pelanggan yang langgeng, sehingga pada akhirnya meningkatkan interaksi pelanggan yang lebih menguntungkan. 

Gibu mengatakan tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR 2024-2028) di kawasan Asia-Pasifik diperkirakan sebesar 14,08% dalam pembelanjaan CRM, yang menghasilkan volume pasar sebesar US$ 25,24 miliar pada tahun 2028. Di mana angka ini lebih tinggi dari tingkat rata-rata 10% yang terlihat di kawasan lain. 

Ketika perusahaan berinvestasi dalam software CRM, penting bagi perusahaan untuk mempertimbangkan apakah solusi yang dipilih mampu ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan bisnis serta memberikan manfaat di seluruh organisasi.

Baca Juga: Zoho Berkolaborasi dengan ITS Surabaya Mengintegrasikan Modul LCNC
 
Zoho CRM For Everyone juga memungkinkan Account Manager, misalnya, untuk melibatkan tim teknis guna mengoordinasikan demo produk bagi pelanggan. Seorang spesialis produk dapat memberikan dan melacak orientasi langkah demi langkah untuk setiap pelanggan. Seorang dari tim marketing dapat melakukan win-loss analysis untuk transaksi tertentu. 

Seorang Community Specialist, misalnya, juga dapat mengelola keterlibatan advokasi seperti studi kasus. Semua aktivitas yang berbeda ini dapat dikelola dalam Zoho CRM dengan konteks pelanggan yang mendalam dan visibilitas lintas fungsi. Mereka semua mungkin menggunakan aplikasi yang berbeda untuk pekerjaan mendalam tetapi sekarang dapat disatukan dalam CRM untuk mengelola tanggung jawab bersama bagi pelanggan.
 
Untuk mewujudkan hal ini, kemampuan dasar berikut telah disatukan dalam Zoho CRM:
 
Modul Tim
Tim bisnis dapat membuat modul data tingkat tim mereka sendiri (selain modul tingkat organisasi) di bawah pengawasan tim TI. Modul Tim dapat memiliki bidang, izin, otomatisasi alur kerja, dan kustomisasi lain yang khusus untuk setiap tim. Modul-modul ini ditempatkan dalam ruang khusus untuk setiap tim. Dengan bersama-sama berkontribusi, hal ini membantu menyatukan semua proses yang berhadapan langsung dengan pelanggan ke dalam satu platform yang diperkaya dengan informasi pelanggan yang lengkap.
 
Fitur Pemohon
Bila seorang anggota tim membutuhkan hasil kerja dari, atau kontribusi dari, seorang kolega dari tim lain, mereka cukup mengajukan permintaan di modul tim yang sesuai. Pemohon tersebut dapat melacak status permintaan mereka sendiri, sehingga menghilangkan dugaan apa pun yang terlibat dalam kerja kolaboratif.
 
Pengalaman Pengguna yang Diperbarui

Untuk memungkinkan perubahan mendasar dalam penggunaan ini, interface Zoho CRM telah didesain ulang untuk kemudahan penggunaan yang lebih baik di seluruh peran dan fungsi. Tim dapat mengatur data mereka dalam modul-modul dan menempatkan modul tersebut dalam Team Spaces. Pengguna dapat beralih di antara keduanya dengan cepat dan mengadopsi pengalaman teknologi no-code or low-code untuk mengelola alur kerja mereka tanpa keterampilan TI yang mendalam. Dalam rilis terbaru ini, Zoho CRM juga membuat kemajuan besar dalam hal aksesibilitas dengan kemampuan yang mencakup area seperti data, aktivitas motorik (kemampuan gerak), dan interaksi.
 
Zoho CRM for Everyone tidak hanya membuka akses CRM lintas fungsi, tetapi juga memberdayakan setiap tim untuk mengelola alur kerja mereka sendiri secara mandiri dalam kerangka kerja TI perusahaan. Ini adalah demokratisasi pertama yang sebenarnya dari paradigma CRM. Selama beberapa minggu kedepan, Zoho akan menambahkan lebih banyak fitur ke Zoho CRM for Everyone yang menjadikan CRM sebagai inti dari semua operasi pelanggan dan memungkinkan gelombang transformasi pengalaman pelanggan.
 
