HOME, Bugar

Urine Anda Berwarna? Kenali Kesehatan Tubuh Melalui Warna Urine

Urine Anda Berwarna? Kenali Kesehatan Tubuh Melalui Warna Urine

MOMSMONEY.ID - Warna urine bisa menjadi suatu tanda kesehatan dalam tubuh. Warna urine tentunya dipengaruhi oleh makanan, minuman, maupun obat-obatan yang masuk ke dalam tubuh.

Mengetahui kesehatan melalui warna urine juga bisa dilakukan dengan mudah. Berikut ini beberapa indikator warna urine yang bisa menandakan kesehatan dalam tubuh.

Bening

Urine yang berwarna bening bisa menandakan bahwa Anda mengkonsumsi banyak air lebih dari konsumsi harian Anda. Terlalu banyak mengkonsumsi air hingga membuat urine Anda berwarna bening ternyata bisa menyerap elektrolit tubuh.

Baca Juga: Waspada! Ini Dia Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi pada Perempuan

Namun jika Anda tidak mengkonsumsi banyak air dan mendapati urine Anda berwarna bening, maka ada baiknya untuk memeriksakan kondisi tersebut ke dokter. Indikasi permasalahan dengan liver bisa juga menjadi penyebab urine Anda berwarna bening.

Kuning jernih

Warna ini merupakan warna normal dari urine. Sehingga apabila Anda mengkonsumsi air sesuai dengan kebutuhan harian, maka urine Anda akan memiliki warna kuning jernih. Selain itu konsumsi vitamin B kompleks juga bisa menghasilkan urine dengan warna kuning neon. 

Pink kemerahan

Urine dengan warna ini bisa dihasilkan karena konsumsi makanan yang memiliki elemen warna merah atau pink. Seperti buah bit, blueberry, maupun strawberry secara berlebih. 

Selain karena pewarna makanan alami, urine dengan warna pink kemerahan menurut laman Health Line, juga bisa mengindikasikan gangguan ginjal dan prostat.

Baca Juga: Kurang Vitamin A Bisa Berdampak Negatif pada Kehamilan

Oranye

Melansir dari laman Mayo Clinic, tubuh yang mengalami dehidrasi biasanya akan memproduksi urine yang berwarna oranye. Biasanya permasalahan urine dengan warna oranye selain karena dehidrasi adalah adanya gangguan pada liver.

Putih susu

Warna putih susu atau seperti awan pada urine bisa menandakan adanya infeksi pada saluran kencing. Di samping itu urine dengan warna ini juga bisa menandakan adanya penyakit kronis dan gangguan pada ginjal. 

Kecoklatan

Warna urine yang kecoklatan ini bisa diakibatkan karena pewarna makanan atau masalah hati dan empedu. Selain hal tersebut, pengobatan yang mengharuskan Anda mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga bisa membuat kencing menjadi memiliki warna kecoklatan. 

Selanjutnya: Ada 3 Jenis Air Mata, Ini Fungsinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News