Keluarga

Tanaman Hias Ruang Tamu Terbaik untuk Hadirkan Suasana Adem di Dalam Rumah

Tanaman Hias Ruang Tamu Terbaik untuk Hadirkan Suasana Adem di Dalam Rumah

MOMSMONEY.ID - Dekorasi ruangan menggunakan tanaman hias merupakan hal yang mudah. Namun tak banyak yang mengetahui tanaman hias ruang tamu terbaik. 

Ada beberapa tanaman hias ruang tamu terbaik untuk hadirkan suasana adem di dalam rumah. 

Menambahkan tanaman hijau adalah cara mudah untuk menghadirkan alam di dalam ruangan, menciptakan suasana yang tenang dan tenteram untuk Anda bersantai dan terhibur.

Baca Juga: 8 Tanaman Hias Romantis untuk Hari Valentine, Bisa Jadi Ide Kado

Tanaman ruang tamu terbaik cocok dengan estetika Anda tetapi juga dipilih secara strategis berdasarkan beberapa hal.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah seberapa besar tanaman Anda nantinya. Beberapa akan terlihat cantik di rak tinggi dengan tanaman merambat, sementara yang lain akan terlihat bagus di sudut atau di meja kopi. 

Mengutip Housebeautiful, berikut ini tanaman hias ruang tamu terbaik :

1. Begonia Maculata 

Tambahkan semburat warna ke ruang tamu Anda dengan begonia polkadot. Daunnya yang berbintik-bintik sangat lucu dan unik, dan bagian bawahnya yang berwarna ungu tua sangat cantik. Ditambah lagi, tanaman ini mekar di musim semi dan musim panas dan menghasilkan bunga kecil berwarna putih dan merah muda.

Anda dapat menanam tanaman ini di tepi rak atau menanamnya tinggi-tinggi jika Anda menopangnya, menjadikannya tambahan yang luar biasa untuk ruang tamu Anda. Siram saat bagian atas tanah terasa kering dan simpan di tempat yang terang dan tidak langsung jika Anda ingin melihat bunga dan pertumbuhan cepat.

2. Hoya Tiga Warna 

Dikenal sebagai bunga lilin, hoya adalah tanaman yang menakjubkan. Varietas ini memiliki daun yang sangat tebal dan licin, dan jika Anda cukup beruntung untuk berbunga, varietas ini akan menghasilkan kumpulan bunga berwarna merah muda-putih berbentuk bintang.

Baca Juga: Ide Kado Valentine Buket Bunga Matahari dan Mawar, Ternyata Ada Maknanya

Tanaman ini tumbuh subur dengan cahaya terang dan tidak langsung, dan sangat menyukai kelembapan, jadi berikan kabut sesekali. Ini sangat bagus dalam memurnikan udara, dan akan terlihat sangat indah di rak ruang tamu Anda. Sirami ketika dua inci bagian atas tanah telah mengering dan jangan biarkan terendam air karena rentan terhadap busuk akar.

3. Anthurium Klarinervium

Anthurium Clarinervium

Daun tanaman ini yang lembut dan berbentuk hati membuatnya sangat unik. Daunnya tumbuh dengan cara membuka menjadi kecil-kecil yang tumbuh semakin besar. 

Kadang-kadang mereka berbunga, tetapi itu bukan alasan orang mendapatkan tanaman ini: itu sebenarnya karena dedaunannya yang luar biasa. 

Tanaman ini menyukai tanah yang lembab, tetapi tidak basah dan sangat menyukai kelembapan. Simpan di tempat yang terang dan tidak langsung, tetapi hindari meninggalkannya di jendela karena daun beludru mudah hangus.

4. Dieffenbachia

Lebih sering disebut dengan dumb cane, tanaman ini terbilang mudah perawatannya. Ia menyukai cahaya dan kelembapan yang terang dan tidak langsung. Tanaman ini hanya perlu disiram ketika dua inci bagian atas tanah sudah kering.

Satu hal yang perlu diingat adalah bahan ini agak beracun bagi manusia dan hewan peliharaan. Cairan yang berasal dari daunnya dapat menyebabkan gangguan bicara jika tertelan, jadi jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan di rumah, jauhkan tanaman ini dari jangkauan. 

