Keluarga

Sulit Buang Angin? Ikuti 5 Cara Atasi Perut Kembung dalam Waktu Singkat

Sulit Buang Angin? Ikuti 5 Cara Atasi Perut Kembung dalam Waktu Singkat

MOMSMONEY.ID - Begini cara mengatasi perut begah atau kembung terjadi akibat penumpukan gas yang terjebak pada saluran usus.

Perut begah atau kembung terjadi akibat penumpukan gas yang terjebak pada saluran usus. Gas yang menumpuk ini bisa menyebabkan rasa mual hingga pusing jika tak segera dikeluarkan.

Tapi, tak perlu khawatir, karena perut begah ternyata dapat diatasi dalam waktu singkat. Alih-alih mengonsumsi obat tertentu, Anda dapat mengatasi perut begah dengan beberapa cara berikut ini.

Melansir dari laman Enervon.co.id, mari kita simak artikel ini selengkapnya.

Baca Juga: 6 Makanan Penghasil Kentut Berbau Busuk, Ternyata Soda Salah Satunya!

Pijat-pijat perut

Saat Anda sedang merasa tak enak perut, maka biasanya refleks kita akan memegang perut kita sendiri. Nah jangan salah, ternyata cara alami ini bisa membuat perut begah teratasi dengan cepat.

Caranya, pijat-pijat perut dengan arah dari mulai perut bagian atas ke bagian bawah. Pijat pula bagian sekitar perut seperti tulang rusuk hingga tulang pinggul.

Agar gas dalam perut dapat keluar dengan mudah, cobalah pijat perut menggunakan minyak hangat, ya.

Baca Juga: Sparkling Water vs Air Soda, Inilah Perbedaan 2 Jenis Minuman Berkarbonasi

Gerakkan badan

Yoga

Perut begah membuat posisi duduk jadi tak nyaman. Agar hal ini cepat berlalu, maka sebaiknya gerakkan badan sebanyak mungkin.

Anda bisa melakukan aktivitas pergerakan kecil seperti naik-turun tangga atau sekedar berjalan ke kamar mandi.

Selain itu, sedikit olahraga ringan juga dapat membantu gas yang terjebak dalam perut bisa lancar terbuang. Namun, sebaiknya lakukan olahraga ringan selama 10-15 menit.

Baca Juga: 9 Makanan dan Minuman yang Tak Boleh Dikonsumsi Bareng Jeruk

Kompres perut

Mengompres perut dengan air hangat menjadi salah satu cara andalan agar perut begah jadi lega.

Anda hanya perlu menyiapkan kain bersih yang sudah direndam dalam air hangat untuk ditempelkan pada perut selama sekitar 15 menit.

Suhu kompresan yang hangat membuat peredarah darah & otot perut menjadi rileks. Lama kelamaan gas yang terjebak dalam perut akan bisa dikeluarkan melalui sendawa ataupun kentut.

Jangan minum air soda

Sparkling Water & Air Soda

Baca Juga: Didasarkan Penelitian, Inilah 6 Sayuran Terbaik untuk Menghilangkan Lemak Perut

Minuman bersoda mengandung gas karbon dioksida yang bisa memperparah penumpukan gas dalam perut. Jika Anda tetap memaksakan diri minum minuman bersoda saat perut tengah begah, maka Anda akan merasakan mulas luar biasa.

Jika ingin minum, cukup konsumsi air mineral saja

Jangan menahan kentut

Menahan kentut punya efek yang tak baik untuk tubuh. Gas dalam perut yang seharusnya keluar malah akan terjebak lama & membuat perut jadi sangat mulas.

Maka untuk mencegah perut begah, sebaiknya Anda cepat-cepat menjauhkan diri dari lingkungan sekitar untuk bergegas kentut di kamar mandi.

Demikian deretan tips mengatasi perut begah agar kembali lega dalam waktu singkat. Jika perutmu tengah begah, coba ikuti saran-saran di atas, ya.

Selanjutnya: Bangun Sinergitas, Bankaltimtara Teken MoU dengan Seluruh BUMD Kaltim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News