Bugar

Tidak Bisa Kentut? Coba Gerakan Yoga untuk Memudahkan Buang Angin Ini

Tidak Bisa Kentut? Coba Gerakan Yoga untuk Memudahkan Buang Angin Ini

MOMSMONEY.ID - Kesulitan kentut? Gerakan yoga untuk memudahkan buang angin berikut bisa Anda coba. Cek, yuk!

Kentut adalah fungsi tubuh yang penting untuk mengeluarkan gas berlebih dari sistem pencernaan. Namun, terkadang beberapa orang mengalami kesulitan untuk kentut, yang bisa menyebabkan ketidaknyamanan seperti kembung dan sakit perut.

Yoga, dengan berbagai posisi dan teknik pernapasannya, dapat membantu meredakan gangguan pencernaan ini dengan memfasilitasi pelepasan gas secara alami. Melansir dari laman Dokter Sehat, ini beberapa gerakan yoga untuk memudahkan buang angin:

1. Paschimottanasana

Gerakan ini fokus pada relaksasi otot tubuh dan melancarkan saluran pencernaan. Dari posisi duduk dengan kaki lurus ke depan, bungkuk tubuh ke depan sambil merentangkan tangan.

Usahakan dahi menyentuh lutut untuk memberikan tekanan pada perut yang dapat membantu pengeluaran gas. Lakukan dengan hati-hati untuk menghindari cedera.

Baca Juga: Hati-hati! Begini Ciri-ciri Usus Buntu dari yang Umum sampai Parah

2. Squat Yoga

Posisi ini diawali dengan berdiri tegak, membuka kaki selebar pinggul. Lalu, perlahan-lahan turunkan tubuh ke posisi setengah jongkok sambil mendorong punggung dan bokong ke belakang dan mengulurkan tangan ke depan.

Tahan posisi ini selama beberapa saat sebelum kembali ke posisi berdiri. Ulangi gerakan ini 3-5 kali untuk membantu menggerakkan gas di dalam perut.

3. Balasana

Balasana membantu melemaskan pinggul, yang memudahkan gas berpindah ke usus. Mulailah dengan posisi merangkak, tarik bokong ke belakang hingga tumit, sementara lengan ditarik ke depan dan dahi menyentuh matras.

Relaksasikan tubuh dengan mengatur napas dengan baik selama melakukan pose ini. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Baca Juga: Sepele Tapi Bahaya, Cek Kebiasaan Buruk Penyebab Usus Buntu Berikut!

4. Ananda Balasana

Pose ini bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dan merilekskan otot tubuh. Berbaringlah, angkat kedua lutut ke samping tubuh, tekuk lutut sambil menghadapkan telapak kaki ke atas.

Pegang kaki dengan tangan dan tarik perlahan untuk memberikan stretch. Tahan pose ini selama 30-60 detik untuk membantu gas keluar lebih lancar.

5. Supta Matsyendrasana

Gerakan ini bertujuan untuk merilekskan organ usus dan memudahkan eliminasi gas. Berbaringlah, angkat kedua kaki yang telah disatukan, tekuk lutut membentuk sudut 90 derajat dan tarik ke dada sehingga lutut menyentuh dahi atau setidaknya mendekati dahi.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Inilah Bahaya Pakai Kipas Angin saat Tidur bagi Kesehatan

Itulah beberapa gerakan yoga untuk memudahkan buang angin. Dengan rutin melakukan gerakan-gerakan yoga ini, Anda tidak hanya dapat membantu mengatasi masalah buang angin, tetapi juga secara keseluruhan dapat meningkatkan fungsi pencernaan dan kesehatan tubuh Anda.

Selalu konsultasikan dengan instruktur yoga yang berpengalaman untuk memastikan bahwa Anda melakukan setiap pose dengan benar untuk menghindari cedera.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News