Keluarga

6 Tips Bikin Jagung Terasa Lebih Manis, Penjual Jagung Bakar Wajib Simak!

6 Tips Bikin Jagung Terasa Lebih Manis, Penjual Jagung Bakar Wajib Simak!

MOMSMONEY.ID - Jagung terasa lebih manis apabila disantap saat masih segar. Sebab rasa manis adalah tanda bahwa jagung tersebut masih segar.

Maka dari itu, Momsmoney hadirkan beberapa cara membuat jagung terasa lebih manis berdasarkan cara penyimpanannya. Melansir dari Kompas dan Tribunnews, berikut ini.

Pilih jagung yang tepat

Agar jagung terasa manis saat disantap, penting untuk memilih jagung yang tepat.

Baca Juga: 6 Tips Pintar Menghemat Penggunaan Minyak Goreng, Emak-emak Harus Tahu!

Jasuke jagung susu keju

Baca Juga: Tips Aman Masak Kangkung Supaya Rongganya Bersih Tak Ada Lintah

Selalu pilih jagung yang masih utuh, yakni jagung dengan kulit yang berwarna hijau. Kulitnya ini utuh menutupi bonggol/tongkol jagung. Kulit jagung ini disebut juga kelobot.

Tongkol jagung juga biasanya disertai dengan rambut jagung yang lebat. Ini menandakan bahwa jagung yang Anda pilih masih segar & belum kisut.

Pilih kelobot yang utuh

Kelobot atau daun pembungkus jagung yang masih utuh menempel pada tongkol jagung menandakan bahwa jagung masih segar.

Jagung yang segar biasanya cenderung memiliki cita rasa manis. Sementara jagung yang sudah mengering ditandai dengan kelobot yang sudah tak utuh. Ini biasanya membuat jagung jadi tak terasa lezat & renyah saat digigit.

Baca Juga: 6 Perbedaan Herb dan Spice, Antara Rempah Daun dan Rempah Bubuk

Simpan jagung dalam lemari es

Jagung rebus

Untuk menjaga jagung terasa manis dan tetap lembab, Anda dapat menyimpan jagung utuh ke dalam lemari es. Suhu yang dingin dapat membantu biji jagung terlihat gendut & berisi.

Meski begitu, jagung yang baik adalah jagung yang dibeli dalam kondisi segar. Sebab jagung yang terlalu lama disimpan dalam lemari es pun lama kelamaan akan mengerut. Alhasil, biasanya jagung akan kehilangan rasa manisnya secara alami setelah 2-3 hari.

Simpan dalam wadah terbuka

Seperti yang diketahui, jagung terasa mais dan lebih lezat apabila disajikan dalam keadaan segar. Nah untuk menjaga kesegarannya, maka simpanlah jagung pada wadah terbuka.

Baca Juga: Ini 5 Langkah Mudah Menyiapkan Makan Malam Bersama Keluarga Tanpa Stres

Pilah-pilih kelobot jagung

Agar jagung terasa manis dan awet tahan lama, ternayat ada trik tersembunyi yang dapat Anda lakukan.

Caranya adalah dengan membuang beberapa lembar kelobot yang dinilai terlalu lebat dan menyisakannya sedikit. Sisakan paling tidak 4 lembar kelobot bagian dalam untuk menjaga kelembapan jagung.

Tapi ingat, jangan sampai kelobot ini dibuang semuanya. Sebab jika ini dilakukan, maka jagungmu akan mudah mengering & tak lagi terasa manis.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Coba 6 Tips Mengolah Jeroan Sapi Agar Bersih dan Tak Bau Amis

Pipil sebelum simpan

Jangan salah, memipil jagung juga nyatanya dapat menjaga keutuhan jagung sehingga membuatnya awet tahan lama dan terasa manis.

Namun tak semua orang menyukai cara yang satu ini, sebab ada juga sebagian orang yang lebih suka makan jagung langsung dari batangnya daripada harus dipipil.

Itulah berbagai cara membuat jagung terasa manis. Kesimpulannya, jagung akan terasa manis jika jagung masih segar. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyantap langsung jagung yang telah dibeli dibandingkan jika harus menyimpannya berlama-lama di kulkas.

Selanjutnya: Setelah Terhenti Selama 3 Tahun, Bogasari Kembali Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News