Santai

Apa Itu Olahraga Crossfit? Ternyata Ini lo 4 Manfaat Crossfit bagi Kesehatan

Apa Itu Olahraga Crossfit? Ternyata Ini lo 4 Manfaat Crossfit bagi Kesehatan

MOMSMONEY.ID - Menjadi salah satu olahraga yang tengah banyak digandrungi, apa, sih, manfaat crossfit untuk tubuh dan kesehatan?

Bagi yang mengikuti tren kebugaran tentu sudah tak asing dengan olahraga crossfit.

Latihan crossfit didasarkan pada beragam gerakan intensitas tinggi seperti squat, angkat beban, lari, lompat, dan banyak lagi lainnya.

Meski crossfit berfokus pada latihan seluruh tubuh yang intens, latihan ini juga memberikan beragam manfaat kesehatan dan kebugaran. Ini beberapa di antaranya:

Baca Juga: 5 Film Tentang Lari Maraton Ini Bisa Tambah Motivasi Lari Lo

Memperbaiki kelincahan tubuh

Sebenarnya bukan hanya kelincahan yang bisa ditingkatkan dengan mengikuti latihan crossfit, keseimbangan dan fleksibilitas tubuh pun bisa meningkat juga.

Dalam latihannya, crossfit banyak berfokus pada gerakan yang dilakukan sehari-hari, seperti jongkok dan gerakan lainnya. Gerakan fungsional, seperti squat, ayunan kettlebell, atau overhead press, dapat membantu meningkatkan kelincahan, keseimbangan, dan fleksibilitas seiring bertambahnya usia.

Membakar kalori

Jika punya tujuan untuk membakar kalori dan menjaga berat badan, coba lakukan latihan crossfit secara teratur. Latihan crossfit dapat membakar lebih banyak kalori dibandingkan latihan lainnya.

Mengutip Health Line, rata-rata, pria dengan berat 195 pon atau wanita dengan berat 165 pon akan membakar masing-masing 15 hingga 18 kalori per menit dan 13 hingga 15 kalori per menit, selama sirkuit crossfit.

Baca Juga: Gampang, Ini 4 Cara Atasi Wajah Bengkak Saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Meningkatkan kesehatan fisik

Dengan banyaknya gerakan dengan intensitas tinggi yang dilakukan pada latihan crossfit, tentu ada manfaat nyata bagi kesehatan fisik pelaku olahraga ini.

Latihan dengan intensitas tinggi seperti crossfit tak hanya efektif untuk menurunkan berat badan saja, tapi juga memperbaiki kesehatan metabolisme dan meningkatkan kebugaran dan kekuatan fungsional secara keseluruhan.

Penelitian pada laman Very Well Fit menyatakan, latihan atletik seperti crossfit dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan keseimbangan tubuh.

Bisa dilakukan pemula

Tak perlu ciut terlebih dahulu untuk melakukan latihan crossfit jika Anda pemula. Crossfit adalah latihan yang bisa dimodifikasi dalam berbagai tingkatan.

Tentu saja, jika Anda pemula, pelatih akan memberikan latihan crossfit yang sesuai dengan kemampuan Anda. Sebab, secara filosofi crossfit adalah latihan yang dimulai dari gerakan lebih sederhana hingga yang lebih sulit.

Jadi pastikan Anda juga mengikuti ritme latihan crossfit sesuai dengan arahan pelatih, ya.

Itulah tadi beberapa manfaat latihan crossfit buat kesehatan dan kebugaran tubuh. Anda tertarik mencoba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News