Santai

Yuk, Rawat Payudara dengan Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Tetap Sehat

Yuk, Rawat Payudara dengan Rutin Konsumsi 5 Makanan Ini Agar Tetap Sehat

MOMSMONEY.ID -  Jika ingin merawat kesehatan payudara, mulailah dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan ini.

Tak cukup hanya indah, payudara pun harus sehat. Payudara yang sehat tidak memiliki benjolan, tidak terasa sakit, tidak mengeluarkan cairan, dan tidak mengalami perubahan kulit.

Untuk menunjang kesehatan payudara, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu dan mengonsumsi secara rutin agar bisa merasakan manfaatnya.  

Dilansir dari Eating Well dan Nutrition Insight, ada beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara, antara lain:  

Baca Juga: Apa Itu Olahraga Crossfit? Ternyata Ini lo 4 Manfaat Crossfit bagi Kesehatan

Kedelai

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara pertama adalah kedelai. Rutin mengonsumsi kedelai atau olahannya dapat menurunkan risiko pembengkakan payudara akibat PMS.

Kedelai juga bisa menurunkan efek samping akibat menopause. Makanan untuk payudara sehat ini juga dapat mencegah kambuhannya sel kanker pasca pengobatan.

Brokoli  

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara lainnya adalah brokoli. Mengonsumsi sayuran hijau sangat disarankan untuk menurunkan risiko kanker.

Dan, salah satu yang terbaik adalah brokoli. Sebab jenis sayuran yang satu ini memiliki kandungan sulforaphane yang bisa berperan dalam mengurangi jumlah sel induk kanker payudara.  

Baca Juga: 4 Manfaat Squat buat Tubuh Menurut Penelitian, Bisa Bakar Lebih Banyak Kalori

Seledri

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara selanjutnya adalah seledri. Mengutip Eating Well, peneliti menemukan bahwa seledri dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Peran zat apigenin dalam daun seledri disebut mampu meningkatkan pertahanan tubuh terhadap serangan tumor.

Labu

Makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara berikutnya adalah labu. Labu mengandung tinggi beta karoten yang dapat mencegah pembengkakan payudara akibat pengaruh hormon.

Selain labu, ubi juga mengandung tinggi beta karoten yang baik untuk menunjang kesehatan payudara.

Kopi

Bukan hanya makanan, ada juga minuman yang dinilai baik untuk kesehatan payudara. Rajin menyeruput secangkir kopi ternyata bisa membantu menurunkan risiko seseorang terkena kanker payudara.

Para peneliti menyebut kopi memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari sel kanker.  

Itulah beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara. Selain itu, Anda juga dapat menunjang kesehatan payudara dengan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News