Ini sangat indah dan memiliki daun besar beraneka ragam yang melengkapi dekorasi ruang tamu apa pun, jadi jika Anda memiliki kondisi yang tepat untuk itu, lakukanlah.

5. Alocasia Zebrina

Mungkin bagian yang paling mencolok dari alocasia zebrina adalah batangnya. Mereka ditutupi garis-garis seperti zebra dan memiliki telinga seukuran gajah. Tanaman ini tumbuh subur di tempat yang cukup terang, jadi jika Anda memiliki jendela yang menghadap ke barat daya, di situlah tempatnya. 

Baca Juga: 20 Ucapan Valentine untuk Sahabat dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Jagalah agar tanah tetap lembab dan Anda akan mendapatkan daun-daun besar yang menakjubkan. Ingatlah bahwa banyak dari tanaman ini akan menggugurkan daunnya saat tanaman baru tumbuh, jadi jangan khawatir jika Anda melihat daun tua menguning atau batang menjadi basah, itu hanya siklus pertumbuhan alami tanaman.

6. String of hearts

Tambahkan beberapa imajinasi ke rak di ruang tamu Anda dengan rangkaian hati. 

Daunnya yang mungil dan mungil tampak seperti hati dan sering kali tumbuh dengan rona merah jambu. Ditambah lagi, tanaman merambat yang halus menambahkan sesuatu yang istimewa pada ruangan Anda dan bisa bertahan cukup lama. 

Jika Anda tidak memiliki cahaya terang dan tidak langsung di ruang tamu Anda, cahaya tersebut akan baik-baik saja di tempat teduh sedang, hanya saja tidak akan tumbuh dengan cepat.

7. Aglaonema 

Aglaonema atau pohon cemara Cina dapat ditemukan dalam warna merah atau perak yang menakjubkan. Ia dapat bertahan hidup di air yang tidak teratur dan dapat tumbuh dengan baik di sebagian besar kondisi cahaya.

Jika Anda tidak ingin menghabiskan banyak waktu untuk merawat tanaman, ini bagus untuk ditambahkan ke koleksi Anda. Sangat sulit untuk dibunuh, perawatannya sangat rendah, dan merupakan penghenti nyata.

Jika Anda ingin daunnya tetap merah atau keperakan, hasilnya akan lebih baik jika terkena cahaya terang dan tidak langsung.

8. Tanaman ZZ

Pabrik ZZ adalah pilihan bagus untuk orang-orang yang tidak menyukai lingkungan serta ruang keluarga yang tidak memiliki banyak cahaya. Tanaman ini tidak perlu terlalu sering disiram karena dapat menyimpan air di rimpangnya.

Baca Juga: Daftar Tanaman Hias Hari Valentine untuk Diberikan ke Orang Tersayang

Tanaman ini tumbuh cukup lambat, tetapi terlihat bagus di ruang tamu Anda saat diletakkan di rak atau di penanam jika Anda langsung memilih tanaman yang lebih besar.

9. Money Tree

Tanaman uang Tiongkok biasanya disebut sebagai 'tanaman sebarkan' karena tanaman ini sangat mudah diperbanyak, menjadikannya hadiah pindah rumah yang luar biasa. 

Mereka menyukai cahaya terang dan Anda harus menyiraminya saat tanah benar-benar kering. Jangan ragu untuk memisahkan bayi atau cabangnya dan menyebarkannya kepada teman dan keluarga Anda sendiri.

10. Aspidistra

Jika Anda menginginkan tanaman tinggi yang mudah perawatannya dan diletakkan di sudut ruang tamu Anda, tanaman besi cor adalah pilihan yang tepat. Tanaman-tanaman ini hampir mustahil untuk dibunuh. 

Mereka tidak toleran terhadap kekeringan dan tidak membutuhkan banyak cahaya untuk tumbuh. Tanaman yang tangguh akan tumbuh dengan baik di sudut ruangan Anda dan terlihat indah tanpa perlu repot merawat tanaman yang lebih besar.

Itulah beberapa tanaman hias ruang tamu terbaik untuk referensi Anda mendekorasi dalam rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News