Santai

Catat 12 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis dan Penyebabnya

Catat 12 Cara Mengatasi Baterai HP Cepat Habis dan Penyebabnya

MOMSMONEY.ID. Ada beberapa cara mengatasi baterai HP cepat habis. Panduan mudah berikut ini bisa mengurangi risiko perangkat menguras energi terlalu banyak.

Kondisi baterai HP cepat habis dapat terjadi saat kapasitas baterai pada ponsel atau smartphone Anda terkuras dengan cepat atau tidak bertahan lama.

Dalam konteks ini, "cepat habis" berarti bahwa baterai HP Anda tidak mampu mempertahankan daya cukup lama sebelum perlu diisi ulang atau diisi daya kembali.

Untuk mengatasi masalah baterai cepat habis, Anda dapat mempertimbangkan beberapa tindakan, seperti meminimalkan penggunaan yang intensif.

Baca Juga: Jaga Privasi, Ini Cara Menyembunyikan Aplikasi di HP Samsung Anda

Selain itu, ada beberapa faktor penyebab yang menimbulkan kondisi baterai cepat habis.

Penyebab baterai HP cepat habis

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan baterai HP cepat habis antara lain:

  • Penggunaan Intensif: Penggunaan intensif HP, seperti bermain game, menonton video, atau menggunakan aplikasi yang membutuhkan daya komputasi tinggi, dapat menguras baterai dengan cepat.
  • Kondisi Baterai yang Buruk: Jika baterai HP sudah tua atau mengalami degradasi, kapasitasnya akan berkurang, dan baterai akan lebih cepat habis.
  • Cahaya Terlalu Terang: Menyimpan tingkat kecerahan layar pada tingkat yang tinggi dapat menguras daya baterai dengan cepat.
  • Sinyal Lemah: Ketika HP mencari atau mendapatkan sinyal jaringan yang lemah, HP akan berusaha lebih keras, yang dapat menguras baterai dengan cepat.
  • Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang: Aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang, bahkan ketika tidak digunakan, dapat mengkonsumsi daya baterai secara signifikan.
  • Sinkronisasi Data yang Terus-menerus: Sinkronisasi data dengan akun online (email, media sosial, cloud) secara terus-menerus dapat menguras daya baterai.
  • Kualitas Baterai yang Buruk: Kadang-kadang, kualitas baterai yang rendah atau bukan baterai asli dapat menyebabkan baterai cepat habis.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasi baterai HP cepat habis dilansir dari Carl Care.

Baca Juga: Intip 2 Cara Membuka Akses Google Drive lewat Browser dan Aplikasi

Cara mengatasi baterai HP cepat habis

1. Jaga kecerahan Layar

Kurangi tingkat kecerahan layar HP agar energi tidak terkuras. Tingkat kecerahan yang tinggi mengkonsumsi daya baterai lebih cepat. Gunakan tingkat kecerahan yang cukup untuk kenyamanan penggunaan sehari-hari.

2. Penggunaan WiFi dan Data

Anda bisa mematikan WiFi dan data seluler saat tidak digunakan. Koneksi data yang aktif terus menerus dapat menguras daya baterai.

3. Batasi Sinkronisasi

Fitur HP untuk terus mengupdate notifikasi tentu akan mempercepat baterai HP. Batasi sinkronisasi aplikasi dan akun online, terutama jika sinkronisasi terus-menerus tidak diperlukan. Sinkronisasi yang berlebihan bisa menjadi penyebab baterai HP cepat habis.

4. Cek Bluetooth dan NFC

Anda bisa mematikan Bluetooth dan NFC jika tidak menggunakannya, karena keduanya dapat menghabiskan daya baterai.

5. Nonaktifkan Fitur GPS

Pastikan Anda memiliki fitur GPS memerlukan daya yang signifikan. Matikan GPS jika tidak diperlukan atau gunakan hanya saat diperlukan.

Beberapa aplikasi membutuhkan informasi terkait GPS yang diperbarui setiap waktu, sehingga dapat membuat baterai HP cepat habis.

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk menghindari mereka berjalan di latar belakang dan mengonsumsi daya baterai.

7. Perbarui Aplikasi

Pastikan aplikasi di HP Anda selalu diperbarui. Pembaruan mungkin mengatasi bug dan meningkatkan efisiensi daya.

8. Pilih Mode Hemat Daya

Banyak HP memiliki mode hemat daya yang dapat mengoptimalkan penggunaan daya baterai saat daya baterai rendah.

9. Gunakan Charger Asli

Gunakan charger asli atau charger yang sesuai untuk HP Anda. Penggunaan charger yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja baterai.

10. Perhatikan Temperatur

Letakkan HP dengan baik dan benar. Anda bisa menghindari tempat-tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin, karena suhu ekstrem dapat mempengaruhi daya tahan baterai.

11. Perbarui Sistem Operasi

Selalu perbarui sistem operasi HP Anda, karena pembaruan mungkin mencakup peningkatan efisiensi baterai.

12. Gunakan Mode Pesawat

Gunakan mode pesawat ketika sinyal tidak diperlukan, seperti saat Anda berada di tempat dengan sinyal yang buruk.

Apabila masalah berlanjut, sebaiknya konsultasikan dengan ahli teknologi atau layanan pelanggan ponsel untuk saran lebih lanjut.

Itulah beberapa informasi terkait cara mengatasi baterai HP cepat berhasil yang praktis dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News