Bugar

4 Tips Pencegahan Kanker Serviks yang Wanita Perlu Tahu

4 Tips Pencegahan Kanker Serviks yang Wanita Perlu Tahu

MOMSMONEY.ID - Simak tips mencegah kanker serviks yang penting untuk para perempuan ketahui.

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering menyerang wanita di seluruh dunia. Namun, kabar baiknya adalah bahwa kanker serviks dapat dicegah.

Berikut adalah empat tips mencegah kanker serviks yang penting untuk wanita ketahui, bersumber dari Mayo Clinic:

1. Vaksinasi HPV

Human Papillomavirus (HPV) adalah penyebab utama kanker serviks. Vaksinasi HPV adalah langkah pencegahan utama yang efektif untuk mengurangi risiko terkena kanker serviks.

Vaksin ini direkomendasikan untuk anak perempuan dan remaja perempuan sebelum mereka mulai aktif secara seksual. Vaksinasi dapat melindungi dari jenis-jenis HPV yang paling sering menyebabkan kanker serviks.

Baca Juga: Inilah 10 Gejala Kanker Serviks serta Penyebab dan Faktor Risikonya

2. Skrining rutin (pap smear)

Pap smear adalah prosedur skrining untuk mendeteksi sel-sel prakanker di leher rahim. Wanita disarankan untuk mulai melakukan pap smear pada usia 21 tahun dan mengulanginya setiap tiga tahun.

Wanita berusia 30 tahun ke atas dapat memilih untuk melakukan pap smear setiap lima tahun jika dikombinasikan dengan tes HPV. Skrining rutin dapat membantu mendeteksi perubahan sel di leher rahim sebelum berkembang menjadi kanker.

3. Praktik seks aman

Infeksi HPV dapat ditularkan melalui kontak seksual. Oleh karena itu, praktik seks aman, seperti menggunakan kondom dan membatasi jumlah pasangan seksual, dapat mengurangi risiko terinfeksi HPV.

Meskipun kondom tidak dapat memberikan perlindungan 100% terhadap HPV, penggunaannya secara konsisten dapat mengurangi risiko penularan.

Baca Juga: Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal yang Bahaya dan Perlu Diwaspadai, Cek di Sini

4. Gaya hidup sehat

Menerapkan gaya hidup sehat dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker serviks. Beberapa langkah yang dapat diambil antara lain:

  • Berhenti merokok
  • Menjaga berat badan yang sehat
  • Mengonsumsi makanan bergizi
  • Berolahraga secara teratur

Itulah tips mencegah kanker serviks yang bisa Anda terapkan. Kanker serviks merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan langkah-langkah yang tepat. Dengan meningkatkan kesadaran dan akses terhadap pencegahan, diharapkan jumlah kasus kanker serviks dapat terus menurun.

Ingat, deteksi dini adalah salah satu faktor terpenting dalam memerangi kanker serviks. Jadi jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai skrining dan vaksinasi, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News