Bugar

Jaga Kesehatan Mental dengan Anggaran Ramah Dikantong, Yuk

Jaga Kesehatan Mental dengan Anggaran Ramah Dikantong, Yuk

MOMSMONEY.ID -  Menjaga kesehatan mental adalah hal penting karena bisa mempengaruhi kesehatan fisik bahkan finansial jika diabaikan. Nah, coba terapkan solusi mengurangi stress tanpa membuat kantong bolong. 

Coach Pris, Founder Stress Management Indonesia mengatakan apabila seseorang tidak menjaga kesehatan mental dengan cara yang tepat, maka bisa menumpuk beban pikiran, mempercepat burnout, dan bahkan menambah beberapa masalah mental dan finansial.

"Maka dari itu, bila kondisi fisik dan mental kamu prima, kamu juga bisa menjaga dan mengelola keuanganmu dengan baik," kata Coach Pris dalam siaran pers yang diteriam Momsmoney pada Kamis (5/10).

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stress dan mencegah burnout serta depresi tanpa membuat kamu harus merogoh kantong begitu dalam.

Pertama, terapkan gaya hidup sehat. Menurut saran Coach pris, Anda bisa memulai untuk menjaga kesehatan mental dengan merawat diri sebaik mungkin.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Mental lewat Tanaman Hias yuk, Begini Caranya

Disarankan untuk tidur yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan minum air secukupnya. Olahraga juga bisa membantu Anda untuk lebih bugar dan fokus untuk menghadapi aktivitas lainnya.

Dengan menjaga diri lebih baik, pikiran juga menjadi lebih tenang. Selain itu, tubuh tubuh juga akan terasa lebih segar.

Kedua, bersosialisasi dan kembangkan rasa syukur. Semua masalah idak harus dihadapi dan dilakukan secara sendirian.

 

Apabila emosi menumpuk, atau kelelahan akibat overthinking, Anda bisa bercerita dan bersosialisasi dengan orang-orang terdekat.

 

Pasalnya,bantuan dan pengertian dari orang-orang yang dipercaya akan sangat berarti untuk kesehatan mental.

 

Selain itu, Anda juga bisa menumbuhkan rasa bersyukur yang lebih dalam agar lebih menikmati dan menghayati hidup.

 

Baca Juga: Kurangi Risiko Penyakit Jantung, 5 Manfaat Traveling untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

 

Ketiga, coba praktikan mindfullness dengan journaling. Journaling dapat digunakan untuk mendokumentasikan hal-hal yang membuat hidup lebih bermakna.

 

Selain itu, journaling dapat membantu meregulasi perasaan dan pikiranmu sehingga Anda bisa menghindari overthinking yang merupakan salah satu faktor burnout.

 

Keempat, mengurang stressor.  Sangat penting untuk mengurangi penyebab stress dan overthinking jika ingin menenangkan pikiran.

 

Bila merasa lelah dengan hidup, pekerjaan, dan urusan lainnya, coba untuk istirahat sejenak. Anda tidak harus bekerja 24/7 dan overthinking banyak hal.

 

Pekerjaan bisa menunggu setelah pikiran merasa lebih baik dan tidak seharusnya mengorbankan kesehatan mental untuk pekerjaan.

Baca Juga: Sedang Diet? Ini 4 Cara Mengendalikan Nafsu Makan yang Efektif

 

Kelima, menikmati hal-hal yang disukai. Semua orang pasti punya hobi yang mereka sukai.

 

Dengan menikmati hobi, Anda akan merasa lebih menikmati hidup. Jika masih bingung dengan hobi apa yang cocok, cara lain dengan emncoab beberapa aktivitas outdoor seperti yoga atau jalan-jalan di alam terbuka.

 

Selain itu, beberapa hobi bisa dilakukan di dalam rumah, seperti menonton film, melukis, dan masih banyak lainnya. 

 

Selamat mencoba.

Selanjutnya: 3 Film Baru yang Tayang Perdana di Bioskop, Kamis (5/10)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News