Bugar

Yuk Jaga Kesehatan Otak, Ini Tips Menghilangkan Perasaan Burn Out

Yuk Jaga Kesehatan Otak, Ini Tips Menghilangkan Perasaan Burn Out

MOMSMONEY.ID - Memasuki hari Senin lagi, sudah pasti akan menguras otak untuk bekerja alias burn out. Berikut ini tips menghilangkan perasaan burn out Anda.

Burn out merupkan situasi yang berhubungan dengan pekerjaan. Akan tetapi, sekarang burn out juga bisa dipicu urusan rumahtangga, hubungan, hingga self-development, bahkan bisa membuat jenuh dan burn out.

Untuk menyiasati kondisi ini, memanjakan diri atau self-reward kerap menjadi solusi cepat. Namun, memanjakan otak juga penting untuk Anda lakukan, lo.

Pasalnya, kesehatan otak dan kondisi mental seseorang memiliki hubungan yang saling berkesinambungan,. 

Coach Pris, CEO Stress Management Indonesia, memberikan beberapa tips untuk menjaga kesehatan otak dan hindari perasaan burn out. 

Baca Juga: Sebelum Membahagiakan Anak, Para Ibu Silakan Bahagiakan Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Pertama-tama, bisa dengan mencari kebahagian di sekitar. Sebelum larut dalam perasaan burn out yang sedang melanda, ada baiknya mencari kebahagiaan di sekitar. 

Bisa dimulai dengan melakukan hobi yang dulu membawa kebahagiaa. Atau, mungkin keluar rumah sejenak untuk berjalan kaki dan menghirup udara segar. 

Selanjutnya, bangun rutinitas untuk meditasi. Dengan meditasi, otak akan dilatih untuk beristirahat sehingga mampu membantu mengurangi stres dari rasa burn out. 

Di saat yang bersamaan, kegiatan ini juga dapat membantumu untuk melatih daya fokus serta pengolahan emosi. 

Caranya, cukup dengan meluangkan sepuluh menit setiap harinya, lama-kelamaan akan terbiasa bermeditasi. Setelah semakin pandai, perpanjanglah durasi meditasi agar otak semakin terlatih.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental dengan Anggaran Ramah Dikantong, Yuk

Kemudian, terapkan mindfulness dalam keseharian. Pada kenyataannya, salah satu penyebab perasaan burn out adalah situasi yang monoton. 

Hal tersebut bisa membuat jenuh sehingga hari-hari dijalani secara auto-pilot sehingga hari-hari dijalani secara terburu-buru dan tanpa istirahat. 

Untuk itu, tanamkan pola pikir mindful atau kesadaran penuh atas apa yang dirasakan, dilakukan, maupun keadaan yang sedang terjadi di sekitar. 

Melalui mindfulness, seseorang bisa belajar untuk fokus dengan apa yang ada di depan Anda sehingga pikiran pun terasa tenang.

Baca Juga: Yuk Lakukan Ini Sebelum Bulan Madu Supaya Bebas Stres!

Sebaiknya, terapkan juga pola pikir ini ketika memilih menu santapan harian. Karena bagaimanapun, asupan nutrisi yang baik akan menyehatkan otak juga.

Tips terakhir adalah gali potensi diri melalui refleksi nilai dan tujuan hidup. Saat mengalami burn out, kerap kali orang akan merasa kehilangan arah. 

Sehingga, inilah waktunya untuk berhenti sejenak dan melakukan refleksi diri tentang nilai dan tujuan hidup. Caranya, dengan mengeksplorasi hal-hal dan kegiatan yang digemari.

Selanjutnya: Rekomendasi Saham dari Bahana Sekuritas, Senin (9/10): BRPT, NCKL, MBMA, KEEN, SSIA

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News