Bugar

Susah BAB? Coba Olahraga untuk Mengatasi Sembelit Berikut!

Susah BAB? Coba Olahraga untuk Mengatasi Sembelit Berikut!

MOMSMONEY.ID - Siapa saja bisa terkenda sembelit. Apalagi bagi Anda yang memiliki pola makan tidak sehat dan tidak pernah berolahraga. Tentu sembelit rasanya menyiksa dan gelisah. Tahukah bahwa ternyata olahraga bisa atasi masalah ini, lo. Lantas, apa saja olahraga untuk mengatasi sembelit?

Dikutip dari laman Healthline dan WebMD, inilah rekomendasi olahraga untuk mengatasi sembelit yang bisa Anda coba:

1. Berjalan Kaki

Berjalan kaki adalah salah satu olahraga yang paling mudah dan efektif untuk melancarkan pencernaan. Lakukan berjalan kaki selama 30-45 menit setiap hari untuk membantu merangsang gerakan usus dan mempercepat proses pencernaan.

Baca Juga: Daftar Makanan Penetral Tubuh Setelah Konsumsi Daging saat Lebaran

2. Jogging atau Lari

Jogging atau lari ringan juga dapat membantu merangsang pergerakan usus dan melancarkan pencernaan. Lakukan aktivitas ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

3. Yoga

Yoga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pencernaan. Beberapa pose yoga seperti Downward Facing Dog Pose, Tree Pose, dan Cat-Cow Stretch dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah ke area perut dan merangsang gerakan usus.

4. Bersepeda

Bersepeda atau bersepeda statis di gym dapat membantu melancarkan pencernaan dengan merangsang perut dan usus.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Usus Buntu dan Cara Jitu untuk Mencegahnya!

5. Berenang

Berenang adalah olahraga yang bagus untuk kesehatan pencernaan karena melibatkan gerakan seluruh tubuh dan dapat membantu meredakan stres, yang juga dapat mempengaruhi pencernaan.

6. Aerobik

Melakukan latihan aerobik seperti Zumba, aerobik tingkat tinggi, atau latihan kardio lainnya dapat membantu meningkatkan metabolisme dan melancarkan pencernaan.

Baca Juga: 5 Buah Ini Bantu Melancarkan BAB selama Bulan Puasa

7. Pilates

Pilates dapat membantu memperkuat otot perut dan meningkatkan fleksibilitas, yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

Demikianlah uraian lengkap rekomendasi olahraga untuk mengatasi sembelit. Selain olahraga, penting juga untuk mengonsumsi makanan yang tinggi serat, minum air yang cukup, dan menjaga pola makan yang sehat untuk mencegah sembelit. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News