Santai

7 Cara Mengetahui HP Disadap Orang, Waspadai Tanda-Tanda Berikut Ini

7 Cara Mengetahui HP Disadap Orang, Waspadai Tanda-Tanda Berikut Ini

MOMSMONEY.ID - Di zaman modern ini, kita sangat bergantung pada smartphone untuk pekerjaan profesional dan untuk tetap terhubung dengan semua orang. Namun, HP rentan terhadap penyadapan. Untuk itu, Anda perlu cara mengetahui HP disadap orang.

Ada beberapa tanda-tanda yang perlu diwaspadai untuk mengetahui HP disadap orang. Jika Anda menemukan tanda-tanda ini, maka Anda harus waspada. 

Baca Juga: Simak Ciri-ciri WhatsApp Disadap, Begini Cara Mencegah agar Tetap Aman

Tak banyak orang memahami bagaimana cara mengetahui HP disadap orang. Oleh karena itu, artikel ini memberikan informasi mengenai cara mengetahui HP disadap. 

Mengutip Guilding Tech, berikut 7 cara mengetahui HP disadap orang. Simak tanda-tandanya berikut:

1. Pengurasan baterai yang tidak biasa

Cara Menghindari Baterai HP yang Cepat Habis

Jika baterai Anda habis lebih cepat dari biasanya atau menjadi sangat panas selama penggunaan, ponsel Anda mungkin secara diam-diam menjalankan perangkat lunak penyadapan di latar belakang. 

Dalam situasi seperti itu, pertimbangkan untuk memeriksa penggunaan baterai ponsel Anda. Ini akan membantu Anda memahami aplikasi mana yang menggunakan masa pakai baterai lebih tinggi.

Pantau penggunaan baterai Anda selama beberapa hari, dan Anda akan segera tahu jika ponsel Anda menghabiskan baterai yang tidak perlu. Jika Anda menemukan aplikasi yang aneh, segera hapus dan setel ulang pabrik perangkat Android atau iOS Anda.

Baca Juga: Cara Mengembalikan HP yang Hilang Kepada Pemiliknya, Simak 4 Hal Penting Ini

2. Suara latar belakang yang aneh 

Suara latar belakang yang aneh selama panggilan bisa menjadi tanda lain dari penyadapan telepon Anda. Anda mungkin mendengar gema, statis, dan bunyi klik saat menelepon. Jika masalah berlanjut, coba ubah lokasi atau uji dengan penelepon yang berbeda.

Beberapa aplikasi mendeteksi suara frekuensi rendah yang dipancarkan dari perangkat yang disadap.

Instal detektor suara frekuensi rendah (Pengukur Suara dan Detektor Kebisingan untuk Android dan Desibel X untuk iOS) pada smartphone yang berbeda dan periksa apakah aplikasi mendeteksi suara beberapa kali dalam satu menit. Jika ya, kemungkinan ponsel Anda sedang dilacak.

Perhatikan bahwa suara ini juga dapat dihasilkan dari gangguan jaringan atau masalah perangkat keras apa pun dengan ponsel Anda.

3. Peningkatan penggunaan data 

Diragukan bahwa ada di antara kami yang melacak penggunaan data, tetapi ini dapat membantu mengenali spyware yang terpasang di ponsel Anda. 

Dalam skenario seperti penyadapan telepon, konsumsi data meroket. Meskipun mengetahui konsumsi data pada Wi-Fi mungkin tidak mudah, Anda selalu dapat memantau penggunaan data seluler.

Aplikasi spyware jahat mengumpulkan data dari ponsel Anda dan meneruskannya ke peretas. 

Proses ini membutuhkan jumlah data yang layak. Dengan demikian, melacak penggunaan data Anda dapat membantu mendeteksi penyadapan telepon. 

4. Masalah kinerja umum

Spyware secara langsung memengaruhi kinerja ponsel Anda. Jadi, Anda akan melihat cegukan dan kelambatan yang konstan meskipun tidak banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang. 

Ponsel akan mulai menjadi sangat panas bahkan dengan tugas yang tidak terlalu menuntut.

Anda juga dapat menemukan penundaan dalam bootup dan shutdown. Ini mungkin akibat dari perangkat lunak penyadapan telepon yang berusaha untuk tetap aktif bahkan saat mematikan perangkat Anda.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memeriksa aplikasi mana yang menggunakan daya maksimum untuk menentukan apakah aplikasi jahat yang menyebabkan masalah ini.

Baca Juga: Waspada, Ini 5 Tanda HP Disadap Beserta Cara Mengatasinya

5. Periksa kamera atau mikrofon 

Jika Anda melihat kamera, GPS, atau mikrofon menyala secara acak tanpa membuka aplikasi apa pun yang menggunakan hal yang sama, ponsel Anda mungkin sedang disadap. 

Seseorang mungkin mendengarkan percakapan Anda dan mungkin juga memperhatikan Anda. Untungnya, smartphone modern memiliki fungsi ini untuk memeriksa apakah sensor ini aktif.

6. Gunakan kode USSD

Mungkin saja panggilan Anda diteruskan, dan Anda tidak tahu tentang hal itu. Untungnya, mudah untuk mengetahui apakah seseorang mengintip panggilan Anda.

Berikut caranya:

- Di perangkat Android Anda, tekan *#21* , *#67# , atau *#62# .

- Tekan tombol panggil.

Ini mencantumkan panggilan Suara, Data, SMS, Paket, PAD, dan banyak lagi. 

Jika opsi ini mengatakan "Tidak diteruskan", Anda aman. Namun, jika dikatakan sebaliknya, ponsel Anda sedang disadap.

Jangan khawatir. Anda dapat memperbaikinya dengan menekan ##002# ke layar panggilan Anda. Jika Anda melihat "Penghapusan berhasil" di layar, Anda berhasil menghindari serangan.

Baca Juga: Inilah 4 Langkah Cara Membuat Link WhatsApp Grup hingga Chat Otomatis

7. Iklan dan aplikasi yang tidak diinginkan

Jika adware (sejenis malware) diinstal pada ponsel Anda, Anda mungkin menemukan pop-up iklan di tempat-tempat aneh di UI. 

Iklan ini sering muncul dan tidak mewakili penelusuran web terbaru Anda. Hati-hati dengan iklan semacam itu, karena mungkin mengindikasikan penyadapan telepon.

Memeriksa daftar aplikasi Anda secara terus-menerus juga akan membantu, karena aplikasi yang tidak diinginkan mungkin beroperasi di latar belakang. 

Aplikasi ini mungkin mencoba dan mendapatkan akses ke lokasi, kamera, dan mikrofon. Berhati-hatilah dan segera tolak permintaan semacam itu dari aplikasi yang tidak dikenal.

Nah, itulah beberapa cara mengetahui HP disadap orang. Anda bisa mewaspadai tanda-tanda aneh yang ada di ponsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News