Keluarga

Terbukti Secara Ilmiah, Ini 5 Manfaat Pelihara Kucing di Rumah

Terbukti Secara Ilmiah, Ini 5 Manfaat Pelihara Kucing di Rumah

MOMSMONEY.ID - Ternyata memelihara kucing di rumah memberikan manfaat baik bagi pemiliknya lo!

Melansir Mental Floss, hanya dengan menonton video kucing di sosial media saja seseorang bisa merasa lebih positif dan berenergi. Sehingga tidak mengagetkan jika memelihara kucing di rumah juga memberikan banyak manfaat. 

Baca Juga: 5 Tanda Anda Punya Pasangan Red Flags, Awas Terjebak Cinta Buta

Nah, ini 5 manfaat memelihara kucing di rumah yang terbukti secara ilmiah!

Memelihara kucing lebih ramah lingkungan
Manfaat memelihara kucing adalah kucing lebih baik dibandingkan anjing mengenai jejak karbon atau emisi yang menyumbang kerusakan lingkungan. 

Sebuah penelitian di tahun 2009 menemukan bahwa sumber daya yang dibutuhkan untuk memberi makan seekor anjing selama hidup sama seperti Land Cruiser. 

Sementara itu kucing membutuhkan makanan yang lebih sedikit dan lebih suka mengonsumsi ikan dibandingkan produk jagung atau daging sapi yang memiliki jejak karbon sama seperti mobil hatchback kecil. 

Baca Juga: Serial Live Action Avatar: The Last Airbender Lanjut ke Musim Kedua dan Ketiga

Bisa mengatasi rasa sedih dan kehilangan
Manfaat memelihara kucing selanjutnya adalah mengatasi rasa sedih dan kehilangan. Kucing telah terbukti membantu manusia menghadapi dan mengatasi rasa kehilangan dan menunjukkan lebih sedikit gejala nyeri pada fisik seperti menangis. 

Meski kucing hanyalah hewan, kucing bisa menjadi pendukung sosial di masa-masa sulit. Terutama kucing membuat pemiliknya lebih mudah menyampaikan apa yang tengah dirasakan tanpa takut merasa dihakimi seperti bercerita dengan sesama manusia. 

Kucing bisa membantu Anda mendapatkan kekasih
Jika Anda sedang jomblo, terutama jika Anda laki-laki cobalah pelihara kucing. Sebuah survei di Inggris menemukan bahwa 82% perempuan lebih tertarik pada laki-laki yang suka memelihara hewan. Sehingga kucing bermanfaat memberikan Anda jodoh!

Hal serupa juga bisa terjadi jika Anda memelihara anjing. Namun survei juga menunjukkan bahwa pria yang memiliki kucing lebih baik dibandingkan laki-laki lain. Namun pada penelitian di tahun 2020 menunjukkan bahwa perempuan kurang tertarik pada pria yang menampilkan foto kucing di foto profil mereka. 

Baca Juga: Apa Itu Capital Gain dalam Dunia Investasi?

Pemilik kucing biasanya pintar
Sebuah survei yang dilakukan oleh Universitas Bristol pada tahun 2010 menemukan bahwa orang yang memelihara kucing biasanya memiliki pendidikan lebih tinggi dibandingkan mereka yang memelihara anjing. 

Di tahun 2014, penelitian di Wisconsin meneliti 600 mahasiswa dan menemukan bahwa pemilik kucing sebenarnya juga lebih pintar. Hal ini karena orang yang cerdas biasanya bekerja lebih panjang dan karena kucing tidak membutuhkan banyak perhatian, maka kucing adalah hewan yang paling cocok untuk mereka yang sibuk. 

Anda akan merasa lebih sehat
Manfaat memelihara kucing yang terakhir adalah bisa menekan rasa stress Anda. Selain itu, karena kucing tidak membutuhkan banyak perhatian seperti anjing, ini akan menurunkan rasa cemas dalam hidup Anda. 

Membelai kucing memiliki efek menenangkan yang positif. Sebuah penelitian menunjukkan seseorang yang memelihara kucing selama lebih dari 10 tahun, memiliki 30% kemungkinan lebih kecil meninggal karena serangan jantung atau stroke dibandingkan mereka yang tidak memelihara kucing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News