Bugar

Daftar Snack Sehat untuk Diet yang Layak Dicoba, Ada 17 Pilihan lo

Daftar Snack Sehat untuk Diet yang Layak Dicoba, Ada 17 Pilihan lo

MOMSMONEY.ID - Halo pejuang diet! Ketika Anda sedang diet menurunkan berat badan, bukan berarti Anda dilarang untuk makan snack. Sebab, ada sejumlah snack sehat untuk diet yang layak untuk Anda coba, lo.

MomsMoney sudah merangkumkan beberapa pilihan snack diet sehat untuk diet yang bisa Anda coba. Melansir dari laman Hello Sehat dan Dokter Sehat, inilah daftarnya:

1. Dark chocolate

Dark chocolate dikenal baik untuk kesehatan berkat kandungan antioksidannya seperti polifenol dan katekin. Sebuah studi menunjukkan bahwa dark chocolate bisa membantu mengendalikan nafsu makan, terutama saat diet.

Baca Juga: 15 Pilihan Makanan Rendah Kalori yang Bikin Kenyang, Cocok untuk Diet

2. Hummus

Hummus, yang terbuat dari kacang arab, biji wijen, dan minyak zaitun, adalah camilan rendah kalori yang kaya protein. Hummus bisa dijadikan saus celup untuk sayuran rendah kalori seperti timun.

3. Chia puding

Puding chia adalah camilan yang baik untuk diet karena kaya serat dan antioksidan. Kandungan tersebut juga dapat mendukung pengurangan peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Biji chia dapat membentuk tekstur yang kental ketika direndam, mirip dengan agar-agar.

4. Yogurt yunani dengan madu dan blueberry

Yogurt Yunani ditambah madu dan blueberry tidak hanya lezat tetapi juga kaya akan serat, lemak sehat, dan protein yang bisa membantu mengatasi rasa lapar. Blueberry, sebagai sumber antioksidan, juga mendukung kesehatan tubuh dan membantu melawan penyakit kronis.

5. Kacang-kacangan

Meskipun kacang-kacangan memiliki kalori dan lemak yang tinggi, mereka adalah sumber lemak sehat dan protein. Menambahkan kacang pada sarapan seperti sereal atau yogurt dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Jeruk Nipis yang Sayang untuk Dilewatkan, Cek di Sini

6. Buah dan sayur

Mengonsumsi porsi buah atau sayur yang cukup banyak bisa membuat Anda kenyang dengan mengonsumsi kurang dari 100 kalori. Beberapa contoh termasuk apel, pisang, kiwi, wortel, jeruk, tomat ceri, paprika merah, dan kacang polong.

7. Keju rendah kalori (cottage cheese)

Cottage cheese adalah pilihan camilan rendah kalori yang kaya protein, sangat cocok untuk diet. Menurut penelitian, makanan kaya protein seperti cottage cheese dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengurangi asupan kalori.

8. Telur rebus

Meskipun tinggi kolesterol, telur rebus adalah sumber protein yang baik serta mengandung vitamin K2 dan B12 yang dapat membantu mengontrol berat badan.

9. Buah zaitun

Buah zaitun, yang merupakan komponen penting dalam diet Mediterania, kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk jantung dan antioksidan seperti oleuropein. Zaitun memiliki kepadatan kalori rendah dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 12 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Kulit, Ada Cokelat Hitam dan Alpukat

10. Popcorn tawar

Popcorn adalah sumber serat yang tinggi dengan kalori yang rendah, membuatnya menjadi pilihan camilan yang ideal untuk diet. Memilih popcorn tawar membantu menghindari tambahan gula atau garam yang tidak perlu.

11. Oatmeal

Oatmeal adalah pilihan yang baik untuk camilan sehat karena seratnya yang tinggi membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Oatmeal juga efektif dalam mengurangi asupan makanan lain yang dapat membantu dalam penurunan berat badan.

12. Edamame

Edamame adalah camilan yang kaya serat, protein, kalsium, zat besi, dan magnesium. Sangat cocok untuk mengisi perut di antara waktu makan dan memberikan nutrisi penting.

13. Alpukat

Alpukat adalah camilan yang kaya serat, kalium, magnesium, dan lemak tak jenuh tunggal, menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk diet. Alpukat juga dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar Matahari.

Baca Juga: Ragam Makanan Tradisional Indonesia yang Menyehatkan, Pecel Salah Satunya

14. Tomat dengan keju mozzarella

Tomat, yang kaya akan vitamin C, kalium, dan likopen, bersama dengan keju mozzarella yang tinggi protein, kalsium, dan vitamin B12, adalah paduan yang mendukung kesehatan jantung dan penurunan berat badan.

15. Grapefruit

Grapefruit kaya vitamin C yang dapat membantu mengelola nafsu makan dengan menurunkan kadar insulin. Buah ini juga mendukung penurunan berat badan jika dikonsumsi secara teratur.

16. Kacang pistachio dan salmon kalengan atau sarden

Kacang pistachio kaya akan protein dan serat yang dapat membantu menurunkan indeks massa tubuh. Salmon dan sarden adalah sumber protein, kalium, vitamin B12, dan asam lemak omega-3 yang mendukung penurunan berat badan dan kesehatan jantung.

Baca Juga: Waspada! Begini Gejala dan Penyebab Angin Duduk yang Perlu Anda Tahu

17. Wortel dengan saus keju biru

Wortel, sumber karotenoid termasuk beta karoten, dapat dikombinasikan dengan saus keju biru yang kaya lemak untuk meningkatkan penyerapan nutrisi. Ini adalah camilan yang rendah kalori namun mengenyangkan.

Demikianlah rekomendasi pilihan snack sehat untuk diet yang layak untuk Anda coba. Semoga bermanfaat, ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News