Bugar

Daftar Makanan Penetral Tubuh Setelah Konsumsi Daging saat Lebaran

Daftar Makanan Penetral Tubuh Setelah Konsumsi Daging saat Lebaran

MOMSMONEY.ID - Bisa picu masalah kesehatan, cobalah makanan penetral tubuh setelah konsumsi daging saat Lebaran berikut, yuk!

Lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Santapan lezat khas Lebaran yang mayoritas berbahan dasar daging. Namun, konsumsi daging berlebihan dapat memberikan dampak kurang baik bagi tubuh.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menyeimbangkan asupan makanan kita dengan mengonsumsi makanan penetral tubuh setelah hari raya. Menyadur dari laman Hello Sehat, berikut adalah makanan penetral tubuh setelah konsumsi daging saat Lebaran:

1. Air putih

Tidak ada yang lebih baik dari pada air putih untuk menjaga keseimbangan tubuh. Air putih dapat membantu menghidrasi tubuh dan membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Pastikan untuk minum cukup air, terutama setelah konsumsi daging berlebih.

Baca Juga: Tips Menulis Ucapan Lebaran via Whattsap ala Kimbab Family

2. Minuman detoks

Minuman detoks, seperti jus lemon, berpotensi membantu mengeliminasi racun yang menumpuk setelah mengonsumsi makanan berminyak. Penelitian dalam Journal of Human Nutrition and Dietetics di tahun 2015 menunjukkan bahwa minuman detoks dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi lemak tubuh.

3. Buah-buahan

Buah-buahan menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk pencernaan yang lancar. Mengonsumsi salad buah segar setelah makan daging berlemak dapat membantu mencegah sembelit dan memasok cairan yang dibutuhkan untuk sistem pencernaan.

Baca Juga: 6 Buah untuk Menurunkan Kolesterol yang Terbukti Efektif, Ayo Coba

4. Sayuran

Serat dalam sayuran dapat mengikat lemak dari daging dan mengurangi penyerapan lemak jenuh. WHO dan Kemenkes RI merekomendasikan konsumsi setidaknya 250 gr sayuran setiap hari, yang dapat dibagi ke dalam tiga waktu makan seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, untuk membantu penawar efek daging.

5. Prebiotik

Prebiotik dapat membantu menyeimbangkan kesehatan pencernaan dan meningkatkan bakteri usus yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Konsumsi yoghurt atau tempe dapat menjadi sumber prebiotik yang baik pasca konsumsi daging.

Baca Juga: 7 Jus yang Bagus untuk Darah Rendah, Salah Satunya Jus Semangka

Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan penetral tubuh setelah konsumsi daging saat lebaran. Setelah menikmati santapan khas Lebaran yang kaya akan daging, sangat penting untuk mengimbanginya dengan konsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu menetralisir tubuh.

Dengan menjaga keseimbangan asupan makanan, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan tetap merasakan kebahagiaan Lebaran tanpa khawatir akan dampak negatifnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News