Keluarga

Yuk Simak! Ini Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula

Yuk Simak! Ini Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Tanpa Gula

MOMSMONEY.ID - Ternyata minum kopi hitam tanpa gula punya banyak manfaat lo!

Melansir Prodia Digital, orang dewasa disarankan mengonsumsi kafein tidak lebih dari 400mg per hari. Nah dalam satu cangkir atau 235 ml kopi hitam memiliki 96mg kafein per hari. 

Artinya Anda tidak boleh mengonsumsi kopi lebih dari 4 gelas per hari. Namun cara terbaik meminum kopi adalah tidak menggunakan gula. 

Baca Juga: Berat Badan Naik? Bisa Jadi Kurang Serat! Ini 5 Tanda Tubuh Kekurangan Serat 

Lalu apa manfaat minum kopi hitam tanpa gula? 
Bisa menurunkan berat badan
Menurut jurnal Critical Reviews in Food Science and Nutrition bisa mengurangi berat badan, indeks massa tubuh dan massa lemak pada tubuh. 

Kafein bisa meningkatkan pengeluaran energi sekaligus meningkatkan termogenesis. Ini yang membuat kafein bisa membuat tubuh lebih banyak membakar kalori. 

Meningkatkan kinerja fisik
Manfaat lain minum kopi hitam tanpa gula adalah bisa meningkatkan kinerja fisik Anda. Secara khusus saat melakukan aktivitas intens seperti olahraga. 

Efek ini bisa Anda rasakan jika mengonsumsi minimal 3-6 mg kafein per kg berat badan tubuh. Jadi jika Anda memiliki berat badan 65kg Anda membutuhkan 195-390 mg kafein. 

Membantu meningkatkan daya ingat
Meminum kopi dipercaya bisa meningkatkan daya ingat. Termasuk daya ingat jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu orang yang mengonsumsi kopi juga memiliki reaksi yang lebih cepat dan signifikan. Ini berarti mereka lebih cepat dalam memproses informasi dan merespon engan lebih cepat. 
Baca Juga: Daftar 25 Dessert Terbaik di Dunia versi Taste Atlas, Pisang Goreng Kalahkan Brownies 

Berpotensi mengurangi risiko penyakit jantung
Studi lain dalam jurnal Progress in Cardiovascular Disease mengkonfirmasi manfaat mengonsumsi kopi dalam pencegahan penyakit kronis. Minum kopi dapat mengurangi kematian akibat penjakit jantung. Termasuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner, gagal jantung dan stroke. 

Meningkatkan kesehatan liver
Manfaat terakhir dari minum kopi hitam tanpa gula juga bisa menjaga kesehatan liver. Dalam sebuah penelitian, orang yang memiliki kebiasaan minum kopi hitam tanpa gula memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit hati berlemak non alkohol. 

Itu tadi 5 manfaat minum kopi hitam tanpa gula. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News