Keluarga

Daftar 25 Dessert Terbaik di Dunia versi Taste Atlas, Pisang Goreng Kalahkan Brownies

Daftar 25 Dessert Terbaik di Dunia versi Taste Atlas, Pisang Goreng Kalahkan Brownies

MOMSMONEY.ID - Pisang goreng dari Indonesia menjadi salah satu dessert terbaik di dunia di tahun 2023 ini, berdasarkan review Taste Atlas.

Taste Atlas menghadirkan review mengenai menu dessert terbaik di dunia, yang dapat diisi oleh audiens Taste Atlas yang terdiri atas para kritikus makanan hingga komunitas pecinta makanan di seluruh dunia.

Ditutup pada 30 Oktober 2023, tercatat sebanyak 75.283 peringkat, di mana 55.308 di antaranya diakui sebagai suara yang sah tanpa adanya bot maupun pengguna baru yang tak berpengalaman.

Baca Juga: Rekor 5 Besar Saus Cabai Terpedas di Dunia, Ada yang Mencapai 16 Juta SHU!

Taste Atlas sendiri, menurut Envols.com merupakan situs referensi kuliner yang mengenalkan berbagai macam kuliner tradisional-modern dari seluruh dunia.

Berdasarkan review Taste Atlas, Crepes dari Prancis keluar sebagai peringkat 1 terbaik dalam kategori dessert terbaik di dunia tahun 2023.

Menu Dessert Terbaik di Dunia 2023 versi Taste Atlas: Crepes dari Prancis

Crepes, si panekuk tipis ini nyatanya sangat dicintai oleh para kritikus makanan di seluruh dunia. Makanan yang terbuat dari tepung terigu, susu, dan telur ini dapat dikreasikan menjadi hidangan manis maupun gurih.

Baca Juga: 6 Minuman Paling Menjijikkan di Dunia, Ada yang Terbuat dari Urin Sapi

Di peringkat ke-2, terdapat dessert Bombocado dari Brazil. Bombocado merupakan bolu manis yang memadukan manisnya gula dan kental manis dengan gurihnya santan, kelapa parut, hingga telur.

Selanjutnya ada dessert ala Peru, yakni Queso Helado, yang dinobatkan sebagai peringkat ke-3 dessert terbaik di dunia tahun 2023.

Menu Dessert Terbaik di Dunia 2023 versi Taste Atlas: Queso helado dari Peru

Bagi yang masih asing dengan dessert asal Peru ini, Queso helado adalah menu ice cream tradisional yang dibuat dari susu, vanilla, kayu manis, dan gula. Rasanya cukup unik karena memadukan manis dengan pedas khas budaya Peru.

Baca Juga: 5 Jenis Sosis Jerman Paling Ikonik dan Terkenal di Dunia, Wajib Coba Semua

Berturut-turut di peringkat ke-4 sampai ke-10 ditempati oleh Tiramisu dari Italia, Crème Brulee dari Prancis, Dondurma dari Turki, Alfajores dari Argentina, Dulce de leche dari Argentina, Chocolate Souffle dari Prancis, dan ditutup oleh Sernik dari Polandia.

Menu Dessert Terbaik di Dunia 2023 versi Taste Atlas: Pisang Goreng dari Indonesia

Sementara itu, satu-satunya menu dessert asal Indonesia yang masuk ke dalam peringkat 100 besar dessert terbaik di dunia tahun 2023 ialah Pisang Goreng.

Pisang Goreng menempati urutan ke-40 dan mengalahkan Gelato al Pistacchio dari Italia yang menempati urutan ke-42, Brownies dari Amerika di urutan ke-52. serta Mango Sticky Rice asal Thailand yang menempati urutan ke-78.

Baca Juga: Teh Herbal-Matcha, Ini Jumlah Kafein dalam Berbagai Jenis Teh

Menu Dessert Terbaik di Dunia 2023 versi Taste Atlas: Gellato al Pistacchio dari Italia

Adapun menu Cendol pada urutan ke-46 yang disebut Taste Atlas sebagai dessert tradisional khas Asia Tenggara yang hadir di Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

Cendol yang dikategorikan Taste Atlas pada urutan ini ialah seluruh jenis & variasi cendol yang tersebar di Asia Tenggara. Namun disebutkan pula bahwa cendol diyakini meniru hidangan dessert asal Pulau Jawa, yakni Dawet.

Baca Juga: 8 Sambal Nusantara yang Cocok Jadi Teman Makan Ayam-Ikan Goreng

Peringkat 1-25 Menu Dessert Terbaik di Dunia 2023 versi Taste Atlas

Berikut deretan menu dessert terbaik di dunia tahun 2023 versi Taste Atlas yang dilansir melalui Envols.com:

  1. Crepes (Prancis)
  2. Bombocado (Brazil)
  3. Queso helado (Peru)
  4. Tiramisu (Italy)
  5. Crème brûlée (Prancis)
  6. Dondurma (Turki)
  7. Alfajores (Argentina)
  8. Dulce de leche (Argentina)
  9. Chocolate soufflé (Prancis)
  10. Sernik (Polandia)
  11. Kaiserschmarrn (Austria)
  12. Medovik (Russia)
  13. Szarlotka (Polandia)
  14. Syrniki (Russia)
  15. Kladdkaka (Swedia)
  16. Frozen Custard (Amerika)
  17. Malasadas (Azores, Portugal)
  18. Gaziantep baklavası (Turki)
  19. Tinginys (Lithuania)
  20. Kohuke (Estonia)
  21. Pave (Brazil)
  22. Higashi (Jepang)
  23. Valassky frgal (Republik Ceko)
  24. Petticoat Tails (Skotlandia)
  25. Carlota de limon (Meksiko)

Baca Juga: 6 Buah Unik dari Korea Selatan, Punya Bentuk dan Warna yang Khas

Namun, Taste Atlas menegaskan bahwa list peringkat ini tujuannya untuk mempromosikan makanan lokal yang unggul, menanamkan kecintaan orang terhadap hidangan tradisional, dan membangkitkan rasa ingin tahu pada makanan yang belum pernah dicoba.

Itulah daftar menu dessert terbaik di dunia tahun 2023. Adakah menu dessert lainnya dalam list di atas yang ingin Anda coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News