Bugar

Tips Menjaga Kesehatan selama Mudik Lebaran ala Wellings

Tips Menjaga Kesehatan selama Mudik Lebaran ala Wellings

MOMSMONEY.ID - Tak terasa, Lebaran tinggal menghitung hari. Momen Ramadan tentu tak lepas dari aktivitas mudik. Wellings berbagi tips menjaga kesehatan kala mudik Lebaran berikut ini.

Sebab, perjalanan jauh yang ditempuh selama mudik akan menimbulkan kelelahan pada tubuh, sehingga banyak hal yang perlu disiapkan agar tubuh tetap terjaga dan sehat.

Tri Ayu Apriyani, Head of Pharmacy Operation Wellings Indonesia, menyampaikan beberapa hal yang perlu dipersiapkan agar tubuh terjaga dan tetap sehat selama perjalanan mudik, yaitu:

1. Merencanakan perjalanan dengan baik

Jika menggunakan kendaraan pribadi, rencanakan mudik dengan baik mulai dari cek kondisi kendaraan, memastikan rute perjalanan yang akan dilewati dan menentukan barang-barang yang akan dibawa.

Hindari perjalanan mudik di waktu sehabis sahur, karena tubuh masih terasa lelah dan mengantuk.

Baca Juga: 6 Tips Mudik Lancar Anti Rewel Meski Membawa Anak Kecil dan Bayi

2. Istirahat dan lakukan peregangan tubuh

Jika tubuh terasa lelah dan memang diharuskan tidur, maka wajib untuk beristirahat di rest area. Lakukan peregangan tubuh untuk memperlancar sirkulasi darah dan membuat tubuh kembali segar.

Waktu istirahat setidaknya 15 menit setelah berkendara selama 4 jam.

"Pastikan kondisi tubuh dalam kondisi sehat, dan sehari sebelum mudik harus tidur dengan waktu yang optimal agar tubuh terasa lebih segar dan siap menghadapi perjalanan mudik. Hindari konsumsi obat-obatan yang menyebabkan kantuk sebelum mengemudi," ujar Ayu.

3. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Pastikan makanan yang dibawa selama perjalanan adalah makanan yang sehat dan bergizi, bisa digunakan sebagai sumber energi bagi tubuh, seperti protein bar, buah-buahan, atau roti gandum.

Jangan lupa membawa persediaan air mineral yang cukup agar tubuh tetap terdehidrasi. Jika berpuasa selama perjalanan, maka buka puasa dengan minum air putih yang cukup, dan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

"Jangan terlalu banyak konsumsi fast food dan makanan berlemak tinggi karena berpotensi mengganggu kesehatan tubuh dan menurunkan sistem imun tubuh. Jika menggunakan kendaraan pribadi, tetap terapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker," tambah Ayu.

Baca Juga: Apotek Wellings Peduli Kesehatan Lansia dengan Adakan Senam Kesehatan

4. Kelola stres selama perjalanan

Kepadatan lalu lintas selama perjalanan juga akan berdampak pada kesehatan mental, seperti meningkatkan kecemasan, stres, kelelahan, sakit kepala hingga gangguan tidur.

Kelola stres dengan relaksasi seperti bernapas dalam-dalam, mengatur tempat duduk menjadi lebih nyaman, dan berkomunikasi dengan keluarga untuk mencari distraksi.

5. Konsumsi vitamin dan membawa obat-obatan pribadi

Konsumsi vitamin atau suplemen sangat disarankan sebagai penunjang kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Bagi yang memiliki riwayat penyakit tertentu, perlu membawa obat-obatan pribadi dan dikonsumsi sesuai anjuran dokter.

"Selain obat pribadi, penting juga membawa obat-obatan untuk kondisi tubuh yang rentan dialami selama mudik, seperti obat anti-mabuk, sembelit, diare, sakit kepala atau obat flu. Konsultasikan ke Apoteker terkait penggunaan dan efek samping dari obat tersebut saat membeli di apotek terdekat,"  tutur Ayu.

Baca Juga: Perjalanan Lebih Nyaman, Ini Tips Mudik Naik Kapal Ferry

Menanggapi hal tersebut, dalam memenuhi kebutuhan obat-obatan jelang mudik lebaran, Apotek Wellings berkomitmen untuk tetap memberikan layanan terbaik dalam mendukung kondisi kesehatan masyarakat.

Semua pelanggan akan dilayani oleh apoteker yang selalu siaga di setiap toko untuk memberikan pelayanan dan konsultasi terkait produk, fungsi, dosis, cara pakai, interaksi hingga efek penggunaan.

Andy Handoko, Head of Business Unit Apotek Wellings Indonesia, mengatakan, konsultasi obat merupakan poin penting dalam pelayanan kefarmasian yang berhubungan langsung dengan pemahaman pasien terhadap obat.

"Pelanggan dapat mempersiapkan produk kesehatan, vitamin atau obat-obatan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan selama perjalanan mudik lebaran," kata Andy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News