Keluarga

Sinar UV Hari Ini Masih Berbahaya di Perayaan Imlek lo!

Sinar UV Hari Ini Masih Berbahaya di Perayaan Imlek lo!

MOMSMONEY.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) prediksi akan ada paparan sinar UV berbahaya hari ini, Sabtu, 10 Februari 2024. 

Sinar UV berbahaya yang melanda Indonesia dimulai dari level sedang hingga sangat esktrem. Bila melihat polanya, sinar UV berada di level bahaya sangat tinggi hingga ektrem mulai pukul 10.00. Kemudian akan mereda dan aman setelah pukul 16.00.

Bagi orang yang terpapar sinar UV level ekstrem tanpa pelindung diperlukan semua tindakan pencegahan karena kulit dan mata dapat rusak dan terbakar dalam hitungan menit. 

Baca Juga: Jadi Buah Khas Imlek, Ini Ragam Manfaat Jeruk Mandarin untuk Kesehatan

Sinar UV berbahaya sangat tinggi akan dirasakan pertama kali di wilayah Papua mulai pukul 10.00 WIT. Kemudian level bahaya sinar UV bakal meningkat di Papua menjadi ekstrem menuju pukul 11.00 WIT hingga 13.00 WIT. Setelah itu bahaya sinar UV berangsur turun ke level tinggi, sedang dan aman pada pukul 16.00 WIT.

Bagi Moms yang tinggal di Maluku dan Maluku Utara, sinar UV berbahaya dirasakan sangat tinggi mulai pukul 11.00 WIT. Kemudian di sebagian wilayah Maluku Utara level bahaya menjadi ekstrem, sisanya tetap di level sangat tinggi hingga pukul 13.00 WIT. Kondisi aman pada pukul 17.00 WIT.

Untuk wilayah Indonesia Tengah, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara alami indeks sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WITA. Adapun indeks bahaya sinar UV mereda mulai pukul 15.00 WITA. Namun kondisi baru benar-benar aman pada pukul 16.00 WITA. 

Kalimantan dan Jawa terpapar sinar UV berbahaya sangat tinggi hingga ekstrem mulai pukul 10.00 WIB hingga 11.00 WIB. Bahaya sinar UV mulai mereda ke level sedang pada pukul 13.00 WIB dan aman pada pukul 15.00 WIB. 

Baca Juga: 6 Tips Diet Cepat agar Berat Badan Ideal, Ayo Coba!

Di Sumatera sinar UV berbahaya sangat tinggi mulai dirasakan pada pukul 11.00 WIB. Kemudian khusus wilayah utara alami sinar UV berbahaya ekstrem pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB. Sisanya alami sinar UV berbahaya level sedang hingga berangsur aman pada pukul 16.00 WIB. 

Jika Anda harus beraktivitas di luar rumah sejak siang maka gunakan perlindungan yang diperlukan. Saat Anda terpapar sinar UV yang menunjukkan risiko berbahaya sangat tinggi, Anda berisiko mengalami kerusakan kulit dan mata serta dapat terbakar dengan cepat. 

Kenakan pelindung seperti topi lebar dan kacamata hitam anti sinar UV saat berada di luar ruangan. Serta oleskan cairan pelembab tabir surya SPF 30+ setiap 2 jam setelah berenang atau berkeringat. Hindari juga permukaan pasir, air dan salju karena akan meningkatkan paparan UV. 

Selanjutnya: MIND ID dan Vale Sudah Menyepakati Harga Divestasi Saham INCO, Juga Soal Pengendali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News