Bugar

10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung Anda, Ada Buah Alpukat

10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Jantung Anda, Ada Buah Alpukat

MOMSMONEY.ID - Jantung adalah bagian tubuh yang sangat vital. Menjaga kesehatannya merupakan suatu keharusan bagi kita. Salah satu cara untuk menjaga kesehatannya adalah dengan konsumsi makanan terbaik untuk kesehatan jantung. Lantas, apa saja rekomendasinya?

Melansir dari laman Healthline, di bawah ini adalah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan jantung yang dapat Anda coba konsumsi:

1. Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran seperti bayam, kangkung, dan sawi hijau kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan. Makanan ini mengandung vitamin K yang penting untuk melindungi arteri dan mempromosikan pembekuan darah yang tepat.

Sayuran ini juga tinggi nitrat, yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi pembuluh darah.

Baca Juga: Biar Tidak Keliru, Yuk Ikuti Step Skincare Pagi yang Benar Berikut Ini

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian seperti gandum utuh, beras merah, quinoa, dan barley membantu mempertahankan kesehatan jantung. Makan biji-bijian utuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner sekitar 10-20% dengan memperbaiki kolesterol dan tekanan darah sistolik.

3. Buah Beri

Berbagai beri seperti stroberi, blueberry, blackberry, dan raspberry kaya akan antioksidan seperti antosianin yang mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi stres oksidatif dan peradangan.

Baca Juga: Inilah 12 Makanan Terbaik untuk Membersihkan Usus Anda, Jangan Dilewatkan

4. Alpukat

Alpukat adalah sumber yang baik dari lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sementara meningkatkan yang baik. Buah satu ini juga kaya akan kalium, yang penting untuk kontrol tekanan darah.

5. Ikan Berlemak dan Minyak Ikan

Ikan seperti salmon dan makarel kaya akan asam lemak omega-3 yang mempunyai efek protektif terhadap penyakit jantung. Makan ikan berlemak secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Pilihan Jus yang Bagus untuk Asam Lambung, Coba Konsumsi yuk!

6. Kenari

Kenari adalah sumber serat dan asam lemak omega-3. Makanan ini dapat membantu menurunkan kolesterol total dan LDL serta memperbaiki kesehatan jantung.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang hitam dan lentil kaya akan serat, protein, dan berbagai nutrisi penting yang mendukung kesehatan jantung dengan mengurangi kolesterol dan tekanan darah.

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 10 Kebiasaan yang Merusak Ginjal

8. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

9. Tomat

Tomat kaya akan likopen, antioksidan yang telah terbukti menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Konsumsi tomat juga membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Baca Juga: 10 Makanan Terbaik untuk Kesehatan Ginjal Anda, Konsumsi yuk!

10. Almond

Almond kaya akan lemak sehat, serat, dan protein yang dapat membantu mengurangi kolesterol dan mendukung kesehatan jantung secara keseluruhan.

Nah, itulah beberapa makanan terbaik untuk kesehatan jantung yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News