Keluarga

Ternyata, Cara Menyimpan ASI Ini Bisa Mengubah Nilai Nutrisinya lo

Ternyata, Cara Menyimpan ASI Ini Bisa Mengubah Nilai Nutrisinya lo

MOMSMONEY.ID - Kesibukan di era modern membuat banyak cara dilakukan ibu, seperti menyimpan ASI demi menjaga kebutuhan nutrisi bayi saat di luar rumah. Namun, ternyata cara yang umum digunakan berikut ini bisa mengubah nilai nutrisi ASI. 

Banyak manfaat pemberian air susu ibu atau ASI bagi bayi. ASI merupakan makanan terbaik dengan gizi lengkap, mulai dari air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, zat antibodi, hingga enzim. Tubuh ibu sudah disiapkan bisa memberikan ASI saat bayi lahir ke dunia.

Kandungan ASI sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang bayi, seperti perkembangan otak dan mata. Oleh karena itu, para ibu sebaiknya dapat menjaga kualitas nutrisi ASI dengan memerhatikan cara memberikan ASI yang sesuai rekomendasi.

Direktur Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Kementerian Kesehatan RI dr. Lovely Daisy, MKM menjelaskan, perubahan bentuk makanan dapat melalui banyak tahapan proses, yang akan berpengaruh terhadap kandungan nilai gizi. Hal ini juga perlu diperhatikan dalam pemberian ASI.

Ada beberapa bentuk olahan ASI yang mempunyai risiko tertentu lantaran dapat mengubah kandungan nutrisi. Ini juga dipengaruhi dari proses, tempat, dan lama penyimpanan.

Baca Juga: Cara Memperbanyak ASI, Cek Ciri-Ciri Bahaya Pada Bayi Baru Lahir

Cara penyimpanan ASI yang bisa menurunkan nutrisinya

Pertama, ASI yang dibekukan. ASI yang dibekukan di freezer mempunyai risiko menurunnya kandungan protein, zat gizi, dan zat aktif lainnya yang tergantung pada tempat dan lama penyimpanan.

Kedua, ASI dikeringkan. ASI ini dikeringkan melalui proses pembekuan dan pengeringan. Serangkaian perubahan fisik tersebut, tentunya akan meningkatkan risiko perubahan komponen utama ASI.

Seperti pecahnya membran gumpalan lemak, perubahan misel kasein, dan penurunan komposisi faktor bioaktif protein.

Baca Juga: Daftar 7 Buah Murah Pelancar ASI, Bonus Berlimpah Nutrisi Bagi Otak Bayi

Menyusui bayi secara langsung adalah cara terbaik

Daisy menekankan, terdapat rekomendasi terbaik dalam pemberian ASI. Yang paling utama adalah ibu sebaiknya menyusui bayi secara langsung.

"Ibu diharapkan menyusui bayi secara langsung karena dapat membangun ikatan batin antara ibu dan bayi. Selain itu, menyusui memberikan manfaat besar bagi ibu dan bayi, antara lain meningkatkan daya tahan tubuh bayi, melindungi pencernaan bayi, dan meningkatkan kecerdasan," tegasnya.

Kemudian, menurunkan risiko penyakit degeneratif pada bayi. Pada ibu, menyusui dapat menurunkan risiko kanker ovarium dan payudara. Sehingga, menyusui bukan sekadar memberikan ASI pada bayi.

Manfaat ASI juga mencegah penyakit tidak menular saat dewasa serta meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup ibu. Pemberian ASI secara menyusui ikut meningkatkan bonding yang kuat antara bayi dan ibu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News