Bugar

Rendah Purin, Ini Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

Rendah Purin, Ini Daftar Makanan untuk Penderita Asam Urat Konsumsi

MOMSMONEY.ID - Kelola asam urat dengan konsumsi makanan rendah purin untuk penderita asam urat berikut ini, yuk.

Kelebihan asam urat dalam darah dapat menyebabkan pembentukan kristal di sendi dan mengakibatkan rasa sakit, bengkak, dan peradangan.

Salah satu cara efektif untuk mengelola kondisi ini adalah dengan konsumsi makanan rendah purin untuk penderita asam urat.

Purin adalah zat kimia yang ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman, yang ketika dicerna, tubuh akan mengubahnya menjadi asam urat.

Merujuk Halodoc, berikut merupakan daftar makanan rendah purin penderita asam urat:

1. Sayur-sayuran

Sebagian besar sayuran aman dan bahkan disarankan untuk dikonsumsi, termasuk kentang, kacang polong, dan terong.

Sayuran berdaun hijau tua seperti kale dan bayam juga memberikan manfaat, meskipun beberapa sumber merekomendasikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah yang moderat.

Baca Juga: Apakah Kacang Tanah Bisa Menyebabkan Asam Urat? Cek Jawabannya!

2. Biji-bijian utuh

Biji-bijian utuh seperti oat, beras merah, dan barley tidak hanya rendah purin tetapi juga kaya serat, yang mendukung kesehatan pencernaan dan membantu mengatur kadar gula darah.

3. Buah-buahan

Buah ceri telah terbukti memiliki dampak positif dalam menurunkan kadar asam urat serta mengurangi peradangan yang membantu mencegah serangan asam urat.

Selain ceri, buah-buahan seperti apel, jeruk, dan pisang juga dianjurkan karena kandungan nutrisi dan kadar airnya yang tinggi.

Baca Juga: 5 Resep Tradisional Ramuan untuk Kolesterol yang Bisa Anda Coba

4. Produk susu

Produk susu dianggap aman bagi penderita asam urat, terutama yang rendah lemak seperti susu skim atau yogurt rendah lemak. Pilihan ini dapat mendukung kesehatan jantung dan menjaga berat badan yang sehat.

5. Telur ayam

Telur, terutama bagian putihnya, merupakan sumber protein yang rendah purin dan dapat dimasukkan dalam diet seimbang bagi penderita asam urat.

Baca Juga: 10 Cara Mengatasi Asam Urat di Kaki dengan Pengobatan Rumahan

6. Minyak nabati

Minyak nabati seperti minyak kanola, kelapa, zaitun, dan minyak rami, kaya akan lemak tak jenuh yang sehat. Minyak-minyak ini dapat digunakan dalam memasak sebagai alternatif dari lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar purin.

7. Ikan

Meskipun banyak jenis ikan memiliki kandungan purin yang tinggi, namun ada beberapa pengecualian seperti salmon, lele, dan tuna yang dianggap memiliki kadar purin yang lebih rendah dan dapat dikonsumsi dalam jumlah yang moderat oleh penderita asam urat.

Demikianlah beberapa rekomendasi makanan rendah purin untuk penderita asam urat. Semoga bermanfaat.

Selanjutnya: Bank-Bank BUMN Siap Tebar Dividen, Begini Rekomendasi Sahamnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News