Keluarga

Sebaiknya Menggunakan Lampu Untuk Ruang Tamu Berapa Watt?

Sebaiknya Menggunakan Lampu Untuk Ruang Tamu Berapa Watt?

MOMSMONEY.ID - Lampu untuk ruang tamu berapa watt ya? Yuk simak penjelasannya di bawah ini sebelum membeli lampu baru!

Tentu Moms pernah bertanya-tanya lampu untuk ruang tamu butuh berapa watt ya? Untuk menjawab pertanyaan ini Moms perlu tahu konsep watt dalam lampu dan kelistrikan.

Baca Juga: Banyak Diminati, Begini Cara Membuat Riasan Sleepy Eyes yang Seksi dan Misterius

Melansur Allumia, watt adalah jumlah energi yang digunakan oleh lampu atau bohlam. Semakin kecil energi yang digunakan maka semakin kecil cahaya yang Moms dapatkan. Sehingga semakin rendah watt lampu cahaya akan lebih redup. 

Nah biasanya 1 watt lampu menghasilkan 75 lumen. Lalu, apa itu lumen? Lumen adalah satuan pencahayaan yang penting untuk digunakan untuk menghitung kebutuhan cahaya dalam sebuah ruangan.  Lalu berapa watt yang dibutuhkan untuk lampu ruang tamu?

Nah untuk mengetahui seberapa terang satuan lumen pada ruangan, Anda harus tahu satuan luxnya. Lux adalah kekuatan pencahayaan pada bidang yang disinari. Artinya 75 lumen di ruangan sempit akan sangat terang dan 75 lumen di ruangan yang luas akan terasa sangat redup. 

Melansir Ruparupa, untuk ruang tamu Moms membutuhkan tingkat pencahayaan 120-150 lux. Nah satu lux sama dengan 1 lumen per meter persegi. Lalu untuk ruang tamu butuh lampu berapa watt ya? 

Moms perlu menentukan total lumen yang dibutuhkan sebelum menentukan jumlah watt lampu untuk ruang tamu. Apabila ukuran luas ruang tamu Anda 20 meter persegi, maka begini rumus menentukan ukuran watt lampu!

Baca Juga: Apakah Makeup Kedaluwarsa Berbahaya? Ini Kata Para Ahli

  • Lux = lumen per meter persegi
  • Lux = total lumen / luas ruang tamu
  • Total lumen = lux x luas kamar mandi
  • Total lumen = 150 x 20 meter persegi
  • Total lumen = 3.000 lumen

Nah, jika 1 watt menghasilkan 75 lumen maka Moms perlu lampu 40 watt untuk ruang tamu dengan luas 40 meter persegi. Nah setiap kamar mandi akan membutuhkan watt yang berbeda dan jumlah lampu yang berbeda sesuai dengan luas kamar mandi Anda di rumah!

Demikian penjelasan lampu untuk kamar mandi berapa watt ya? Jangan lupa hitung terlebih dulu luas kamar mandi kemudian kalikan dengan satuan 250. 

Selanjutnya: Indonesia Names Two Chinese Nationals Suspects Over Nickel Smelter Fire

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News