Keluarga

Yuk Lihat Perkembangan Bayi Anda yang Sudah Berusia 3 Bulan!

Yuk Lihat Perkembangan Bayi Anda yang Sudah Berusia 3 Bulan!

MOMSMONEY.ID - Bayi Anda yang kini berusia 3 bulan telah resmi meninggalkan fase newborn. Lalu bayi berusia 3 bulan sudah bisa apa saja ya?

Saat ini bayi Anda yang sudah meninggalkan fase newborn, dan memasuki usia 3 bulan akan memiliki keterampilan baru. Pada fase ini jangan berharap bayi Anda bisa mengambil apapun dengan presisi. Mereka akan membuka tangan dan sedikit menyentuh mainan gantungnya. 

Baca Juga: 5 Resep Salad Sayur untuk Diet yang Enak dan Mudah Dibuat, Coba yuk!

Melansir Baby Center, berikut beberapa perkembangan yang mungkin sudah bisa dilakukan oleh bayi Anda!

Mengatur tangannya
Bayi Anda yang berusia 3 bulan mulai bisa menggunakan tangan mereka untuk mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan. Bayi Anda akan mulai meraih benda dan menggesek untuk mencoba meraihnya.

Bayi Anda juga sudah mulai bisa mengenggam mainan dan mengguncangnya. Mereka akan cenderung membawa mainannya ke mulut mereka. 

Meningkatkan koordinasi tangan dan mata
Semua peningkatan kemampuan tangan bayi Anda itu diebabkan oleh peningkatan koordinasi tangan-mata bayi. Ini artinya bahwa mereka bisa mengatur gerakan tangan mereka dengan sesuatu yang mereka lihat. 

Baca Juga: Hokben Promo Rezeki Saldo 50% hingga 31 Juli 2024 Pakai Bank Aladin

Mengangkat kepala dan dada
Ini mirip dengan gerakan push-up yang belum sempurna. Tapi bayi Anda bisa mengangkat kepala dan dada mereka selama tummy time dan menopang tubuh bagian atas mereka dengan lengan. Kepala bayi Anda juga akan terlihat lebih stabil.

Kekuatan kaki
Seiring dengan mengencangkan otot-otot tubuh, bayi Anda mendapatkan beberapa kekuatan kaki. Mereka sudah bisa benar-benar meregangkan dan menendang kaki mereka ketika tengkurap ataupun terlentang. Mereka juga bsudah mulai bisa menapakkan kaki saat Anda memegangnya dalam posisi berdiri.

Tersenyum & Tertawa
Jika Anda menunggu kapan bayi Anda bisa diajak bercanda, beruntung kemampuan ini sudah bisa Anda lihat di usianya yang 3 bulan. Mereka jadi lebih interaktif, bisa tersenyum saat melihat orang lain. bahkan mereka bisa mulai tertawa kencang.

Baca Juga: Beli Pizza Limo dari PHD, Ada Promo Menarik Bagi yang Menggunakan Indodana Paylater

Mengoceh
Jika saat baru lahir bayi Anda mengeluarkan suara lembut, di usi 3 bulan bayi Anda bisa berbicara lebih canggih. Anda akan mulai mendengar mereka mengoceh seperti ‘muh-muh’, ‘bah-bah’. 

Lebih menyadari keberadaan Anda
Bayi yang berusia 3 bulan sudah bisa mengenali siapa saja orang-orang terdekatnya dan mengenal benda-benda. Anak Anda akan tersenyum, berbalik melihat Anda dan mengikuti benda bergerak di usia ini. 

Berguling
Menjelang akhir usia 3 bulannya, bayi Anda akan mencoba berguling. Namun bayi baru benar-benar menguasai keterampilan ini saat usianya sekitar 5 bulan.

Tahap perkembangan di atas bisa berbeda pada setiap bayi. Maka alangkah baiknya untuk berkonsultasi dengan doketr anak atau dokter tumbuh kembang Anda apabila ada kekhawatiran keterlambatan perkembangan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News