Keluarga

Daftar 7 Buah Murah Pelancar ASI, Bonus Berlimpah Nutrisi Bagi Otak Bayi

Daftar 7 Buah Murah Pelancar ASI, Bonus Berlimpah Nutrisi Bagi Otak Bayi

MOMSMONEY.ID - Tak perlu makanan mahal agar ASI lancar, sederet buah murah berikut ini juga mampu memproduksi ASI berlimpah untuk Moms yang sedang dalam masa menyusui.

Meski kerap kali diremehkan karena harganya yang murah, namun beberapa buah berikut ini mengandung beragam gizi super tinggi yang tak hanya dibutuhkan oleh bayi, tapi juga sang ibu.

Sebab masa menyusui adalah masa-masa krusial bagi pertumbuhan otak & tubuh si kecil. Apabila ibu tak banyak mengonsumsi makanan bergizi, maka produksi ASI akan berkurang & pertumbuhan bayi akan terhambat.

Langsung saja mari kita simak deretan buah murah pelancar ASI yang wajib Moms konsumsi setiap hari.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Melawan Sel Kanker Payudara

Pisang

Pisang Kepok

Pisang tergolong ke dalam buah murah yang dapat melancarkan ASI. Sebab pisang mengandung kalium dalam jumlah tinggi sehingga berpengaruh terhadap produksi asi yang melimpah.

Hal baik lainnya dari pisang adalah karena pisang dapat menjadi keseimbangan elektrolit tubuh, dikutip dari Prenagen. Dengan rutin mengonsumsi pisang, maka ibu tak akan kekurangan cairan meski tetap memberi ASI pada si kecil.

Baca Juga: 5 Makanan Murah yang Ampuh Cegah Stunting Pada Anak, Ibu Baru Wajib Simak!

Pepaya

Pepaya sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Pepaya mengandung banyak zat besi & vitamin A yang baik bagi pertumbuhan si kecil di masa awal kehidupan.

Tapi perlu diingat, makanlah pepaya yang matang, sebab pepaya yang belum matang dapat menyebabkan efek berkebalikan.

Pepaya yang belum matang sempurna dapat meningkatkan produksi hormon prolactin & oksitosin yang tak hanya akan memicu kontraksi pada kehamilan, tapi juga memengaruhi kualitas ASI.

Baca Juga: Perbaiki Pola Hidup, Ikuti 7 Cara Mencegah Diabetes Tipe 2 Sejak Usia Dini

Mangga

Mangga

Baca Juga: Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Konsumsi 7 Sayuran Murah Penurun Kolesterol

Selain rasanya lezat, mangga kaya akan antioksidan dan vitamin K. Kandungan serat dan potasium juga membantu ibu menyusui dapat mengisi kembali produksi ASI yang kaya akan nutrisi.

Kurma

Kurma telah dikenal lama sebagai salah satu makanan yang memiliki ribuan manfaat baik bagi tubuh, tak terkecuali sebagai pelancar ASI.

Kurma mengandung sebuah hormon bernama “prolactin” yang berfungsi untuk memperbanyak produksi ASI.

Para ahli menyarankan untuk rutin mengonsumsi buah kurma supaya ASI yang dikeluarkan dapat lancar untuk kebutuhan sang bayi, sekaligus membuat stamina ibu dapat meningkat & tak mudah lelah.

Baca Juga: 6 Alasan Ilmiah Penyebab Perut Mudah Lapar, Begini Kata Ahli!

Jeruk

Siapa yang tak suka jeruk? Buah manis berwarna cerah ini dapat memberikan efek yang begitu hebat bagi produksi ASI ibu.

Para ibu yang rutin mengonsumsi jeruk setiap harinya justru akan membuat kekebalan tubuh si kecil terbentuk karena jeruk memberi kandungan vitamin C untuk bayi serta sang ibu.

Alpukat

Buah dan daun alpukat

Melansir dari Kidspot, buah alpukat membantu para ibu untuk menghasilkan ASI yang bergizi tinggi untuk kecil.

Baca Juga: 7 Sayuran Murah untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi, Bisa Menurunkan Hipertensi

Ini karena alpukat mengandung tiga jenis asam lemak yang bagus untuk pertumbuhan otak, yakni asam lemak omega-3, 6, dan 9!

Tumbuh kembang si kecil pun akan lebih cepat saat ibu rutin mengonsumsi alpukat karena buah ini mengandung potassium, asam folat, vitamin C & E.

Stroberi

Meski sedikit asam, buah stroberi kaya akan zat besi, kalsium, potassium, dan magnesium yang dibutuhkan sang bayi melalui ASI ibu.

Banyaknya kandungan air dalam buah juga membantu produksi ASI semakin berlimpah sekaligus mencegah ibu terkena dehidrasi.

Jadi untuk Moms yang sedang dalam masa menyusui, coba rutin konsumsi sederet buah-buahan murah di atas agar produksi ASI semakin berlimpah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News