Santai

WhatsApp Menghabiskan Banyak Penyimpanan? Begini Cara Mengosongkan Ruang

WhatsApp Menghabiskan Banyak Penyimpanan? Begini Cara Mengosongkan Ruang

MOMSMONEY.ID - WhatsApp Meta telah menjadi sarana komunikasi online yang penting. Tak heran jika banyak dokumen yang tersimpan sehingga membuat WhatsApp menghabiskan banyak penyimpanan. 

Akan tetapi, tak perlu khawatir bagaimana cara mengatasi WhatsApp yang menghabiskan banyak penyimpanan. 

Artikel ini akan membantu Anda mengetahui cara mengosongkan ruang penyimpanan WhatsApp. 

Baca Juga: Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp dalam Satu Aplikasi Tanpa Instal WA Lain

Mengutip Make Use Of, berikut ini cara mengosongkan ruang penyimpanan WhatsApp. 

1. Nonaktifkan Unduhan Otomatis

Saat Anda pertama kali menginstal WhatsApp, pengaturan defaultnya diatur untuk mengunduh media secara otomatis saat Anda terhubung ke Wi-Fi. Media ini benar-benar dapat menyumbat ponsel Anda, terutama jika Anda sedang dalam grup chat yang besar dan aktif.

Jadi, hal pencegahan pertama yang harus Anda lakukan adalah mematikan auto-download. Berikut cara melakukannya di iPhone:

1. Buka WhatsApp dan ketuk Anda di sudut kanan bawah menu.

2. Ketuk Penyimpanan dan Data dan gulir ke bagian Unduh Otomatis Media. 

3. Ketuk setiap baris jenis media dan pilih Tidak Pernah.

4. Opsional: Anda dapat memilih Wi-Fi saja untuk audio.

Untuk melakukan ini di ponsel Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka WhatsApp dan ketuk tiga titik di pojok kanan atas.

Baca Juga: Cara Kunci Layar Video Youtube di Android dan iPhone Tanpa Aplikasi Tambahan

2. Pilih Pengaturan, pilih Penyimpanan dan data, dan gulir ke bagian Unduh otomatis media. 

3. Ketuk Saat menggunakan data seluler dan matikan semua jenis media.

4. Ketuk Saat terhubung ke Wi-Fi dan matikan jenis media yang Anda inginkan.

Cara ini juga menjadi salah satu tips utama menghemat data di WhatsApp. Sekarang, Anda dapat memilih dengan tepat apa yang ingin Anda unduh.

3 Fitur WhatsApp yang rilis, berkaitan dengan polling

2. Hapus File Media 

Setelah menonaktifkan unduh otomatis, hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah menemukan file media yang tidak Anda perlukan dan menghapusnya. 

Jika Anda menyimpan foto dan video ke galeri ponsel, Anda dapat menghapusnya langsung dari sana. Namun akan lebih mudah jika Anda mengelola media dalam aplikasi WhatsApp.

WhatsApp memiliki pengelola media yang menampilkan berapa banyak ruang yang digunakan WhatsApp dibandingkan aplikasi lain di ponsel Anda. Itu juga mengatur obrolan dan media sesuai dengan seberapa banyak ruang yang mereka gunakan. 

3. Aktifkan Pesan yang Hilang 

Meta memperkenalkan pesan menghilang ke WhatsApp pada tahun 2020 dan memperluas fitur tersebut untuk memungkinkan pengguna mengaktifkannya secara default untuk semua atau obrolan tertentu. Namun fitur ini tidak hanya berguna untuk alasan privasi, tetapi juga merupakan cara yang bagus untuk mengelola ruang.

Baca Juga: Begini Lo Cara Membersihkan Tas Berbahan Kulit!

Anda akan menemukan opsi untuk mengaktifkan pesan yang hilang di bagian Kelola Penyimpanan pada pengaturan WhatsApp. Anda dapat menemukannya dengan mengetuk Anda > Penyimpanan dan Data di iPhone atau Pengaturan > Penyimpanan dan Data di ponsel Android.

Ketuk Aktifkan Pesan yang Hilang dan pilih Pengatur Waktu Pesan Default untuk menyetel hitungan mundur default kapan pesan yang Anda kirim dan terima akan hilang. Jika Anda ingin lebih selektif, ketuk Terapkan Timer ke Obrolan untuk memilih obrolan mana yang ingin Anda masukkan pesan menghilangnya.

Nah itulah beberapa cara mengatasi WhatsApp menghabiskan banyak penyimpanan. Anda bisa menggunakan cara mengosongkan ruang dengan cara di atas. Selamat mencoba! 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News