Harga dan Ketersediaan

Akses awal Zoho CRM for Everyone tersedia berdasarkan permintaan bagi pelanggan Zoho di seluruh dunia. Zoho akan merilis fitur-fitur tambahan pada CRM for Everyone selama beberapa minggu selama fase akses awal.

Janji Privasi Zoho 
Zoho menghormati privasi pengguna dan tidak memiliki model pendapatan iklan di bagian mana pun dari bisnisnya, termasuk produk gratisnya. Perusahaan memiliki dan mengoperasikan pusat datanya, memastikan pengawasan menyeluruh atas data pelanggan, privasi, dan keamanan. Lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia, di ratusan ribu perusahaan, mengandalkan Zoho setiap hari untuk menjalankan bisnis mereka, termasuk Zoho sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

TERBARU

Promo Indomaret Super Hemat 18-24 Desember 2025, Kebutuhan Dapur Diskon sampai 45%

Promo Indomaret Super Hemat Periode 11-24 Desember 2025 hadir. Manfaatkan untuk belanja kebutuhan dapur hingga susu anak.

Promo Alfamart Personal Care Fair 16-31 Desember 2025, Aneka Parfum Diskon hingga 45%

Promo Alfamart Personal Care Fair menawarkan Diskon s/d 45% untuk pembelian berbagai produk perawatan wajah dan tubuh.

Rekomendasi HP Harga Rp 1 Jutaan Bawa RAM 8GB yang Luas, Intip Informasinya di Sini

HP murah harga Rp 1 jutaan membawa penyimpanan dan RAM 8GB yang luas. Gadget-gadget ini mumpuni untuk streaming video.

Hari Terakhir Promo Yoshinoya 12.12 Kesamber Dealsember, Beli 1 Gratis 2 Cuma Rp 79K

Promo Yoshinoya Kesamber Dealsember telah memasuki hari terakhir. Nikmati penawaran beli 1 gratis 2 yang lebih hemat hanya Rp 79.000.

Tablet Murah dari Motorola Moto Pad 60 Neo Siap Temani Streaming Tahun Baru

Tablet murah Moto Pad 60 Neo bersaing dengan tablet keluaran terbaru, Redmi Pad 2. Keduanya bawa layar 2.5K, empat speaker & software responsif. ​

Promo Alfamart Beli 1 Gratis 1 Hanya Sehari 18 Desember 2025, Ada Es Krim-Mainan

Manfaatkan Promo Alfamart Beli 1 Gratis 1 Periode 18 Desember 2025 untuk belanja lebih untung. Cek di sini.

Rekomendasi Tablet Terbaik 2025 dengan Banyak Kelebihan, Ada Xiaomi Pad 7 & iPad Pro

Tablet terbaik 2025 selalu menyimpan pembaruan yang menawan. Mereka membawa desain terbaru, layar luas, kamera jernih dan prosesor super kencang.

Promo Trans Snow World Bekasi & Serpong sampai 19 Desember, Beli 2 Tiket Lebih Hemat

Trans Snow World Bekasi dan Serpong hadirkan promo sampai 19 Desember 2025. Pembelian 2 tiket hanya Rp 90.000 per orang.

Wisata Labuan Bajo ke Depan, Tak Sekadar Indah tapi Juga Berkelanjutan

​Labuan Bajo berbenah menyambut pertumbuhan wisata, dengan konsep pembangunan yang menjaga alam pesisir sekaligus mendorong ekonomi masyarakat.

Melonjak Tinggi, Cek Harga Emas Antam Hari Ini Kamis 18 Desember 2025

Harga emas Antam hari ini ukuran 1 gram dibanderol Rp 2.487.000 Kamis (18/12/2025), naik Rp 17.000 dibanding harga Rabu (17/12/2025).