Bugar

5 Herbal yang Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Apa Saja ya?

5 Herbal yang Efektif Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh, Apa Saja ya?

MOMSMONEY.ID - Apa herbal yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh? Simak daftarnya di sini.

Kolesterol tinggi menjadi perhatian serius bagi banyak orang. Selain perubahan gaya hidup dan pola makan, penggunaan herbal tertentu dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Berikut adalah lima herbal yang terbukti efektif dalam membantu mengelola kolesterol merangkum dari WebMD dan Medical News Today:

1. Kunyit

Kunyit mengandung curcumin yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Curcumin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dengan mengurangi penyerapan kolesterol di usus dan meningkatkan konversinya menjadi asam empedu.

Selain itu, kunyit juga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang sering dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol.

Ada sebuah studi yang menunjukkan bahwa kunyit dan kurkumin bisa memberikan perlindungan terhadap penyakit kardiovaskular dengan cara meningkatkan profil lipid darah.

Meskipun demikian, para peneliti menekankan perlunya lebih banyak penelitian yang berkualitas untuk mengonfirmasi keefektifan kunyit.

Baca Juga: Ampuh dan Efektif, Beginilah Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami

2. Bawang putih

Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Ini karena bawang putih mengandung senyawa allicin yang memiliki efek antioksidan dan membantu mengurangi pembentukan plak dalam arteri.

Konsumsi bawang putih secara teratur, baik dalam bentuk segar, bubuk, atau sebagai suplemen, dapat membantu dalam pengelolaan kolesterol.

3. Rosemary

Rosemary juga menjadi salah satu herbal yang efektif menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Sebuah studi di tahun 2014 menyebutkan, seseorang yang mengonsumsi bubuk rosemary dalam dosis 2, 5, atau 10 gram setiap hari menunjukkan penurunan dalam kadar kolesterol total mereka.

Temuan ini menunjukkan bahwa rosemary bisa berperan dalam mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan berbagai kondisi kronis lainnya.

Namun, karena studi tersebut melibatkan jumlah partisipan yang terbatas, diperlukan penelitian lebih lanjut dengan sampel yang lebih besar untuk mengonfirmasi efektivitasnya secara lebih meyakinkan.

Baca Juga: Masih Boleh Makan Seafood, Ini 5 Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

4. Teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan yang dikenal sebagai katekin, yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Konsumsi teh hijau secara teratur dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam usus dan mempercepat eliminasi kolesterol dari tubuh.

Studi juga menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Jahe

Selain digunakan dalam kuliner, jahe juga populer sebagai obat untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. Salah satunya adalah membantu menurunkan kolesterol. Sebuah analisis di tahun 2018 memeriksa 12 uji coba.

Hasilnya menunjukkan, konsumsi jahe dalam dosis rendah, yaitu kurang dari 2 gram per hari, berdampak positif dalam mengurangi kadar trigliserida dan kolesterol LDL.

Namun, para peneliti juga menekankan kebutuhan akan penelitian lebih lanjut yang lebih berkualitas untuk memastikan efektivitas jahe dalam menangani kolesterol tinggi secara lebih komprehensif.

Nah, itulah beberapa herbal yang efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Menggabungkan obat herbal ini dengan diet sehat dan gaya hidup aktif dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengelola kadar kolesterol.

Tapi, sebelum memulai penggunaan obat herbal apa pun, penting untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News